8 Tips & Cara Sukses Merintis Bisnis UKM

Merintis bisnis ukm

Tidak ada jalan langsung dan cepat menuju kesuksesan, begitu juga sektor usaha kecil dan menengah (UKM). Gunawan Ardiyanto, konsultan bisnis dan penulis buku tentang UKM, berpendapat bahwa UKM membutuhkan proses untuk menjadi sukses tatkala melihat peluang bisnis, serta butuh waktu. Proses menuju sukses untuk tiap UKM berbeda-beda, tidak sama. Gunawan menilai, proses ini juga harus didukung dengan pengetahuan manajemen bisnis UKM

Baca juga : Resiko dan Tantangan Bisnis Waralaba (Franchise)

Berikut 5 tips sukses UKM bagi mereka yang ingin memulai bisnis.

 

1. Pelajari tren pasar

Anda perlu memperhatikan produk apa yang dibutuhkan masyarakat saat ini. Ini akan sangat membantu Anda untuk menghasilkan produk yang sesuai dengan permintaan pasar.
 

2. Pelajari saingan

Anda perlu mempelajari produk yang ditawarkan oleh pesaing Anda. Pelajari kelebihan dan kekurangan produk yang mereka tawarkan, kemudian komparasikan dengan produk anda.

3. Utamakan kualitas

Kualitas sangat penting. Jika Anda ingin produk Anda menjadi leader nasional di bidang bisnis ukm, tentunya kualitas dan mutu harus menjadi standar utama. Produk yang bagus menentukan harga.
 

4. Rencana bisnis

Metode trial and error dan tidak mau belajar dari ahlinya, tidak mau mengeluarkan uang untuk proses pembelajaran, dan pada akhirnya membutuhkan banyak uang hanya untuk sebuah kegagalan dan juga menimbulkan kerugian yang bisa saja dihindari atau diminimalkan. Keluarkan sedikit biaya dengan belajar kepada para ahli, baru kemudian belajar dengan trial dan error untuk meminimalisir biaya. Rencana bisnis ini tidak hanya dibutuhkan saat memilih dan memulai bisnis, tetapi juga dapat digunakan untuk menilai perkembangan bisnis.
 

5. Standar operasional prosedur (SOP)

SOP dapat diartikan sebagai rincian dari rencana bisnis. Memiliki SOP di suatu perusahaan berguna untuk menjaga konsistensi prosedur kerja karena memberikan kejelasan prosedur kerja, tanggung jawab dan wewenang serta yang terpenting meminimalkan kesalahan sebagaimana langkah-langkah yang dijelaskan dalam SOP ini. Selain itu, SOP juga membantu mempermudah pekerjaan karena penyerahan pekerjaan lebih jelas.
 

6. Rencana strategis

Rencana strategis ini digunakan sebagai strategi untuk semua masalah yang ada baik di dalam maupun di luar, dalam jangka pendek, menengah atau panjang, dan juga dapat digunakan untuk menyelesaikan masalah mitra, pemasok bahkan karyawan Anda sendiri.
 

Tips berhasil merintis ukm

7. Buat jaringan

Banyak cara untuk membangun jaringan, jaringan ini dibutuhkan untuk mencari partner yang akan terus mendukung bisnisnya, seperti supplier, driver, distributor, dll.

Baca juga : WhatsApp Ajak UKM untuk Membantu UMKM
 

8. Penggunaan Internet dan Media Sosial.

Selain itu, membangun jaringan juga dapat dimulai dengan memanfaatkan jejaring sosial secara efektif untuk menghemat waktu dan uang. UKM perlu menguasai media, khususnya dengan menggunakan berbagai jejaring sosial seperti email, Facebook, Twitter, BBM, membuat blog atau situs web.

Belum ada Komentar untuk "8 Tips & Cara Sukses Merintis Bisnis UKM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel