Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Obat Eliksir (Elixir) Adalah : Pengertian, Jenis-jenis, Komposisi dan Komponen


Pengertian Eliksir


Elixir adalah sediaan berupa larutan yang mempunyai rasa dan bau sedap, mengandung selain obat, juga zat tambahan seperti gula dan atau zat pemanis lainnya, zat warna, zat wangi dan zat pengawet, digunakan sebagai obat dalam. Sebagai pelarut utama digunakan etanol yang dimaksudkan untuk mempertinggi kelarutan obat. Dapat ditambahkan Gliserol, sorbitol dan propilenglikol, sebagai pengganti gula dapat digunakan sirup gula.(Anonim, 1979)

Eliksir adalah larutan hidroalkohol yang jernih dan manis dimaksudkan untuk penggunaan vital, dan biasanya diberi rasa untuk menambah kelezatan. Eliksir bukan obat yang digunakan sebagai pembawa tetapi eliksir obat untuk efek terapi dari senyawa obat yang dikandungnya. Dibandingkan dengan sirup, eliksir biasanya kurang manis dan kurang kental karena mengandung kadar gula yang lebih rendah dan akibatnya kurang efektif dibanding sirup dalam menutupi rasa senyawa obat. Walaupun demikian, karena sifat hidroalkohol, eliksir lebih mampu mempertahankan komponen-komponen larutan yang larut dalam air dan yang larut dalam alkohol daripada sirup. Juga karena stabilitasnya yang khusus dan kemudahan dalam pembuatannya, dari sudut pembuatan eliksir lebih disukai dari sirup. (Ansel, 1989)

Baca juga : Sistem Kekebalan Tubuh Adalah : Pengertian, Fungsi, Golongan dan Jenis-jenisnya  

Jenis-Jenis Eliksir



1. Medicated Elixir

Medicated Elixir yaitu mengandung bahan berkhasiat obat pemilihan cairan pembawa bagi zat aktif obat dalam sediaan eliksir harus mempertimbangkan kelarutan dan kestabilannya dalam air dan alkohol. Contoh medicated elixir adalah Dexamethasone Elixir, Acetaminophen Elixir, Diphenhydramin HCL Elixir, Reserpine Elixir, Diguxin Elixir, dan sebagainya.

2. Non-Medicated Elixir

Non-Medicated Elixir yaitu sebagai zat tambahan, ditambahkan pada sediaan dengan tujuan meningkatkan rasa, sebagai bahan pelarut. Elixir bukan obat digunakan untuk : menghilangkan rasa tidak enak dan untuk pengenceran eliksir untuk obat.

Dalam pengenceran eliksir untuk obat dengan elixir bukan obat, harus diperhatikan bahwa kadar etanol sama, juga bau dan rasanya tidak saling bertentangan dan semua zat yang terkandung dapat saling tercampur baik secara fisika maupun kimia. Contoh : Compound Benzaldehyde Elixir, Iso-alcoholic Elixir, dan Aromatic Elixir.

Komposisi dan Komponen Eliksir



1. Zat Aktif

Yaitu zat utama/zat berkhasiat dalam sediaan eliksir.

2. Pelarut

Yaitu cairan yang dapat melarutkan zat aktif atau biasa disebut zat pembawa. Pelarut utama digunakan etanol untuk mempertinggi kelarutan.

Baca juga : Pertumbuhan dan Aktifitas Mikroba, Faktor Air, pH, RH, Suhu, Oksigen dan Mineral  

3. Pemanis dan Pewarna

Yaitu ditambahkan untuk memberikan rasa manis pada eliksir. Dapat ditambahkan gliserol, sorbitol & propilenglikol sebagai pengganti gula.

4. Zat Penstabil

Yaitu untuk menjaga agar eliksir dalam keadaan stabil. Penggunaan pelarut khusus dalam kebanyakan eliksir sering diperhitungkan terhadap pertimbangan stablitas, tetapi diperlukan penambahan penstabilisasi, sebagai contoh Neomiksin Eliksir BPC yang diatur pH 4-5 dengan asam sitrat untuk mengurangi timbulnya warna hitam saat penyimpanan, ditambahkan juga Na EDTA sebagai pemisah terhadap logam yang mengkatalisa penguraian antibiotik. Sebagai pengatur pH untuk sediaan oral biasa digunakan NaOH, asam sitrat, dapar phosphat. Sedangkan sebagai antioksidan biasa ditambahakn asam askorbat 0,01-0,1% dengan pH stabilitas 5,4 dan sodium metabisulfit 0,01-1%. (Excipient ed 4 hal 32 dan hal 571)

5. Pengawet

Yaitu untuk menjaga agar eliksir tahan lama dan tetap stabil dalam penyimpananyang lama. Eliksir dengan kadar alkohol 10%-12% dapat berfungsi sebagai pengawet. Konsentrasi pengawet yang dapat digunakan Alkohol > 15% (batas max penggunaan alkohol 15%), Propilen glikol 15- 30%, Metil paraben 0,1- 0,25%, Propil paraben 0,1- 0,25%, dan As. Benzoat 0,1- 0,5% (RPS 2005 hal 748)

Baca juga : Kekebalan Tubuh Berdasarkan Mekanisme Kerja dan Cara Memperoleh  

Kriteria pengawet yang ideal yaitu efektif terhadap mikroba dan berspektrum luas, stabil secara fisika, kimia, dan mikrobiologi terhadap life time produk dan tidak toksik, cukup melarut, tersatukan dengan komponen formula lainnya, rasa dan bau dapat diterima pada konsentrasi yang digunakan. Sebagai pengawet dapat digunakan turunan hidroksi-benzoat, misalnya metil p- hidroksibenzoat dan propil p- hidroksibenzoat. Pemakaian pengawet ini didasarkan atas rentang kerja pengawet tsb pada pH 4-8. Kombinasi keduanya sering digunakan, karena dapat memperluas spektrum kerja menjadi anti jamur dan anti bakteri. (The Theory and Practice of Industrial Pharmacy, hal.467)

Posting Komentar untuk "Obat Eliksir (Elixir) Adalah : Pengertian, Jenis-jenis, Komposisi dan Komponen"