WhatsApp Ajak UKM untuk Membantu UMKM


WhatsApp bermitra dengan UKM untuk meluncurkan program pelatihan bagi lebih dari 3.500 pemilik usaha UMKM di 12 kota di Indonesia.

Sebuah program yang disebut "Go Digital & Scale Up with WhatsApp" menyediakan pelatihan untuk memulai, menjalankan bisnis dan menarik pelanggan baru selama masa-masa kendala sosial.

WhatsApp bertujuan mendukung ekonomi dan masyarakat Indonesia dengan mendigitalkan bisnis mereka dengan slogan kampanye BaWA Usaha Aja!.

Tujun ini juga dimiliki UKM Indonesia, portal khusus yang menyediakan informasi komprehensif tentang perizinan bisnis untuk mempromosikan pengembangan perusahaan UMKM di Indonesia. Portal ini dibuat dan dioperasikan oleh Fakultas Bisnis Universitas Indonesia.

"Pandemi ini telah menciptakan masalah tak terduga untuk usaha kecil dan pelanggan mereka," kata Claire Deavi, direktur kebijakan publik untuk WhatsApp APAC, dalam pernyataan resmi pada Selasa (21 Juli 2020).

Program yang dikembangkan oleh WhatsApp dan UKM Indonesia ini menyediakan pelatihan yang dapat membantu UKM, katanya. Misalnya, bagaimana memasuki ekonomi digital sehingga mereka dapat mengembangkan bisnis mereka dan tetap terhubung dengan pelanggan di seluruh Indonesia.


Program pelatihan ini diselenggarakan secara online untuk memungkinkan UKM di seluruh Indonesia untuk berpartisipasi. Program pelatihan mencakup pengembangan strategi bisnis, serta keterampilan umum dalam mempromosikan produk ke pasar dan memperoleh pelanggan baru melalui layanan digital seperti WhatsApp Business.

“Banyak tempat di Indonesia dan kota-kota yang belum memiliki infrastruktur konektivitas Internet. Peserta kami menginginkan layanan sederhana namun fleksibel seperti WhatsApp Business yang tidak memerlukan koneksi dengan biaya mahal, ”jelas Devi Meisari Haryanti, Presiden UKM Indonesia.

Devi mengatakan UMKM menyumbang sekitar 60 persen dari produk domestik bruto Indonesia (PDB). UMKM juga menciptakan banyak pekerjaan di seluruh Indonesia.

Inovasi digital sangat penting bagi bisnis saat ini dan pemerintah Indonesia berkomitmen untuk mendorong transformasi digital bagi perusahaan-perusahaan UMKM di nusantara.

Program pelatihan ini tersedia di http://belajarukmindonesia.id/ dan akan dilaksanakan secara bertahap selama enam bulan.

Setiap tahap terdiri dari tiga sesi dan setiap sesi berlangsung selama dua jam. Pelatihan ini gratis untuk pemilik UMKM di Indonesia.

Dalam program ini, anggota akan belajar tentang berbagai topik, termasuk strategi periklanan, manajemen keuangan, dan tentu saja, memaksimalkan upaya pemasaran mereka dengan WhatsApp Business.

Belum ada Komentar untuk "WhatsApp Ajak UKM untuk Membantu UMKM"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel