UMKM Kunci Memulihkan Ekonomi Nasional

Umkm kunci pemulihan ekonomi indonesia

Teten Masduki, Menteri Koperasi dan UKM, menekankan bahwa pemulihan ekonomi dimulai dengan upaya untuk membangun kembali usaha mikro (UMKM).

"Secara teori, ekonomi tidak bisa pulih jika kita tidak segera mengembalikan fungsi UMKM," kata Teten Masduki di webinar UKM dengan tema: UKM Bangkit, yang diselenggarakan oleh Markplus Institute, Selasa (4/8/2020).


Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa 99% bisnis di Indonesia adalah perusahaan UMKM. Teten mengatakan pemerintah juga ingin membangun kembali UMKM melalui berbagai program.

Untuk alasan ini, Teten meminta semua pihak untuk bekerja sama untuk menjadikan UMKM sebagai tulang punggung perekonomian nasional. “Pemerintah siap merencanakan bagaimana menjadikan UMKM sebagai pusat kekuatan finansial,” katanya.

Dia menekankan pentingnya memberdayakan usaha kecil dan menengah melalui sejumlah program utama, termasuk orientasi pasar, kegiatan digital, untuk memperluas akses keuangan dan modal.

“Sebanyak 97 persen Indonesia memiliki akses ke Internet dan logistik. Indonesia memiliki akses ke pasar digital, ”katanya.

Beberapa program telah dikembangkan, termasuk memperkuat akses ke pasar UMKM dengan mengubah Smesco di Indonesia menjadi pusat perbelanjaan, menyusun katalog nline untuk membantu pembeli domestik dan asing, dan memperluas KUR untuk memenuhi kebutuhan pembiayaan UMKM.


"Pemerintah  dan lembaga yang berkompeten sangat peduli dan memberikan dukungan terbaik agar UMKM bisa memperoleh pembiayaan yang layak dan tepat sasaran," katanya.

Pertumbuhan umkm

Di sisi lain, menurut Teten, koperasi simpan pinjam juga menjadi mitra dalam dewan usaha mikro dalam membiayai usaha kecil. "LPDB memberikan dana yang besar bagi koperasi dan didistribusikan kepada para pemilik UKM," katanya.

Teten menemukan bahwa pandemi dan new normal memiliki dampak signifikan pada operasi manufaktur UMKM dalam hal produksi, distribusi, pembiayaan dan pemasaran.


“Namun di sisi lain, mas seperti ini juga telah melahirkan berbagai terobosn penting, dan saat ini KUMKM menjadi pusat urusan di tengah pandemi dan new normal. Pemerintah menjadikan UMKM sebagai pusat pertumbuhan ekonomi terbesar, ”kata Teten.

Belum ada Komentar untuk "UMKM Kunci Memulihkan Ekonomi Nasional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel