Solusi Terbaik bagi UMKM dalam Menghadapi Krisis


Di tengah krisis yang disebabkan oleh pandemi Covid-19, usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) harus mengembangkan seperangkat solusi akurat untuk mempertahankan bisnis mereka.

Menurut pendiri Legalku M. Philosopher, setiap UMKM membutuhkan rencana manajemen risiko kecil hingga besar dalam membangun bisnis.

Beberapa contoh risiko rendah potensial adalah kesulitan dalam memperoleh izin untuk mendistribusikan produk, sementara contoh risiko tinggi seperti pandemi Covid-19 saat ini mengubah perilaku pasar. Penting untuk memperhatikan masalah ini agar perusahaan dapat mengukur kemampuan mereka melewati masalah yang tidak terduga ini.

“Tren pasar masih baik, dan ini sangat penting bagi perusahaan UMKM. Daya beli tidak menurun, tetapi pasar masih memprioritaskan daya beli, ”kata Philosopher pada hari Jumat (24/7/2020).

Dia menekankan bahwa dalam situasi krisis, pengusaha UMKM cenderung secara reaktif mengalihkan target pasar mereka ke produk yang tepat, tanpa menarik riset pasar dan produk yang andal. Bahkan, selain mengubah pasar, ada banyak cara agar suatu produk dapat bertahan, salah satunya adalah mengubah saluran distribusi.


“Misalnya, penyaluran offline. Sekarang, mulailah online, melalui toko online, atau garis konsensus. Misalnya, sekarang Anda memiliki apotek offline yang kuat, coba saja berkreasi dengan menyiapkan sampel produk farmasi secara online, ”kata Philon.

Untuk menerapkan strategi ini, Philo menekankan pentingnya kolaborasi, yaitu kolaborasi lintas sektoral. Kolaborasi dengan pihak lain memungkinkan UMKM untuk mengembangkan saluran penjualan dan memperluas pasar.

“Hal baik tentang kolaborasi ini yaitu jangan homogen, tetapi heterogen. Jangan menjual makanan yang sama seperti dimsum dan dimsum. Tetapi melengkapi secara heterogen, seperti mereka yang menjual makanan bekerja sama dengan minuman, ”lanjut Philo.

Selain kolaborasi, Philo juga menekankan pentingnya membimbing atau mengarahkan pengusaha UMKM di seluruh proses bisnis. Terutama selama pandemi Covid-19, proses pendampingan ini sangat membantu proses ekspansi dan bahkan memberikan bimbingan spiritual dan sosial bagi para pengusaha dalam melaksanakan eksekusi.

Dia menambahkan bahwa Legalu telah menjadi salah satu platform yang dapat memainkan peran dalam pengembangan UMKM sebagai konsultan hukum. Dengan demikian, Legalku juga berperan dalam memberikan saran kepada perusahaan secara gratis.

Belum ada Komentar untuk "Solusi Terbaik bagi UMKM dalam Menghadapi Krisis "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel