Kejujuran adalah Kunci Menggapai Kesuksesan dalam Bisnis

Kejujuran perusahaan

Tidak diragukan lagi, kejujuran adalah kunci kesuksesan. Kesuksesan yang dicapai tanpa kejujuran adalah kesuksesan semu, tidak abadi, dan mudah untuk kehilangannya lagi.

"Kejujuran adalah sesuatu yang tidak mudah dilupakan, dan itu adalah signature perusahaan," kata Ridwan Goh, CEO PT Mark Dynamics Indonesia Tbk di Jakarta baru-baru ini.

Karena itulah, Ridwan Goh menerapkan filsafat klasik dalam hidupnya. Ridwan juga menambahkan nilai-nilai kejujuran dan kesopanan pada perusahaan yang dipimpinnya.


Bagi Ridwan, kejujuran harus berjalan bersamaan. Artinya, kejujuran harus menjadi karakter diri sendiri dan orang lain. “Anda harus selalu jujur ​​pada diri sendiri, karyawan, dan mitra bisnis Anda. Jangan bersikap jujur ​​hanya untuk mendapatkan keuntungan instan, tapi kejujuran adalah investasi dalam jangka panjang”katanya.

Ridwan Goh percaya bahwa berkat nilai integritas yang diterapkan oleh Mark Dynamics Indonesia, penerbit yang turun di Bursa Efek Indonesia (BEI) di bawah kode MARK akan terus tumbuh dan berkembang, dan saat ini produsen terbesar untuk sarung tangan Indonesia.

Ridwan Guo adalah pemimpin yang demokratis yang menganggap karyawan sebagai aset perusahaan yang paling berharga. Selama memimpin Mark Dynamic di Medan pada tanggal 26 Juni 1983, dia selalu mendengar dan berbicara dengan bawahannya.

“Saya lebih suka solusi yang saling menguntungkan dengan tim dan anggota daripada hanya memaksa karyawan. Saya selalu berjuang sesuai tujuan yang ditetapkan perusahaan, "katanya.

Dengan demikian, perusahaan yang dipimpinnya memenangkan persaingan di pasar, Ridwan menggunakan cara berpikir dan belajar out of the box. Akibatnya, Mark Dynamics Indonesia, yang menjual 95 persen produknya ke pasar ekspor, selalu yakin akan hasil bisnis yang bagus dari tahun ke tahun. Perusahaan ini sekarang menjadi pelopor sarung tangan nitril dan bahkan telah berhasil mendominasi hampir 70 persen pasar sarung tangan nitril global.

Pemimpin ini, yang senang menonton film, minum kopi, berenang, dan pergi ke gym, selalu memgang semboyan bahwa memberi adalah berkah (memberi adalah berkah). Inilah sebabnya mengapa Ridwan Goh selalu berusaha untuk menempatkan kepentingan orang di atas kepentingan pribadi dalam memimpin dan mempromosikan perusahaan.

Ridwan Goh percaya bahwa tidak cukup bagi seseorang yang ingin sukses hanya dengan bekerja 100%. Dia harus melakukannya 200 persen, bahkan lebih. “Tanpa kerja keras, tidak akan ada kesuksesan yang berkesinambungan,” tegasnya.

Pesan Ridwan kepada mereka yang ingin sukses adalah menjadi orang yang selalu merasa lebih bodoh daripada orang lain. “Karena dengan cara ini kita akan belajar lebih banyak, banyak mendengar, banyak membaca dan memperbaiki diri setiap hari,” jelasnya. Laporan selanjutnya:

Baca juga : Siapakah Weihan Liew, Inspirasi dari Pendiri Jalantikus


Bisakah Anda memberi tahu kami tentang karier Anda?

Strategi bisnis

Sebelum bergabung dengan Mark Dynamics, saya bekerja selama lima tahun di bidang pengerjaan kayu dan pembentukan kayu untuk perusahaan pengekspor kayu di Sumatera Utara. Saya bergabung dengan Mark Dynamics pada 2008 sebagai Manajer Pemasaran. Saya diberi goal untuk meningkatkan penjualan. Saat itu, merek itu hanya menjual sekitar 50.000 unit per bulan, 50% di pasar dalam negri dan 50% di ekspor ke luar negri.

Hasil kerja keras dan tim saya telah berhasil meningkatkan penjualan secara signifikan setiap tahun. Pada 2017, kami menjual 420.000 produk sebulan dan menjadikan Mark Dynamics pembuat sarung tangan terbesar di dunia.

Kami juga berhasil menemukan banyak klien baru di luar negeri, yang memengaruhi peningkatan volume ekspor perusahaan. Pada 2019, kami menjual sekitar 630.000 unit per bulan dengan struktur ekspor 95% dan sekitar 5% di pasar lokal.

Selain tujuan yang seharusnya saya capai, saya dipromosikan ke posisi CEO dalam empat tahun bekerja, atau pada 2012, jadi tujuan saya adalah efisiensi biaya, produktivitas, dan rekrutmen.

Selain meningkatkan penjualan, kami dapat memangkas biaya, memodernisasi proses manufaktur menjadi otomatisasi, dan sejumlah terobosan lainnya. Pada 2017, saya dipromosikan menjadi Direktur dan dari awal 2018 hingga sekarang, saya telah ditunjuk sebagai CEO & Presiden Direktur Mark Dynamics.

Baca juga : Inspirasi dari Steve Jobs & Pendapat Para Pesohor Dunia


Hal Paling berkesan dalam karier Anda?

Saya mampu membuat Mark Dynamics dikenal di luar negri dan diketahui banyak orang. Selain itu, pada 12 Juli 2017, bisa membuat saham perusahaan ini tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI). Pada 2019, Mark menerima tiga penghargaan bergengsi sekaligus, yaitu penghargaan Business Indonesia (BIA) pada 12 Juli 2019, penghargaan CSA pada 18 Juli 2019 dan Penghargaan Inovasi IDX 2019 pada 14 Agustus 2019

Apa kunci kesuksesan Anda?

Kunci kesuksesan bagi setiap orang tentu saja berbeda. Namun, saya memiliki tujuan, visi dan misi yang jelas jika kita ingin sukses. Mencapai tujuan-tujuan ini tidak cukup bekerja 100%, harus melakukannya 200%. Saya percaya bahwa tanpa kerja keras tidak akan ada kesuksesan yang langgeng.

Tentu saja, kita akan menemukan banyak masalah di sepanjang perjalanan, tetapi ini akan membuat kita lebih matang. Yang sama pentingnya adalah bergerak lebih cepat daripada yang lain, karena kecepatan dan inovasi adalah masalah utama yang tidak dapat dipisahkan dari kesuksesan.

Pesan Anda untuk mereka yang ingin sukses?

Kunci bisnis bisa langgeng

Untuk teman-teman, jadilah orang yang selalu merasa lebih bodoh atau bodoh daripada yang lain, jadi kita harus belajar lebih banyak, mendengarkan lebih banyak, banyak membaca, memperbarui pengetahuan kita sendiri setiap hari. Dan yang paling penting, jangan menyerah atau putus asa.

Apa filosofi dalam karier dan bisnis Anda?

Filosofi klasik yang paling saya sukai, yaitu, selalu jujur kepada karyawan dan mitra bisnis. Jangan pernah berbohong kepada mitra bisnis Anda untuk mendapatkan keuntungan instan, karena hal itu berhubungan dengan bisnis jangka panjang. Kejujuran dan kesopanan adalah sesuatu yang tidak mudah dilupakan, dan itu adalah signature bisnis dan cermin pribadi Anda.

Baca juga : 6 Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan di Masa Depan

Apa jalur referensi Anda?

Sebagai seorang pemimpin, saya banyak mendengarkan & berbicara. Saya lebih suka solusi yang saling menguntungkan dengan tim dan anggota saya, daripada tekanan kepada pegawai atas keinginan saya. Saya tidak dapat berkompromi dengan tujuan yang telah saya tetapkan untuk perusahaan.

Apa strategi Anda untuk mempromosikan bisnis Anda?

Saya mencoba untuk berinovasi secara internal dengan penelitian dan pengembangan (R&D), sementara inovasi eksternal didorong oleh peningkatan nilai bagi pelanggan dan pemangku kepentingan.

Sebagai pemimpin pasar, kita harus melakukan apa yang tidak dilakukan orang lain. Yang paling penting adalah kita harus membekali semua orang di perusahaan dengan pelatihan yang berbeda. Karena bagi saya, karyawan adalah aset yang paling berharga. Perusahaan berkembang jika tim kompak dalam bekerja.

Apa terobosan untuk perusahaan Anda?

Kami berhasil membuat produk sendiri dari bahan mentah (lempung porselen). Di masa lalu, kami membeli bahan baku yang siap untuk produksi. Dengan Ini kami bisa menghemat biaya produksi karena bahan baku menyumbang hampir 50% dari  pembiayaan. Kami juga dapat meningkatkan kualitas produk dan stabilitas produksi.

Selain itu, Mark Dynamics Indonesia jadi pelopor pencetakan sarung tangan nitril, bahkan Mark Dynamics berhasil mendominasi hampir 70% pasar sarung tangan nitril global. Keberhasilan ini didukung oleh kemampuan teknis perusahaan untuk memproduksi sarung tangan nitril tipis dan dukungan mesin berkecepatan tinggi.

Tahun lalu, kami juga berhasil meningkatkan efisiensi dengan menyediakan data real time dengan kode QR untuk semua lini produk Mark Dynamics.

Baca juga : Pemangkasan Anggaran tidak Berdampak Buruk bagi Startup


Apa nilai-nilai yang anda terapkan dalam pekerjaan dan keluarga?

Nilai dalam bisnis

Saya harus menempatkan kepentingan orang di atas kepentingan pribadi saya. Bagi saya, memberi adalah berkah.

Belum ada Komentar untuk "Kejujuran adalah Kunci Menggapai Kesuksesan dalam Bisnis"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel