Siapakah Weihan Liew, Inspirasi dari Pendiri Jalantikus



Siapakah Weihan Liew?


Mungkin tidak banyak yang tahu siapa sosok Weihan Liew. Namun, mengingat pengalaman dan pencapaiannya, Weihan dapat dianggap sebagai salah satu pendiri perusahaan digital besar di Indonesia.

Bagaimanapun, seorang pria yang menempuh pendidikan di Monash University di Australia dan menerima gelar master di bidang ekonomi keuangan dari University of Chicago - Booth Business School pernah mengambil posisi penting di perusahaan kelas dunia seperti Microsoft.

Setelah melihat portofolionya di LinkedIn, setelah menyelesaikan studinya di Monash University di Australia, Weihan bereksperimen dengan bekerja sebagai mitra di Boston Consulting Group. Karir dalam konsultasi keuangan selama 3 tahun yaitu sampai 2002. Selain bekerja untuk Boston Consulting Group, ia melanjutkan gelar masternya di University of Chicago - Booth School of Business.

Waktu luang yang digunakan menempuh pendidikan tinggi menempatkan Weikhan di jalur karier yang lebih tinggi. Pada 2004, ia mendapat pekerjaan baru di Microsoft. Dia bekerja di departemen R&D Microsoft di Cina. Dia berhasil mencapai posisi sebagai Senior Product Manager untuk Windows Phone. Ini tentu saja merupakan pencapaian besar ketika dapat bekerja untuk perusahaan multinasional dalam posisi yang baik.

Setelah empat tahun di Microsoft di Cina, kinerjanya juga tumbuh. Tidak jauh dari dunia bisnis digital, pada 2008 karirnya sebagai Principal Nokia Growth Partners.. Pengalaman kerja berlangsung 3 tahun hingga 2011. Pengalaman datang dan pergi dari perusahaan teknologi kelas dunia telah membuat visi Liew berkembang begitu luas. Sampai akhirnya dia berpikir tentang mengembangkan bisnis pribadi di negara sendiri.

Lihat peluang dan kembangkan bisnis digital

Pengalaman di luar negeri digunakan sebagai modal berharga untuk pengembangan bisnis di Indonesia. Dan setelah beberapa persiapan dan pengembangan, ia akhirnya menciptakan perusahaan digitalnya sendiri yang berbasis online.

Pembuat game MainGames, Weihan telah mengembangkan beberapa game online pada tahun 2011. MainGames saat ini memiliki lima judul game online, yaitu Soul Keeper, Liga Champions, Trinity Online, Eternal Enemies, dan MMORPG bertema Ninja Naruto Konoha. Tren gim daring di Indonesia berkembang pesat, menjadikan MainGames salah satu penerbit gim paling populer di Indonesia. Tetapi tidak puas dengan cepat dan melihat celah persaingan antara penyedia perangkat lunak dan aplikasi, Liew kemudian membuat situs web JalanTikus.com.

JalanTikus.com - cara alternatif untuk mengunduh perangkat lunak yang aman dan legal


Pada 2012, ide Weihan Liew untuk membuat situs web untuk mengunduh perangkat lunak dan aplikasi akhirnya terwujud. Nama unik dipilih JalanTikus.com. Dalam namanya, situs itu diharapkan akan memberikan rute alternatif bagi pencari perangkat lunak, baik komputer maupun perangkat seluler, yang menginginkan rute “aman” untuk mendapatkan perangkat lunak yang diinginkan.



Biasanya JalanTikus membagi aplikasi yang dapat diunduh menjadi dua bagian, yaitu perangkat lunak umum dan aplikasi game. Kemudian didistribusikan, yang dapat digunakan pada Windows maupun Android. Seperti disebutkan sebelumnya, situs web JalanTikus memastikan bahwa semua perangkat lunak dan aplikasi yang ditampilkan bebas virus dan legal atau tidak melanggar lisensi. Beberapa program yang terdaftar di JalanTikus adalah perangkat lunak gratis, sumber terbuka berlisensi, dan beberapa berbayar.

Selain aplikasi yang dapat diunduh ini, JalanTikus juga menawarkan beberapa fitur seperti review aplikasi lengkap, tutorial, konten video, forum Tanya Jawab, dan versi terbaru adalah ulasan gadget. Semuanya dikemas ke dalam jenis situs yang sederhana, modern, dan informatif.

Weihan pernah mengatakan bahwa salah satu tujuan utama JalanTikus adalah untuk membantu membangun pengembang perangkat lunak lokal di Indonesia. Dia juga ingin tampil beda dari situs-situs toko aplikasi besar seperti Google Play atau Windows Application Store yang lebih komersil.

Weihan Liew ingin mengasah pengalaman manajemennya terutama dalam bisnis digital, agar lebih matang, dan ingin menunjukkan bahwa pengembang lokal dapat bersaing secara internasional. Seseorang dengan visi masa depan dan mampu melihat celah potensial semoga dapat menjadi sumber inspirasi bagi kita semua, terutama pelaku bisnis dunia digital. Apakah Anda ingin mengikuti jejaknya?

Belum ada Komentar untuk "Siapakah Weihan Liew, Inspirasi dari Pendiri Jalantikus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel