Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Pendidikan Karakter Adalah: Manfaat, Ciri dan Tujuan Pendidikan Karakter



Apa yang dimaksud dengan pendidikan karakter? Apa manfaat dan tujuan pendidikan karakter? Karakter adalah pelajaran tentang perkembangan moral manusia. Untuk informasi lebih lanjut mengenai pengertian karakter, silahkan baca definisi di bawah ini.

Pengertian Karakter


Pengertian karakter adalah kesadaran akan suatu tindakan atau perilaku. Kata karakter itu sendiri berarti kesadaran, akal, pikiran atau watak. Jadi arti kata karakter adalah tingkah laku, perbuatan, watak dan budi pekerti. Karakter adalah sesuatu yang sangat erat hubungannya dengan perilaku manusia, dalam sifat dan tindakan, yang dilakukan secara sadar.

Baca juga : Dampak Kenakalan Remaja, Cara Mengatasinya dan Penerapan Teori Albert Cohen

Sedangkan pengertian karakter menurut KBBI adalah budi pekerti, perangai atau watak. Dalam bahasa Arab, istilah karakter sendiri disebut moralitas dan dalam bahasa Inggris disebut ethics yang berarti etika.

Manfaat Pendidikan Karakter


Penerapan karakter dalam kehidupan sehari-hari berdampak positif bagi lingkungan. Ketika setiap individu menunjukkan perilaku yang baik, orang lain juga akan menilai orang tersebut sebagai orang yang baik.

Karakter yang baik ini dapat dilihat dari kebiasaan sederhana, misalnya dengan sopan santun, biasanya tersenyum dan menyapa atau sering menggunakan kata-kata tolong, minta maaf dan terima kasih.

Dengan karakter yang baik, tentunya lingkungan akan merasakan pengaruh yang baik pula. 

Adapun contoh penerapan karakter lainnya antara lain:
  • Terapkan nilai-nilai moral sejak dini kepada generasi muda.
  • Meningkatkan sumber daya manusia yang bermoral tinggi.
  • Meningkatkan kesadaran pemuda akan pengembangan karakter positif.

Berikut manfaat karakter dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

1. Dalam keluarga

Keluarga merupakan titik awal pembentukan karakter, mulai dari rasa cinta terhadap sesama anggota keluarga, rasa hormat kepada orang tua, hingga norma dan moral. Perhatian yang cukup terhadap anak akan membuat anak memiliki karakter yang baik di masa depan.

Ikatan karakter ini akan membuat anggota keluarga menjadi kuat dan harmonis. Begitu juga ketika seorang anak yang berkarakter baik telah dewasa dan akan membangun sebuah keluarga, tentunya keluarga yang dibangun juga akan menjadi keluarga yang berbudi pekerti dan bermoral tinggi.

2. Dalam masyarakat

Orang yang berkarakter baik akan ada di hati setiap orang, karena orang yang berkarakter baik dan bersikap baik tentu mudah diterima. Orang-orang seperti ini diyakini memiliki pengaruh positif bagi masyarakat, mereka lebih dekat satu sama lain, lebih terbuka, memiliki solidaritas sehingga dapat menanamkan rasa tanggung jawab dalam masyarakat.

3. Dalam Bangsa dan Negara

Secara tidak langsung, sikap karakter manusia dapat menciptakan rasa persatuan dan kesatuan di Indonesia. Jika nilai-nilai kebaikan telah ditanamkan pada diri manusia sejak dini, maka generasi penerus bangsa pasti akan memiliki karakter yang luhur dan menjadi orang yang berpengaruh bagi bangsa dan negara di masa depan.

Ciri-ciri orang yang berkarakter


1. Beriman

Orang yang berkarakter baik umumnya menunjukkan bukti ketaatan terhadap ajaran Yang Maha Kuasa. Ketaatan dan kepercayaan ini akan menjadi pilar yang memperkuat ketaatan terhadap aturan yang ada.

Seperti aturan yang berlaku dalam masyarakat dan aturan agama, seperti mematuhi perintah dan menghindari larangan. Hal ini diwujudkan dengan ketaatan beribadah dan bertindak sesuai norma agama.

Baca juga : Cara Mengatasi Kesulitan Belajar, Diagnosis, Faktor Penyebab dan Pengertian

2. Berfikiran baik

Orang yang berkarakter baik umumnya menunjukkan kemampuan berpikir dan menilai secara objektif, serta mau dikritik atau dikoreksi. Kedewasaan dalam berpikir dan bertindak pada akhirnya membentuk karakter manusia agar dapat mengelola emosi dengan lebih baik.

3. Tanggung jawab

Orang yang berkarakter baik akan berani bertanggung jawab atas segala akibat dari keputusan atau tindakan yang diambil.

4. Jujur

Orang yang berkarakter baik tidak suka berbohong, orang seperti ini biasanya akan berkata jujur ​​dan berani mengakui kesalahan.

5. Pemaaf

Seseorang yang berkarakter baik memiliki sifat pemaaf dan mampu memaafkan kesalahan orang lain. 

6. Rendah hati

Seseorang yang berkarakter baik tidak egois, tidak sombong dan cenderung menampilkan sikap dan perilaku yang rendah hati, meskipun sebenarnya dia lebih baik dari orang lain.

7. Adil

Orang yang berkarakter baik akan bersikap adil, tegas dan tidak memihak dalam mengambil keputusan. Bukan standar ganda dan objektif untuk kebaikan semua pihak.


Tujuan Pendidikan Karakter


Tujuan pendidikan karakter sangat banyak, jika diambil dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa tujuan pendidikan karakter adalah memiliki akhlak yang luhur, berikut beberapa bentuk karakter dan pengertiannya:

1. Jujur

Memiliki karakter jujur ​​merupakan kelebihan yang membedakan satu orang dengan yang lainnya. Memiliki karakter jujur ​​juga memudahkan orang untuk diterima dan dipercaya oleh orang lain.

Tidak sedikit juga orang yang menjadi orang yang jujur ​​karena semua orang di sekitarnya adalah orang yang jujur. Bagian tersulit dari menjadi orang jujur ​​adalah jujur ​​di tengah lingkungan yang tidak jujur.

2. Amanah

Seseorang yang memiliki karakter amanah adalah orang yang dicintai oleh semua orang. Di dalam amanah itu ada kejujuran, ada tanggung jawab dan jiwa yang mulia. Dan orang-orang yang amanah tentu memiliki reputasi yang baik, dan memiliki peluang sukses yang lebih tinggi daripada orang lain.

3. Ikhlas

Orang yang mau dan menerima keadaan adalah orang yang bisa berdamai dengan dirinya sendiri. Dan orang-orang seperti itu biasanya mampu membawa kedamaian bagi orang-orang di sekitarnya.

Baca juga : Kompetensi Kepribadian Guru : Pengertian, Indikator dan Karakteristik

4. Berhati-hati

Orang yang berkarakter mampu merefleksikan diri dan kekurangannya, orang seperti itu ingin introspeksi diri untuk kebaikan diri sendiri dan orang lain. Inilah yang memungkinkan seseorang untuk berpikir dengan bijak, melakukan apa yang perlu, dan tidak melakukan apa yang tidak perlu.

Demikianlah pengertian karakter, sifat, manfaat dan tujuan pendidikan karakter dimulai dari hal kecil bagi manusia. 

Posting Komentar untuk "Pengertian Pendidikan Karakter Adalah: Manfaat, Ciri dan Tujuan Pendidikan Karakter"