Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Teror Pembakaran Mobil Membuat Resah Warga Jogja, Motif Pelaku Belum Diketahui


Peristiwa teror mobil dibakar di Banguntapan, Kabupaten Bantul, Yogyakarta hingga menyebabkan mobil rusak akibat terbakar.

Teror kebakaran mobil terjadi di rumah Umaryati Purwaningsih, warga Desa Banguntapan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, Selasa (8/2) pagi.

Minibus Daihatsu Sigra milik korban yang diparkir di teras depan rumah dibakar oleh orang tak dikenal. Akibatnya, bagian belakang mobil dan bagasi rusak dilalap api.


“Kami telah melaporkan upaya pembakaran mobil di depan rumah oleh orang tak dikenal,” kata Umaryati Purwoningsih saat ditemui di rumahnya, Rabu (9/2/2022).

Kerugian akibat kerusakan mobil kurang lebih 15 juta rupiah. Kasus teroris pembakaran mobil saat ini sedang diusut Polres Banguntapan Bantul Yogyakarta.

Lebih lanjut Umaryati Purwaningsih menjelaskan, sebelum terjadi kebakaran hebat pada Selasa pagi sekitar pukul 03.00, ia terbangun dan mendengar suara sepeda motor terparkir di depan rumahnya.

Suasana di tempat itu sangat sepi karena pada pagi hari sebagian warga sudah tertidur lelap, sehingga saat mengendarai sepeda motor terdengar suara dari dalam rumah. Korban kemudian mendengar suara “ces” seperti suara seseorang membuka botol. Umaryati mengaku takut keluar rumah, meski sempat curiga dengan pengendara sepeda motor yang berhenti di depan rumahnya.


“Setelah mobil berhenti di depan rumah saya keluar dan saya melihat api menyala di sisi kanan belakang mobil, lalu saya masuk ke rumah menuju kamar saudara perempuan saya meminta bantuan untuk memadamkan api. “Jare Umaryati.

Saat api padam, ban belakang meledak, membuat tetangga terbangun dan datang membantu memadamkan api. Setelah api padam Umaryati melihat sekeliling rumah dan melihat sekeliling mobil, ada sebotol air mineral yang berbau bensin.


Akibat kejadian tersebut, roda mobil terbakar dan meledak, bagasi mobil hingga plafon hangus terbakar dan sisi kanan luar ikut terbakar. Kejadian itu kemudian dilaporkan ke Polsek Banguntapan Bantul, Yogyakarta yang hanya berjarak sekitar 300 meter dari rumahnya.

Umaryati mengaku tidak punya masalah dengan siapa pun atau punya musuh, jadi tidak tahu siapa pelakunya.

"Tidak ada masalah dengan siapa pun, jadi saya tidak tahu mengapa mobil itu dibakar orang," katanya.

Sementara itu, Reskrim Polsek Banguntapan Bantul Yogyakarta, AKP Anar Fuadi mengatakan, penyelidikan dilakukan setelah menerima laporan dari korban.


"Setelah menerima laporan dari korban, kami melakukan langkah-langkah termasuk melakukan penyelidikan di sekitar TKP. Kami mengamankan beberapa barang bukti seperti botol yang digunakan untuk membawa bensin." ujar AKP Anar Fuadi.

Hingga saat ini, Bareskrim Polres Banguntapan masih memeriksa saksi-saksi antara lain keluarga korban, ibu korban, paman korban dan berusaha mencari gambar video rekaman CCTV di lokasi.

“Kami telah memeriksa beberapa saksi dan mencoba mencari gambar video CCTV untuk mengidentifikasi pelaku teror pembakaran mobil,” kata Anar. 

Posting Komentar untuk "Teror Pembakaran Mobil Membuat Resah Warga Jogja, Motif Pelaku Belum Diketahui"