Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Daun Bidara untuk Kanker Payudara, Begini Cara Mengobatinya!



Tanaman bidara atau nama latinnya Ziziphus Mauritiana memiliki kandungan nutrisi yang beragam. Termasuk manfaat daun bidara dalam bidang kesehatan seperti membantu menyembuhkan luka hingga mencegah kanker payudara.

Bagi umat Islam sendiri, nama bidara atau widara mungkin bukan sesuatu yang asing lagi. Nama tanaman ini disebutkan dalam Al-Qur'an dan hadits yang kebetulan menjadi pedoman hidup bagi umat Islam.

Baca juga : Manfaat Buah Mengkudu untuk Darah Tinggi

Mengandung protein, asam amino, flavonoid, alkaloid, glikosida, hingga terpenoid, saponin, serat, tanin dan senyawa fenolik, bidara terbukti efektif mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Manfaat daun bidara untuk kesehatan


1. Mengatasi jerawat

Hampir setiap orang terutama yang sudah mencapai pubertas mengalami masalah ini. Memang tidak mengganggu kesehatan, tapi cukup mempengaruhi penampilan. Sehingga perlu segera diperbaiki. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan daun bidara.

Caranya tumbuk daun bidara yang sudah dicuci bersih, sampai halus, lalu buat masker, tunggu sampai agak kering lalu bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil yang optimal.

2. Menyembuhkan luka

Daun bidara memiliki sifat anti inflamasi dan antibakteri. Kedua bahan ini efektif digunakan untuk membantu proses penyembuhan luka. Jika ada bagian tubuh yang terluka baik karena teriris, lecet atau tergores, peras daun bidara dan tempelkan pada bagian yang luka.

Sebagai alternatif, Anda bisa menggunakan daun bidara untuk mempercepat proses penyembuhan luka bakar. Juga dapat mencegah luka bakar pada kulit.

3. Mencegah diabetes



Diabetes merupakan ancaman penyakit serius yang sangat memprihatinkan. Tidak hanya usia tua, mereka yang masih muda pun sudah berisiko terkena penyakit tersebut.

Untuk mengurangi risiko diabetes, Anda bisa mengonsumsi daun bidara. Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun bidara dan memakannya secara rutin. Jangan lupa untuk mengurangi asupan karbohidrat dan gula.

4. Mencegah kanker payudara

Kanker merupakan pembunuh nomor satu tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di dunia. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit ini adalah dengan mengkonsumsi daun bidara.

Menurut studi farmakognostik di India, daun Ziziphus mauritiana telah terbukti mengandung antioksidan spektrofotometri yang dapat mencegah kanker.

5. Menjaga kesehatan perut dan lambung

Lambung merupakan organ penting dalam tubuh manusia, sehingga menjaga kesehatan lambung merupakan hal yang harus dilakukan karena organ ini selalu terlibat dalam kinerjanya setiap kali asupan makanan masuk.

Baca juga : Manfaat Rebusan Buah Mengkudu untuk Asam Lambung

Untuk menjaga kesehatan lambung, salah satu caranya adalah dengan mengamalkan daun bidara ini. Bagi anda yang menderita maag atau asam lambung meningkat, rutinlah minum ramuan daun bidara. Cara ini terbukti ampuh untuk mengatasinya.

6. Mengatasi gangguan tidur

Bagi Anda yang memiliki masalah tidur seperti gangguan tidur atau insomnia, atasi dengan daun bidara. Manfaat daun bidara ini bisa Anda dapatkan dengan cara membuat teh dan meminumnya sebelum tidur.

Teh daun bidara diketahui mengandung saponin. Senyawa yang dapat memiliki efek menenangkan. Dengan begitu Anda merasa lebih rileks dan siap untuk tidur.

7. Perawatan rambut

Anda bisa mendapatkan rambut yang indah dan tebal jika Anda merawatnya dengan baik. Salah satu upaya perawatan rambut yang efisien dan alami adalah dengan menggunakan daun bidara. Daun ini bisa membuat rambut menjadi hitam, panjang dan berkilau karena kandungan fitokimia di dalamnya.

8. Menjaga kesehatan mulut

Pernahkah Anda mengalami bau mulut dan tenggorokan tidak nyaman, atau sering sariawan? Minum ramuan daun bidara dapat mengurangi sakit maag, sariawan dan bakteri yang hidup di dalam mulut.

9. Mengobati flu

Daun bidara memiliki kandungan vitamin C yang tinggi dan dapat meningkatkan daya tahan tubuh untuk mencegah masuk angin, bahkan anda yang terkena bisa sembuh jika rutin meminum herbal daun bidara ini.

10. Menurunkan kolesterol jahat


Kadar kolesterol jahat atau LDL dalam tubuh Anda bisa diturunkan dengan rajin mengonsumsi serat larut air. Anda bisa mendapatkan serat ini dari teh daun bidara.

Caranya adalah dengan merebus daun bidara dan diminum. Ramuan ini akan mengikat kolesterol dalam sistem pencernaan dan mengeluarkannya bersama feses.

11. Mengobati wasir

Manfaat daun bidara selanjutnya adalah mengatasi wasir. Ini bukan penyakit mematikan. Namun hal itu jelas sangat mengganggu aktivitas penderitanya.

Untuk mengatasinya bisa dilakukan dengan mengambil rebusan daun bidara. Bisa juga dengan menempelkan daun bidara langsung pada anus yang bengkak.

Baca juga : Khasiat Buah Tin untuk Wanita yang Ingin Segera Hamil

12. Membantu menurunkan berat badan

Bagi Anda yang menderita masalah berat badan, amalkan rebusan daun bidara yang telah direndam semalaman. Anda juga bisa minum teh bidara. Dengan begitu, Anda akan merasa kenyang lebih lama dan proses pembakaran lemak akan lebih cepat.

Dengan kandungan yang sangat istimewa, tidak salah jika daun bidara memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan digunakan dalam obat farmasi. Semoga Anda juga mendapat manfaat.

Posting Komentar untuk "Manfaat Daun Bidara untuk Kanker Payudara, Begini Cara Mengobatinya!"