Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Buah Mengkudu untuk Darah Tinggi, Sangat Efektif dan Manjur



Buah mengkudu efektif menurunkan tekanan darah tinggi Anda. Ingin tahu? Berikut cara memakannya. Tekanan darah tinggi adalah salah satu penyakit yang paling umum di masyarakat. Mengutip Kompas.com, seseorang dikatakan memiliki tekanan darah tinggi jika tekanan darahnya melebihi 140/90. Tekanan darah tinggi dipicu oleh banyak faktor termasuk merokok, minum alkohol, obesitas, asupan makanan tinggi garam, dan stres.

Baca juga : Manfaat Jahe Kering, Pengolahan Bubuk, Awetan dan Minyak Jahe  

Seseorang dengan tekanan darah tinggi terkadang tidak menunjukkan gejala. Namun, ada beberapa orang yang mengeluhkan nyeri dada, sakit kepala parah, detak jantung tidak teratur, penglihatan kabur, kelelahan, saat mengalami tekanan darah tinggi. Solusinya, pasien mengonsumsi obat resep untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Alih-alih minum obat dari dokter, menurunkan tekanan darah tinggi bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat herbal atau buah. Ketahuilah, beberapa jenis buah memiliki manfaat untuk menurunkan tekanan darah seperti semangka. 

Buah mengkudu menurunkan tekanan darah tinggi, sangat efektif dan manjur


Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar nama buah mengkudu? Pahit, busuk, lembek, dan buahnya tidak terlihat cantik. Buah mengkudu tidak cantik dan pahit. Tapi, dibalik buah mengkudu memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Salah satunya, buah mengkudu dipercaya ampuh menurunkan tekanan darah tinggi. Mengutip dari situs resmi Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian, buah mengkudu mengandung zat scopoletin yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah. Selain itu, buah mengkudu juga mengandung serotonin yang berguna untuk mengurangi stres dan berbagai vitamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Buah mengkudu ini bisa menjadi solusi bagi Anda yang ingin menurunkan tekanan darah secara alami alias tanpa obat kimia. Penderita tekanan darah tinggi sebaiknya tidak hanya mengonsumsi buah mengkudu jika ingin menurunkan tekanan darah. Berikut adalah bahan dan cara membuat ramuan buah mengkudu yang efektif untuk menurunkan tekanan darah tinggi. 
  • Tiga buah mengkudu 
  • 110 ml air matang 
Anda memarut tiga buah mengkudu. Kemudian, Anda campur parutan buah mengkudu dengan air matang dan saring. Anda minum jus mengkudu sekali sehari dan ulangi selama tujuh hari. Selain minum jus buah mengkudu, sebaiknya mulailah menjalani pola hidup sehat agar tekanan darah tinggi tidak kambuh lagi.


Meski memiliki aroma yang tidak sedap, namun kandungan nutrisi yang tersembunyi dari buah mengkudu tidak boleh dianggap remeh.

Dimana mengkudu tampaknya memiliki sifat penurun tekanan darah tinggi.

Hal ini tentu menjadi kabar baik bagi penderita hipertensi, dimana mengkudu bisa menjadi alternatif pengendalian tekanan darah selain dengan resep dokter.

Diketahui bahwa penderita hipertensi harus selalu menjaga tekanan darahnya agar tidak terjadi komplikasi.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), saat tekanan darah tinggi, arteri akan mengeras, sehingga aliran darah tidak bisa lancar.

Baca juga : Larutan Solutio Adalah : Definisi, Kandungan dan Cara Pembuatan Solutio

Ketika suplai darah tidak lancar dalam tubuh ke organ-organ yang membutuhkannya, terutama jantung, maka akan menimbulkan berbagai gangguan kesehatan antara lain serangan jantung, stroke, dan penyakit kardiovaskular lainnya.

Menurut situs resmi Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian, buah mengkudu mengandung scopoletin yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah.

Selain itu, buah mengkudu juga mengandung serotonin yang berguna untuk mengurangi stres dan berbagai vitamin yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Buah mengkudu ini bisa menjadi solusi bagi penderita hipertensi yang ingin menurunkan tekanan darah secara alami alias tanpa obat kimia.

Posting Komentar untuk "Manfaat Buah Mengkudu untuk Darah Tinggi, Sangat Efektif dan Manjur"