Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Rebusan Buah Mengkudu untuk Asam Lambung, Ampuh dan Mujarab



Mengkudu merupakan salah satu buah subtropis yang banyak tersebar di negara-negara Asia termasuk Indonesia. Buah ini dikenal dengan bentuknya yang bulat asimetris dengan banyak tonjolan di sekitar buah, mirip dengan tonjolan yang terdapat pada nanas setelah dikupas.

Saat belum matang, buahnya berwarna hijau. Namun setelah matang, biasanya buah ini berwarna putih cerah dengan ciri khas bau busuk. Sama seperti aromanya, rasa buah ini jauh dari kata enak sehingga kebanyakan orang tidak menyukainya.

Meski begitu, buah dengan nama latin morinda citrifolia yang lahir dari famili rubiaceae ini dikenal luas sebagai bahan utama pembuatan obat herbal. Ada banyak nutrisi yang bisa Anda dapatkan dari buah mengkudu, salah satunya untuk mengatasi masalah asam lambung.

Manfaat Mengkudu untuk Perut Penderita Asam Lambung


Meski memiliki aroma dan rasa yang tidak enak, faktanya buah mengkudu mengandung sejumlah fitokimia, mulai dari asam lemak, alkaloid, beta-sitosterol, dan flavonoid. Selain itu, buah ini juga mengandung saponin, berbagai jenis antioksidan, anti inflamasi dan anti bakteri.

Baca juga : Lengkuas, Khasiat dan Manfaat sebagai Obat Penyakit

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. Ralph Heinicke, seorang ahli biokimia dari Amerika, menjelaskan bahwa buah mengkudu mengandung senyawa xeronine, suatu alkaloid yang memiliki kemampuan aktif untuk memperbaiki sel-sel dalam tubuh.

Kemampuan mengkudu dapat digunakan untuk mengobati masalah lambung terutama masalah lambung yang berkaitan dengan kelemahan atau penurunan fungsi LES yang merupakan cincin otot di bawah kerongkongan yang berfungsi untuk menghentikan naiknya asam lambung.

Selain berfungsi mengatasi masalah kelemahan dan penurunan fungsi katup LES, ada beberapa manfaat lain dari mengkudu untuk lambung yang perlu Anda ketahui antara lain:
  • Cegah tukak lambung atau maag dengan memperbanyak lendir khusus yang berfungsi melindungi lambung dari iritasi akibat paparan asam lambung yang berlebihan.
  • Mengkudu bertindak sebagai antibakteri yang dapat mencegah infeksi Helicobacter pylori, yang dikenal luas sebagai penyebab utama sakit maag.
  • Mengkudu merupakan antioksidan yang sangat ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, serta membantu mengatasi sakit maag.
  • Mengkudu berperan sebagai pengatur asam lambung yang bekerja dengan cara menjaga produksi asam lambung dalam jumlah yang wajar.
  • Mencegah kerusakan sel akibat paparan radikal bebas, termasuk mencegah masalah asam lambung bagi perokok dan pecandu alkohol.
Untuk mendapatkan nutrisi buah mengkudu, Anda bisa mengolahnya langsung dengan menggunakannya sebagai campuran salad, membuat smoothie atau jus mengkudu, atau membeli suplemen khusus mengkudu yang kini banyak dijual di toko herbal.

Waspadai efek samping Noni (Buah Mengkudu) 


Meski manfaat mengkudu untuk lambung sudah terbukti secara ilmiah, Anda harus berhati-hati saat mengonsumsinya. Bagi sebagian orang, konsumsi buah mengkudu dapat menimbulkan beberapa efek samping, seperti pusing, mual, dan diare.

Selain itu, buah mengkudu tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, penderita gangguan ginjal, gangguan hati, dan penderita hiperkalemia, atau kondisi dengan kadar kalium dalam darah yang tinggi.

Oleh karena itu, sebelum mengonsumsi buah mengkudu, disarankan untuk menemui dokter terlebih dahulu, dan pastikan dikonsumsi dalam jumlah yang wajar.

Sakit maag adalah istilah yang luas, yang menggambarkan gejala akibat gangguan pada saluran pencernaan. Sakit maag dapat disebabkan oleh berbagai gangguan pada saluran pencernaan seperti tukak lambung, penyakit asam lambung, pankreatitis, radang empedu dan lainnya.

Jika Anda mengalami sensasi terbakar di dada, maka gejala tersebut mungkin disebabkan oleh penyakit asam lambung. Gastroesophageal reflux disease (GERD) adalah nama lain dari penyakit acid reflux, yaitu suatu kondisi dimana asam lambung kembali ke kerongkongan sebagai akibat dari lemahnya otot-otot di bagian bawah kerongkongan. Gejala yang dapat dialami oleh penderitanya adalah mulas atau nyeri dada yang terasa seperti terbakar, mual, muntah, masuk angin dalam tubuh, sering bersendawa, sesak napas, rasa tersangkut di tenggorokan, batuk.

Beberapa penelitian menunjukkan manfaat buah mengkudu untuk mengobati maag dan membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di lambung sehingga dapat mencegah infeksi Helicobacter pylori yang sering menyebabkan masalah lambung. Namun, penelitian pada manusia masih sangat terbatas sehingga diperlukan penelitian lebih lanjut mengenai manfaatnya bagi manusia. Oleh karena itu, jika Anda ingin mengonsumsi produk ini, pastikan Anda menemui dokter secara langsung terlebih dahulu.

Baca juga : Manfaat Buah Mengkudu untuk Darah Tinggi, Sangat Efektif dan Manjur

Untuk mengobati GERD, selain obat-obatan yang mengontrol asam lambung, beberapa perawatan lain yang bisa Anda lakukan adalah:

  • Hindari makan dalam porsi besar, disarankan untuk mengambil porsi kecil tapi lebih sering
  • Hindari makanan pedas, asam, berminyak dan berlemak
  • Hindari minuman berkafein, berkarbonasi, dan beralkohol
  • hindari berbaring setelah makan
  • makan makanan minimal 3 jam sebelum tidur
  • tidur dengan bantal terangkat sedikit
  • menurunkan berat badan jika Anda kelebihan berat badan
  • Hindari merokok
  • Kelola stres dengan baik
Anda juga bisa mencoba mengonsumsi antasida tanpa resep di apotek saat gejala muncul. Namun, jika Anda sudah mengonsumsi antasida dan mencoba rekomendasi di atas selama 3 hari dan masih mengalami gejala yang mengganggu, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter umum terdekat agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut sebelum memberikan pengobatan yang tepat. Semoga ini membantu.

Posting Komentar untuk "Manfaat Rebusan Buah Mengkudu untuk Asam Lambung, Ampuh dan Mujarab"