Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelainan Hati, Macam-macamnya dan Cara Pengobatan Kerusakan Hati


Macam-macam Kelainan Pada Hati


Disfungsi hati disebabkan akibat kerusakan pada sel-sel parenkim hati yang bisa secara lansung disebabkan oleh penyakit primer atau secara tidak langsung disebabkan oleh obstruksi aliran empedu atau gangguan sirkulasi hepatik.

Penyebab. Proses perjalanan penyakit yang berkembang menjadi disfungsi hepatoseluler dapat disebabkan oleh penyebab menular (infectious agent), seperti bakteria serta virus, dan oleh keadaan anoksida, kelainan metabolik, toksin serta obat-obatan, defiensi nutrisi, dan keadaan hipersensitifitas.

Baca juga : Kecanduan Media Sosial Mengganggu Keharmonisan Hidup  

Beberapa kelainan pada hati yang sering ditenui antara lain :

1. Perlemakan

Metabolisme hati berpusat di hati. Hepatosit cenderung mudah mengalami perlemakan. Perlemakan hati merupakan tanda nyata terdapat jajas nyata pada hati atau akibat kelaianan sitemik yang mengakibatkan kelainan metabolisme lemak atau mobilisasi berlebihan dari penyimpanan lemak.

2. Amiloidosis

Amiloidosis dapat menyebabkan pembesaran hati (sampai 9 kg). hati berwarna pucat dan kenyal keras. Amiloid terdapat pada dinding pembuluh dara, pasivaskular di jaringan ikat portal dan di ruang disse, yang dapat menyebabkan atrofi.

3. Syok

Syok yang lama atau berat dapat menyebabkan kelainan hati bervariasi antara perlemakan sentrolobular sampai nekrosis hipoksia.

4. Penyakit hati karena racun (misalnya karena alkohol atau obat tertentu

Alkohol bersifat toksik terhadap hati. Adanya penimbunan obat dalam hati (seperti acetaminophen) maupun gangguan pada metabolisme obat dapat menyebabkan penyakit pada hati.

5. Nekrosis

Salah satu manifestasi penyakit hati ialah nekrosis. Berbagai penyebab ialah trauma (mekanik), toksin, mikroorganisme, gangguan vaskularisasi dll. Letak dan luas lesi di pengaruhi oleh mikrosirkulasi. Fartor yang mempengaruhi ialah (1) oksigenasi oleh darah, (2) fungsi enzim dari zon tertentu dan (3) fungsi filtrasi.

6. Gagal hati

Gagal hati adalah hasil akhir dari semua penyakit hati yang aparah dan anas. Gagal hati dapat terjadi setelah infeksi HCV stadium rendah menahunb atau dapat terjadi tiba-tiba setelah awitan HBV fulminan. Gagal hati juga dapat terjadi setelah overdosis obat-obat tertentu , termasuk asitaminofen, baik yang diminum saat mencoba bunuh diri atau tidak sngaja terminum dengan dosis tinggi oleh individu yang memakai obat tersebut untuk penhilang nyari. Gagal hati adalah suatu sindrom kompleks yang ditandai oleh gangguan pada banyak organ dan fungsi tubuh. Dua keadaan yang terkait dengangagal hati adalah ensefalopati hepatica dan sindrom hepatorenal.

7. Sirosis hati

Sirosis hati ialah penyakit hati difus, mengenai seluruh arinan hati di tandai oleh fibrosis dan perubahan struktur normal menjadi nodulus abnormal. Fibrosis serin bersifat progresif, namun terdapat pula bukti bahawa bila penyebab sirosis dihentikan atau dihilangkan (alkoholisme, hemosiderosis), maka proses tidak berlanjut, bahkana da regresi septa fibrosis tersebut. Nerosis sudah tidak terlihat nyata lagi.

Baca juga : Kebutuhan Nutrisi Lemak dalam Pakan Ikan  

8. Ensefalopati Hepatika

Ensefalopati hepatica adalah suatu kompleks ganguan susunan saraf pusat yang di umpai pada individu yang mengidap gagal hati. Kelainan ini di tandaia oleh angguan memori dan perubahan kepribadian. Dapat tumor flapping. Gerakan-gerakan menyentak lainnya dan ganguan keseimbangan juga dapat timbul.

Ensafalopati hepatica sebagian besar timbul akibat penimbuna toksin di dalam darah, yang terjadi apabila hati gagal mengubah atau , mendektofikasi toksin-toksin tersebut secara adekuat.


9. Penyakit hati karena infeksi (misalnya hepatitis virus) Yaitu ditularkan melalui makanan & minuman yang terkontaminasi, suntikan, tato, tusukan jarum yang terkontaminasi, kegiatan seksual, dll.

10. Hepatitis (radang hati)

Hepatitis adalah peradangan pada sel-sel hati. Virus merupakan penyebab hepatitis yang paling sering, terutama virus hepatitis A, B, C, D dan E, namun ada juga yang menyebutkan adanya hepatitis F dan G (merupakan virus baru). Pada umumnya penderita hepatitis A & E dapat sembuh, sebaliknya hepatitis B & C dapat menjadi kronis. Virus hepatitis D hanya dapat menyerang penderita yang telah terinfeksi virus hepatitis B dan dapat memperparah keadaan penderita.

Pengobatan Kerusakan Hati


Terapi untuk penyakit hati tertentu

Terapi spesifik meliputi :

1. Infektif hepatitis - virus hepatitis sana adalah agen anti-virus dan obat-obatan yang dapat digunakan untuk mengobati infeksi tertentu. Ini termasuk Interferon, Ribavarin dll. Banyak obat-obatan baru juga sedang digunakan dalam Hepatitis B dan C. Sementara ada vaksin untuk mencegah hepatitis B, tidak ada untuk mencegah hepatitis C.

2. Hepatitis a pasien memerlukan pemeliharaan hidrasi dan istirahat sementara penyakit ditangani oleh sistem kekebalan tubuh.

3. Pasien dengan batu empedu sering membutuhkan pembedahan untuk menghapus kandung empedu dan batu-batu. Operasi ini dapat dilakukan dengan cara tradisional terbuka atau lebih umumnya menggunakan prosedur bedah laparoskopi.

4. Alkohol yang berhubungan dengan penyakit hati-penghentian alkohol primer terapi. Terapi lain melibatkan memperlakukan komplikasi dari penyakit hati.

Baca juga : Kesalahan di Media Sosial Berdampak Buruk pada Karier

5. Autoimmune hepatitis-Steroid agen dan agen supressing imunitas lainnya dapat digunakan dalam kasus ini.

6. Ketika ada halangan saluran empedu dalam penyakit hati cholestatic obat yang disebut asam ursodeoxycholic diberikan untuk memperlambat kerusakan. Operasi mungkin juga diperlukan dalam beberapa kasus penyakit hati cholestatic.

7. Hemochromatosis-karena ada yang berlebihan besi yang biasa "bloodletting" oleh prosedur yang disebut venesection digunakan bersama dengan obat untuk menghilangkan kelebihan besi.

8. Wilson's disease-obat yang mengikat tembaga kelebihan seperti d-penicillamine yang digunakan untuk membuat berlebihan tembaga tidak berbahaya dan mengeluarkan dari tubuh.

9. Dalam hati kanker tertentu anti kanker obat digunakan untuk mengobati kanker. Pasien ini mungkin perlu pembedahan untuk mengangkat kanker yang diikuti oleh kemoterapi, terapi radiasi dan transplantasi hati bahkan pada beberapa pasien.

10. Transplantasi hati diperlukan dalam beberapa kasus. Umumnya di sirosis berkat alkohol penyakit hati; Hepatitis c diinduksi penyakit hati atau sirosis biliaris primer. 

Perawatan dan pengelolaan komplikasi dari penyakit hati

1. Portal hipertensi dan pendarahan 

a) Tekanan di pembuluh darah dapat dikurangi dengan obat-obatan seperti beta blockers.

b) Beberapa obat-obatan seperti vasopresin dan octreotide mungkin akan diberikan kepada menyebabkan pembuluh darah pendarahan untuk mempersempit. Transfusi darah mungkin diperlukan diberikan untuk menggantikan kehilangan darah.

c) Operasi untuk mengikat pembuluh darah yang mengarah ke pendarahan dari esofagus atau rektum mungkin dilakukan.

d) Pendarahan kapal, disebut varises, esofagus dan rektum mungkin juga akan berhenti dengan menyuntikkan bahan kimia ke dalam pembuluh darah. Ini membawa darah mereka untuk menggumpal dan menyebabkan pembentukan bekas luka. Ini disebut sclerosing agen.

e) Kadang-kadang balon dapat digunakan untuk menerapkan tekanan pada varises untuk mencegah lebih lanjut pendarahan


f) Kadang-kadang prosedur yang disebut transjugular intrahepatic portosystemic stent shunt (TIPSS) dapat digunakan untuk mengurangi tekanan dalam vena portal. Jalan bypass dibuat antara portal dan hepatik vena untuk mengurangi beberapa tekanan.

2. Ascitis dan edema tubuhnya-ketika cairan menumpuk di perut itu mengarah pada tekanan yang dapat menyebabkan pembengkakan tubuhnya juga. Perawatan ascites adalah biasa penghapusan fluida; pembatasan garam dan cairan dalam diet; dan obat-obatan seperti diuretik yang mengakibatkan peningkatan ekskresi fluida. Penghapusan fluida pertapa mungkin menggunakan jarum atau dengan menempatkan sebuah tabung di sisi perutnya.

Baca juga : Kebutuhan Asam Amino Essensial dalam Pakan Ikan  

3. Pendarahan kecenderungan-hati kerusakan menyebabkan kurangnya faktor pembekuan. Ini dapat diperlakukan dengan vitamin k dan penambahan faktor pembekuan darah oleh transfusi plasma.

4. Ensefalopati hepatik-ketika otak dipengaruhi ada mungkin kebingungan, delirium dan bahkan kehilangan kesadaran. Terapi adalah dengan sirup Lactulose. Bertindak sebagai pencahar dan membantu menghilangkan racun seperti amonia yang terakumulasi dalam darah dalam kondisi ini.

Posting Komentar untuk "Kelainan Hati, Macam-macamnya dan Cara Pengobatan Kerusakan Hati"