Penyebab Tubuh Kedinginan Saat Bangun Tidur

Tubuh menggigil saat bangun tidur

Pernahkah Anda bangun dari mimpi dan merasa gemetaran? Atau apakah suhu tubuh Anda sangat dingin ketika Anda bangun di pagi hari? Jangan khawatir! Itu, pada kenyataannya, alami dan datang secara alami. Selama tidur, tubuh manusia menyesuaikan diri dengan menurunkan suhunya agar tidur lebih baik. Suhu tubuh terus turun selama tidur hingga beberapa jam sebelum bangun. Suhu tubuh terendah sekitar 4-5 pagi.


Nah, sebelum Anda bangun, suhu tubuh Anda naik lagi dengan sendirinya. Kembalinya ke suhu tubuh normal biasanya tidak terjadi dalam waktu singkat. Untuk alasan ini, Anda mungkin merasa kedinginan ketika bangun. Ada faktor yang mempengaruhi pengaturan suhu tubuh, yaitu ritme sirkadian. Lihat di bawah ini untuk lebih jelas!

Beberapa orang mungkin mengalami pilek ketika mereka bangun, bahkan jika cuaca tidak hujan atau suhu AC tidak terlalu rendah. Ternyata, ini bisa terjadi karena pengaturan suhu tubuh secara alami. Suhu tubuh Anda akan turun sehingga Anda bisa tidur nyenyak dan normal kembali sebelum terbangun dari tidur.

Proses pengaturan suhu tubuh ini bekerja sesuai dengan ritme sirkadian, yang merupakan sistem dalam tubuh yang mengatur tempratur tubuh ketika tidur. Kondisi tertentu menyebabkan gangguan irama sirkadian dan dapat menyebabkan masalah kualitas tidur. Salah satu sebab yang mempengaruhi ritme sirkadian adalah jumlah cahaya biru dalam tubuh, yang berkurang pada malam hari atau sebelum tidur.

Jumlah paparan tubuh sebenarnya lebih sedikit di malam hari daripada di pagi atau sore hari. Akibatnya, ritme sirkadian memicu pelepasan hormon dan penurunan suhu tubuh. Kondisi ini menyebabkan kantuk, dan ketika Anda tertidur, suhu tubuh Anda mulai turun dan semakin dingin. Selain proses ini, ada banyak kondisi lain yang dapat membuat tubuh terasa dingin, termasuk:


1. Kurang tidur


Kurang tidur juga bisa menyebabkan dinginnya tubuh. Karena kondisi ini dapat memengaruhi hipotalamus, bagian otak yang berfungsi mengatur suhu tubuh.

2. Dehidrasi/Kehilangan Cairan Tubuh


Dehidrasi juga dapat terjadi selama tidur karena tubuh tidak minum terlalu lama. Jelas, itu juga dapat mempengaruhi suhu tubuh Anda dan menjadi lebih dingin. Ketika hanya sedikit cairan yang bisa diambil oleh tubuh, tubuh menjadi lebih sensitif terhadap suhu ekstrem.

Tubuh dingin saat tidur

3. Masalah pada peredaran darah


Tubuh dingin juga bisa disebabkan oleh masalah peredaran darah. Sirkulasi yang tidak tepat dapat menyebabkan efek dingin pada kaki dan lengan atau bahkan seluruh tubuh.


Meskipun kondisi ini normal dan dapat terjadi secara alami, rasa dingin tidak boleh diabaikan. Juga, jika kondisi ini terjadi terlalu sering akan terasa menjengkelkan. Jika Anda mengalami dingin yang terlalu sering dan gejala lainnya, segera periksa ke dokter.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Tubuh Kedinginan Saat Bangun Tidur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel