7 Tips Agar Fokus Belajar di Rumah Selama New Normal


Selama pandemi, sistem belajar mengajar mulai berkembang secara online, tetapi gangguan atau kurangnya konsentrasi telah menjadi masalah utama dikalangan remaja di zaman modern. Selain televisi, gangguan terkadang disebabkan oleh perangkat yang sering dipakai siswa, seperti game, media sosial, email, dan ponsel. Gangguan tentu membuat siswa tidak berkonsentrasi saat belajar di rumah. Menurut penelitian Universitas Stanford melihat kebiasaan dan perilaku semacam itu selain tidak produktif, tetapi juga merusak mentalitas siswa.

Berikut ini adalah tips untuk siswa homeschooling agar lebih fokus:


1. Memahami strategi untuk fokus.

Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan orang dapat mempertahankan konsentrasi rata-rata 1 hingga 2 jam sehari, dan biasanya waktu terbaik untuk berkonsentrasi adalah di pagi hari. Oleh karena itu, siswa disarankan untuk menyisihkan setidaknya 20 menit waktu belajar per-sesi, sebagaimana dijelaskan dalam Media Reach Out.

2. Jauhkan diri dari kebisingan.

Menurut laporan harian medical daily, siswa yang belajar dengan mendengarkan suara dari tempat lain di otak mengalami kesulitan membaca dan belajar. Termasuk mendengarkan musik, yang dapat mengganggu konsentrasi dan bahkan mengurangi efisiensi saat belajar.

3. Gunakan tempat yang nyaman.

Agar Anda tidak kehilangan fokus saat belajar, disarankan agar Anda menggunakan tempat yang paling nyaman. Kemudian ambil nafas perlahan dan biarkan diri Anda fokus. Lakukan ini setidaknya 5-10 menit setiap anda merasa mulai kehilangan fokus.

4. Lakukan teknik ABC untuk melatih otak Anda.

Metode ABC untuk menghindari gangguan, yaitu kesadaran (awareness), untuk mengidentifikasi gangguan, B bernafas (bernafas dalam-dalam) untuk menenangkan diri dan pikirkan tentang apa yang harus dilakukan. C terakhir yang harus dipilih adalah memilih gangguan mana yang akan direpon atau dibiarkan.

5. Atur meja belajar.

Saat beristirahat di tempat tidur, tidak diperbolehkan untuk belajar, karena tidak mudah bagi seseorang untuk berkonsentrasi pada pelajaran saat anda sedang bersantai diatas kasur. Saat anda bersantai diatas kasur gunakan untuk membuat ide untuk menyusun jadwal belajar dan daftar yang harus dilakukan menggunakan papan tulis dan siapkan meja belajar anda dengan sebaik-baiknya dan senyaman-nyamannya.


6. Siapkan semua dari awal.

Metode ini memudahkan untuk memenuhi segala keperluan siswa dalam proses pembelajaran. Juga, bawalah makanan ringan serta minuman segar jika diperlukan.

7. Batasi penggunaan ponsel dan putuskan koneksi internet.

Multitasking dapat secara tidak sengaja mengalihkan perhatian seseorang saat belajar. Karenanya, kegiatan ini tentu saja meminimalkan hal yang tidak perlu. Dalam hal ini, siswa harus memutuskan sambungan internet dari semua perangkat elektronik selama belajar sehingga mereka dapat lebih fokus.

Belum ada Komentar untuk "7 Tips Agar Fokus Belajar di Rumah Selama New Normal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel