Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kooptasi Adalah : Arti, Contoh, Maksud, Pengertian, Kerjasama Sosiologi


Disini kami akan membahas secara detail tentang definisi, ciri-ciri, bentuk, pengaruh, contoh dan hal lainnya terkait kooptasi. Simak informasi berikut ini dengan seksama, jangan sampai terlewatkan.

Definisi Kooptasi


Kooptasi merupakan bentuk kerjasama yang terlihat dari proses pelaksanaan, proses penerimaan unsur-unsur baru dalam kepemimpinan organisasi. Jika badan atau anggota belum terbentuk, maka tidak dilakukan kooptasi.

Pengertian Arti Kooptasi Menurut Para Ahli


Menurut pendapat para ahli, pengertian kooptasi adalah sebagai berikut;

1. Jayne Thompson (Thompson, 2019)

Menurut Jayne Thompson dalam artikel tersebut, ia membagikan penerapan kooptasi sebagai bentuk manipulasi di bidang sosial ekonomi dan penerapan kooptasi sebagai rangkaian proses politik selama pelaksanaan program yang direncanakan.

Read : Aerophone Adalah : Pengertian, Jenis Alat Musik, Keunikan, Keistimewaan dan Contohnya

2. Philip Selznick

Philip Selznick, seorang akademisi yang memberikan banyak arti sosiologi dalam beberapa literatur, berpendapat bahwa kooptasi adalah proses mekanisme penyesuaian yang bertujuan untuk stabilitas otoritas dalam menghadapi ancaman. Dalam hal ini, mekanisme yang dimaksud adalah kerjasama antara yang kuat dan yang lemah untuk mendapatkan keuntungan dari kerjasama tersebut. Alih-alih memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak, dalam proses kooptasi biasanya pihak yang kuat akan lebih diuntungkan daripada pihak yang lemah (Holdo, 2019).

Partai yang kuat dapat didefinisikan sebagai kelompok yang memiliki modal yang cukup, modal sosial, modal finansial, modal individu, otoritas dan yang terpenting kekuasaan. Di sisi lain, yang lemah adalah mereka yang kekurangan modal sosial, modal finansial, modal individu, otoritas dan kekuasaan. Dalam beberapa kasus sering ditemukan bahwa pihak yang lemah mungkin memiliki sumber daya manusia yang lebih banyak daripada pihak yang kuat meskipun mereka termasuk dalam kategori pihak yang lemah karena tidak memiliki tiga modal, kewenangan dan kekuasaan. Seperti halnya hubungan antara pemilik pabrik dengan buruh pabrik, pemerintah dengan masyarakat, pemilik pabrik dengan pemerintah adalah pihak yang kuat sedangkan masyarakat dan buruh adalah pihak yang lemah.

Kooptasi sering digunakan oleh pihak yang kuat sebagai strategi untuk mencapai tujuan yang menimbulkan penolakan atau tanggapan negatif dari pihak yang lemah. Ketika respon penolakan muncul di permukaan, pihak yang kuat akan menggunakan mekanisme kooptasi dengan mengambil salah satu sumber daya manusia dari pihak yang lemah yang memiliki potensi diri yang cukup.

Hal ini dilakukan agar SDM potensial yang terpilih dapat mengelola massa partai yang lemah agar tidak menimbulkan konflik yang lebih besar atau bahkan menjadi ancaman gagalnya tujuan partai yang kuat. Partai-partai kuat lebih suka menggunakan kooptasi daripada kekerasan dan represi yang bisa berujung pada perpecahan besar. Proses melakukan kooptasi biasanya dimulai karena adanya konflik dari pihak yang lemah, kemudian pihak yang kuat mendengarkan beberapa aspirasi dari pihak yang lemah dan memilih sumber daya manusia yang potensial untuk bersama-sama berunding dan berunding untuk menemukan titik-titik tumpang tindih dan pertemuan. titik masalah sehingga kedua belah pihak dapat saling menguntungkan.

Seringkali, sumber daya manusia potensial dari pihak yang lemah diberikan otoritas tinggi dan menjadi bagian dari pihak yang kuat untuk meyakinkan pihak yang lemah untuk mendukung dan tidak lagi menolak gagasan partai yang kuat. Meskipun pihak yang lemah merasa telah dipeluk, namun ia tidak mengetahui tentang kooptasi ini meskipun ia tidak memiliki kewenangan dan kekuasaan lain dengan kata tetap menjadi pihak yang lemah.

Karakteristik Ciri Khas Kooptasi


Berikut ini adalah ciri-ciri kooptasi antara lain:
  • Kegiatan kooptasi dimulai dengan proses pertemuan dan negosiasi.
  • Proses pertemuan dan negosiasi dapat dilakukan secara pribadi atau terbuka di depan orang banyak.
  • Kooptasi biasanya menghasilkan undang-undang atau peraturan baru yang menguntungkan semua pihak.
  • Proses kooptasi biasanya dilakukan untuk mendapatkan solusi dari permasalahan tersebut.


Berikut ini adalah bentuk-bentuk kerjasama sosiologi, antara lain:

1. Kerjasama menurut sifat

  • Kerja sama langsung, yaitu kerja sama yang dilakukan atas perintah penguasa atau atasan.
  • Kerjasama spontan adalah kerjasama yang terjadi tanpa perencanaan.
  • Kerjasama kontraktual, adalah kerjasama yang dilakukan atas dasar kesepakatan hitam putih.
  • Gotong royong tradisional adalah gotong royong yang dilakukan untuk menjaga nilai-nilai budaya.

2. Berdasarkan implementasinya

  • Gotong-royong adalah bentuk kerja sama untuk mencapai tujuan yang sama.
  • Bidding, yaitu kerjasama dalam bentuk pelaksanaan kesepakatan pertukaran barang atau jasa.
  • Kooptasi, adalah proses menerima unsur-unsur baru dalam kepemimpinan dalam upaya menghindari konflik yang dapat menghancurkan organisasi.
  • Koalisi, adalah kerjasama antara dua atau lebih organisasi dengan tujuan yang sama.
  • Joint-venture, adalah kerjasama yang dilakukan oleh dua atau lebih perusahaan pada proyek tertentu.

Dampak Kooptasi


Berikut ini adalah akibat dari kooptasi yang dilakukan oleh organisasi atau kelompok sosial, antara lain:

  • Ini bisa menjadi solusi terbaik untuk menjaga stabilitas kelompok dan bahkan mengurangi konflik di suatu negara.
  • Dengan kooptasi, yang kuat dan yang lemah bisa mendapatkan keuntungan tanpa kekerasan dan paksaan.
  • Membuat kesan yang baik. Artinya, hanya dalam pelaksanaannya kooptasi yang tidak disadari akan membuat perbedaan yang jelas antara yang kuat dan yang lemah. Seringkali yang kuat akan mendapatkan lebih banyak dan yang lemah akan mendapatkan lebih sedikit. Meskipun pihak yang lemah telah bekerjasama dengan pihak yang kuat, namun pihak yang kuat tetap memiliki kewenangan dan kekuasaan penuh. Pihak yang lemah hanya akan berpartisipasi dalam pelaksanaannya tanpa ikut serta dalam penciptaan ide untuk tujuan tertentu.

Contoh kooptasi


Berikut ini adalah beberapa contoh kooptasi, antara lain sebagai berikut:

1. Sistem zonasi siswa sekolah

Salah satu bentuk kooptasi di bidang pendidikan adalah penerapan sistem zonasi bagi siswa sekolah. Sistem zonasi merupakan sistem yang diatur dalam Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018. Dari sisi kebijakan, tujuan ideal sistem zonasi adalah agar anak-anak dapat bersekolah di dekat tempat tinggalnya tanpa melihat hasil Ujian Nasional sebagai mutlak persyaratan awal. Penerapan zonasi sekolah tentunya juga bertujuan untuk menghilangkan konsep sekolah favorit di sekolah umum yang sebenarnya didukung oleh negara. menerima calon siswa yang berdomisili dalam radius zona.terdekat dengan sekolah dengan kuota minimal 90% dari jumlah siswa yang diterima.

2. Transparansi Rekrutmen Pegawai Negeri Sipil

Kooptasi yang dilakukan pemerintah adalah dengan menciptakan transparansi rekrutmen PNS dengan masyarakat. Transparansi dilakukan sejak awal, yaitu melalui keterbukaan informasi formasi, pendaftar yang berpartisipasi dan proses penyampaian hasil tes kepada masyarakat.

3. Kesepakatan Antara Mahasiswa dan Perusahaan

Kooptasi yang berlaku bagi mahasiswa penerima dengan perusahaan biasanya merupakan pengabdian hasil karya mahasiswa tersebut kepada perusahaan setelah lulus kuliah. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia perusahaan dan membuka peluang inovasi terbarukan yang diharapkan ada setelah mahasiswa bekerja di perusahaan.

4. Perjanjian LSM dengan Perusahaan

Kegiatan perusahaan dalam proses produksi atau jasa memerlukan pengawasan pihak ketiga. LSM merupakan pihak ketiga yang diyakini mampu memajukan kesejahteraan masyarakat atas segala aktivitas perusahaan yang dapat menghasilkan limbah yang akan merugikan masyarakat. Untuk mencegah itu semua, LSM dengan perusahaan biasanya melakukan kooptasi yang harus dihindari dan disingkirkan dari perusahaan.

Baca juga : Cara Mengatasi Kesulitan Belajar, Diagnosis, Faktor Penyebab dan Pengertian  

5. Pemerintah Indonesia Mengizinkan Pelaksanaan Hukum Islam di Aceh

Penerapan syariat Islam di Nangroe Aceh Darussalam merupakan bentuk upaya pemersatuan pemerintah agar daerah tidak memisahkan diri dengan mendeklarasikan negara merdeka dalam negara.

Posting Komentar untuk "Kooptasi Adalah : Arti, Contoh, Maksud, Pengertian, Kerjasama Sosiologi"