Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aerophone Adalah : Pengertian, Jenis Alat Musik, Keunikan, Keistimewaan dan Contohnya


Begitu banyak jenis alat musik di dunia ini. Ada alat musik yang dipukul, digesek, dipetik, ditekan, dan sebagainya. Namun, ada juga alat musik yang jarang kita dengar. Ini disebut alat musik aerophone.

Meski namanya asing lagi di telinga, nyatanya alat musik ini bukanlah alat musik yang tidak dikenal. Kita mungkin belum pernah melihatnya di acara anak-anak, film, dan pertunjukan musik atau orkestra.

Berdasarkan sumber halaman britannica.com, aerophone adalah kelas alat musik yang menghasilkan bunyi awal dengan getaran suatu massa udara. Kata “aerophone” digunakan untuk istilah “alat musik tiup” dalam basis musik akustik.

Kini kamu pasti bisa membayangkan salah satu contoh alat musik aerophone yang pernah kamu lihat, seperti terompet dan suling.

Baca juga : 6 Peluang Bisnis Online yang Menjanjikan di Masa Depan

Pengertian Aerophone

  • Pengertian dari aerophone adalah penggolongan instrumen musik yang sumber suaranya dihasilkan dari getaran udara yang berasal dari body instrumen.
  • Pengertian dari idiophone adalah penggolongan nstrumen musik yang bunyinya dihasilkan dari alat itu sendiri.
  • Pengertian dari chordophone adalah penggolongan instrumen musik yang sumber suaranya dihasilkan dari getaran dawai (string).
  • Pengertian dari membranophone adalah penggolongan pengginstrumen musik yang suaranya dihasilkan dari getaran membran yang ditegangkan.
  • Pengertian dari lektrophone adalah penggolongan instrumen musik yang suaranya dihasilkan dari bantuan elektrik.
Menurut kamus Merry-Webster, aerophone adalah salah satu jenis alat musik di mana suara dihasilkan oleh udara sebagai media getar utama

Penggolongan alat musik berdasar pada sumber bunyi adalah

  • Aerophone. Contoh: flute, trumpet,  saxophone.
  • Chordophone. Contoh: gitar, biola, cello.
  • Idhiophone. Contoh: gong, marimba, maracas.
  • Membranophone. Contoh: gendang, drum, tifa.
  • Elektrophone. Contoh: organ, gitar elektrik, bas elektrik.

Pengertian Alat Musik Aerophone


Alat musik aerophone adalah jenis alat musik yang sumber bunyinya berasal dari angin yang digetarkan, karena ditiup atau dipompa. Contoh alat musik jenis ini antara lain suling, melodeon, suling, recorder, klarinet, tuba, saksofon, dan terompet.

Klakson adalah jenis alat musik yang dapat digunakan dengan cara ditiup. Sedangkan akordeon adalah jenis alat musik yang dapat digunakan dengan cara dipompa.

Cara Memainkan Aerophone


Aerophone adalah alat musik sumber bunyinya dari udara yang masuk melalui pipa melalui alat musik itu sendiri. Contoh: seruling, terompet, saxophone, recorder, flute, clarinet. Cara memainkannya dengan ditiup.

Pertanyaannya adalah bagaimana dan dari mana suara indah ini berasal? Suara yang menakjubkan dalam musik aerophone terjadi karena adanya getaran yang terjadi pada alat musik tersebut yang pada akhirnya menghasilkan suara yang merdu dan bervariasi.

Pada dasarnya cara meniup alat ini adalah dengan memberikan tekanan udara di dalam alat dengan menggunakan nafas. Kemudian variasi suara yang dihasilkan oleh alat musik tersebut akan keluar dari alat musik tersebut sesuai dengan nada yang telah disesuaikan dengan desain lubang pada alat musik tersebut, sehingga suara yang dihasilkan pun berbeda.


Keistimewaan dan Keunikan Musik Aerophone


Musisi biasanya menggunakan alat musik jenis aerophone, sebagai pelengkap atau untuk memperindah suara alat musik lainnya. Sebenarnya aerophone bukanlah alat musik utama, namun kehadirannya dapat membuat lagu menjadi lebih serasi sehingga lebih enak untuk didengarkan.

Hal itulah yang membuat alat musik aerophone unik dan berbeda dengan alat musik lainnya. Genre musik yang sering melibatkan alat musik ini adalah pop, klasik dan jazz jazz dengan ritme dan musik tradisional yang unik. Uraian tentang alat musik aerophone dan keunikan dari campuran musiknya.

Contoh Alat Musik Aerophone


1. Seruling

Flute atau seruling dalam bahasa Indonesianya adalah alat musik aerophone atau reedless yang menghasilkan suara dari aliran udara yang ditiupkan pada ujung alat musik dan kemudian melintasi bukaan atau lubang. Flute atau disebut juga transverse flute dimainkan secara menyamping.

2. Terompet

Terompet adalah alat musik tiup kuningan yang dibunyikan dengan getaran bibir terhadap corong cangkir pada instrumen. Terompet memiliki 3 tombol di badannya untuk nada yang berbeda. Bentuk terompet tidak sesederhana terompet kertas yang kita ketahui. Terompet memiliki bentuk yang sedikit rumit.

3. Saksofon

Saksofon adalah alat musik tiup dengan reed tunggal yang memiliki tabung logam melengkung. Alat musik ini dimainkan dengan cara meniupkan udara ke corong dan menekan tuts dengan jari. Alat musik ini memiliki badan berbentuk kerucut dari kuningan yang sedikit melebar ke arah ujungnya yang lebih besar dan melengkung ke atas. Ada 20 hingga 23 lubang nada di sepanjang badannya yang masing-masing ditutup dengan bantalan.

Posting Komentar untuk "Aerophone Adalah : Pengertian, Jenis Alat Musik, Keunikan, Keistimewaan dan Contohnya"