Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Komposisi Tubuh Sehat Adalah : Pengertian, Ukuran dan Cara Membuat Komposisi


Bagaimana Komposisi Tubuh yang Sehat?


Komposisi tubuh digunakan untuk menggambarkan persentase lemak, tulang, cairan dan otot dalam tubuh manusia. Dua orang dengan jenis kelamin dan berat yang sama bisa terlihat sangat berbeda karena memiliki komposisi tubuh yang berbeda.

Komposisi dan pertumbuhan tubuh merupakan komponen kesehatan yang penting bagi setiap orang. Epidemi obesitas yang terus-menerus pada anak-anak dan orang dewasa telah menekankan pentingnya mengetahui kadar lemak tubuh untuk kesehatan jangka pendek dan jangka panjang. Namun, komponen lain dari komposisi tubuh juga mempengaruhi hasil kesehatan dan pengukuran menjadi semakin mahal dalam praktik klinis.

Komposisi tubuh yang sehat mengandung persentase lemak yang lebih rendah dan persentase massa non-lemak yang lebih tinggi seperti otot, tulang, organ, dan jaringan. Komposisi tubuh yang tidak seimbang meningkatkan risiko penyakit

Baca juga : Kode Etik Keperawatan Adalah : Pengertian Menurut PPNI, Ana, ICN dan Penjelasannya

Hanya karena Anda dan orang lain memiliki berat badan yang sama tidak berarti Anda memiliki kualitas kesehatan dan kebugaran yang sama. Ini karena Anda mungkin memiliki komposisi tubuh yang berbeda dengan orang tersebut. Untuk mencapai tubuh yang sehat, program kebugaran tidak hanya berfokus pada berat badan, tetapi juga komponen tubuh.

Komposisi tubuh adalah perbandingan massa lemak dengan non-lemak seperti otot, tulang atau organ dan jaringan lain dalam tubuh. Komposisi tubuh yang sehat mengandung persentase lemak tubuh yang lebih rendah dan persentase massa tubuh yang lebih tinggi.

Dengan mengetahui komposisi tubuh Anda, Anda dapat memperkirakan tingkat kesehatan dan kebugaran Anda.

Ketika orang ingin memulai program penurunan berat badan atau meningkatkan kebugaran mereka, mereka akan mengukur komposisi tubuh mereka sebelum memulai program dan membuat perhitungan realistis untuk memantau kemajuan program.

Ukuran Komposisi Tubuh Sehat


Berikut dari Web MD yang dikutip dari American Journal of Clinical Nutrition, menyatakan bahwa penyajian lemak tubuh yang sehat berdasarkan usia:
  • Usia 20 - 39 tahun: wanita 21% - 32% dan pria 8% hingga 19%.
  • Usia 40 - 59 tahun: wanita 23% - 33% dan pria 11% - 21%.
  • Usia 60 - 79 tahun: wanita 24% - 35% dan pria 13% - 24%.
Persentase lemak tubuh juga dapat dikaitkan dengan faktor-faktor yang mempengaruhi komposisi tubuh, seperti jenis kelamin dan usia. Wanita umumnya memiliki persentase lemak tubuh yang lebih tinggi daripada pria dan persentase itu secara alami meningkat seiring bertambahnya usia.


Bagaimana cara mengukur komposisi tubuh yang sehat?


Ada beberapa cara untuk mengukur komposisi tubuh. Beberapa metode relatif sederhana tetapi lebih rumit dan hanya dapat dilakukan oleh dokter dan profesional kesehatan lainnya.

1. Impedansi bioelektrik

Metode bioelectrical impedance adalah suatu cara untuk mengukur komposisi tubuh dengan menggunakan timbangan lemak tubuh bioelectrical impedance analysis (BIA) yang digunakan sebagai timbangan biasa.

Perangkat tersebut menghantarkan arus listrik kecil di dalam tubuh dan memonitor resistensi terhadap arus yang dialami. Ini memberikan informasi yang digunakan untuk memprediksi komposisi tubuh.

Baca juga : Niat Puasa Daud, Lafadz Arab, Arti, Latin dan Tata Cara Pelaksanaannya

2. Ukur lipatan kulit di sekitar caliper

Salah satu cara untuk mengukur komposisi tubuh yang sering digunakan oleh pelatih kebugaran adalah dengan mengukur lipatan kulit. Sebuah caliper digunakan untuk mengukur bagian tubuh yang berbeda dan kemudian perhitungan untuk menentukan persentase lemak tubuh.

3. Pemindaian DEXA

Pemindaian DEXA atau pemindaian penyerapan sinar-X energi ganda dapat digunakan untuk mengukur komposisi tubuh yang dilakukan dalam pengaturan medis, seperti mengukur tulang, otot, dan lemak tubuh. Cara ini juga bisa digunakan untuk mengecek kondisi seseorang.

4. Timbangan hidrostatik

Timbangan hidrostatik adalah cara untuk mengukur komposisi tubuh secara lengkap di udara. Di dalam air, jaringan tanpa lemak akan tenggelam dan lemak akan mengapung. Berat badan Anda yang ada di udara membantu menentukan jumlah massa lemak yang Anda miliki.

Ini adalah cara paling akurat untuk mengukur komposisi tubuh. Tetapi peralatan khusus ini cukup sulit dipakai, Anda bisa pergi ke klinik atau pusat kebugaran yang menawarkan layanan ini.

Bagaimana cara membuat komposisi tubuh yang sehat?


  • Perhatikan pola makan Anda. Dengan mengontrol asupan kalori Anda, menambahkan serat dan protein adalah cara yang bagus untuk menciptakan komposisi tubuh yang sehat.
  • Olahraga. Semua olahraga dapat membantu Anda menghilangkan lemak, tetapi latihan kekuatan adalah cara terbaik untuk meningkatkan massa otot.
  • Pastikan kualitas tidur. Orang dengan kualitas tidur yang lebih rendah memiliki komposisi yang lebih buruk daripada orang dengan kualitas tidur yang lebih baik.
  • Jangan minum alkohol. Alkohol tinggi kalori sehingga dapat berkontribusi pada asupan kalori yang berlebihan dan penambahan lemak. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa individu yang mengonsumsi alkohol lebih cenderung menjadi gemuk.

Posting Komentar untuk "Komposisi Tubuh Sehat Adalah : Pengertian, Ukuran dan Cara Membuat Komposisi"