Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Prinsip Etik Keperawatan : Pengertian, Komponen dan Perbedaan dengan Etika



Peningkatan pengetahuan dan teknologi yang sedemikian cepat dalam segala bidang serta meningkatnya pengetahuan masyarakat berpengaruh pula terhadap meningkatnya tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan kesehatan termasuk pelayanan keperawatan. Hal ini merupakan tantangan bagi profesi keperawatan dalam mengembangkan profesionalisme selama memberi pelayanan yang berkualitas. Kualitas pelayanan yang tinggi memerlukan landasan komitmen yang kuat dengan basis pada etika dan moral yang tinggi.

Sikap etis profesional yang kokoh dari setiap perawat akan tercermin dalam setiap langkahnya, termasuk penampilan diri serta keputusan yang diambil dalam merespon situasi yang muncul. Oleh karena itu pemahaman yang mendalam tentang etika dan moral serta penerapannya menjadi bagian yang sangat penting dan mendasar dalam memberikan asuhan keperawatan dimana nilai-nilai pasien selalu menjadi pertimbangan dan dihormati.

Baca juga : Ambulasi Adalah : Definisi, Tujuan, Konsep, Tindakan, Alat dan Faktor Pengaruh

Pengertian Etika, Etik, Etiket dan Moral Keperawatan

  1. Etika adalah peraturan atau norma yang dapat digunakan sebagai acuan bagi prilaku seseorang yang berkaitan dengan tindakan yang baik maupun burukserta merupakan suatu tanggung jawab moral. 
  2. Etik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang apa yang baik dan buruksecara moral atau ilmu kesusilan yang menyangkut aturan atau prinsip penentuan tingkah laku yang baik dan buruk, kewajiban dan tanggung jawab.
  3. Etiket adalah sesuatu yang telah dikenal,diketahui,diulangi serta menjadi suatukebiasaan didalam masyarakat,baik berupa kata-kata/suatu bentuk perbuatanyang nyata.
  4. Moral adalah perilaku yang diharapkan masyarakat atau merupakan standar prilaku yang harus diperhatikan seseorang menjadi anggota kelompok ataumasyarakat dimana ia berada atau nilai yang menjadi pegangan bagi seseorang suatu kelompok dalam mengatur tingkah lakunya. Dengan demikian moral merupakan bagian dari etik, dan etika merupakan ilmu tentang moralsedangkan moral satu kesatuan nilai yang dipakai manusia sebagai dasar prilakunnya. Maka etika keperawatan (nursing ethics) merupakan bentukekspresi bagaimana perawat seharusnya mengatur diri sendiri, dan etikakeperawatan diatur dalam kode etik keperawatan.

Prinsip-Prinsip Etik Keperawatan dan Penjabarannya


1. Otonomi (Autonomy)

Autonomy berarti mengatur dirinya sendiri, prinsip moral ini sebagai dasar perawat dalam memberikan asuhan keperawatan dengan cara menghargai pasien, bahwa pasien adalah seorang yang mampu menentukan sesuatu bagi dirinya. Perawat harus melibatkan pasien dalam membuat keputusan tentang asuhan keperawatan yang diberikan pada pasien.

Prinsip otonomi didasarkan pada keyakinan bahwa individu mampu berpikir logis dan mampu membuat keputusan sendiri. Orang dewasa dianggap kompeten dan memiliki kekuatan membuat sendiri, memilih dan memiliki berbagai keputusan atau pilihan yang harus dihargai oleh orang lain. Prinsip otonomi merupakan bentuk respek terhadap seseorang, atau dipandang sebagai persetujuan tidak memaksa dan bertindak secara rasional. Otonomi merupakan hak kemandirian dan kebebasan individu yang menuntut pembedaan diri. Praktek profesional merefleksikan otonomi saat perawat menghargai hak-hak klien dalam membuat keputusan tentang perawatan dirinya.

Aplikasi prinsip moral otonomi dalam asuhan keperawatan ini contohnya adalah seorang perawat apabila akan menyuntik harus memberitahu untuk apa obat tersebut, prinsip otonomi ini dilanggar ketika seorang perawat tidak menjelaskan suatu tindakan keperawatan yang akan dilakukannya, tidak menawarkan pilihan misalnya memungkinkan suntikan atau injeksi bisa dilakukan di pantat kanan atau kiri dan sebagainya. Perawat dalam hal ini telah bertindak sewenang-wenang pada orang yang lemah.

2. Berbuat Baik (Beneficience)

Prinsip beneficience ini oleh Chiun dan Jacobs (1997) didefinisikan dengan kata lain doing good yaitu melakukan yang terbaik . Beneficience adalah melakukan yang terbaik dan tidak merugikan orang lain , tidak membahayakan pasien . Apabila membahayakan, tetapi menurut pasien hal itu yang terbaik maka perawat harus menghargai keputusan pasien tersebut, sehingga keputusan yang diambil perawatpun yang terbaik bagi pasien dan keluarga. Beneficience berarti, hanya melakukan sesuatu yang baik. Kebaikan, memerlukan pencegahan dari kesalahan atau kejahatan, penghapusan kesalahan atau kejahatan dan peningkatan kebaikan oleh diri dan orang lain. Terkadang, dalam situasi pelayanan kesehatan, terjadi konflik antara prinsip ini dengan otonomi.

Beberapa contoh prinsip tersebut dalam aplikasi praktik keperawatan adalah, seorang pasien mengalami perdarahan setelah melahirkan, menurut program terapi pasien tersebut harus diberikan tranfusi darah, tetapi pasien mempunyai kepercayaan bahwa pemberian tranfusi bertentangan dengan keyakinanya, dengan demikian perawat mengambil tindakan yang terbaik dalam rangka penerapan prinsip moral ini yaitu tidak memberikan tranfusi setelah pasien memberikan pernyataan tertulis tentang penolakanya. Perawat tidak memberikan tranfusi, padahal hal tersebut membahayakan pasien, dalam hal ini perawat berusaha berbuat yang terbaik dan menghargai pasien.

3. Keadilan (Justice)

Setiap individu harus mendapatkan tindakan yang sama, merupakan prinsip dari justice (Perry and Potter, 1998 ; 326). Justice adalah keadilan, prinsip justice ini adalah dasar dari tindakan keperawatan bagi seorang perawat untuk berlaku adil pada setiap pasien, artinya setiap pasien berhak mendapatkan tindakan yang sama. Prinsip keadilan dibutuhkan untuk terpai yang sama dan adil terhadap orang lain yang menjunjung prinsip-prinsip moral, legal dan kemanusiaan. Nilai ini direfleksikan dalam prkatek profesional ketika perawat bekerja untuk terapi yang benar sesuai hukum, standar praktek dan keyakinan yang benar untuk memperoleh kualitas pelayanan kesehatan.

Tindakan yang sama tidak selalu identik, maksudnya setiap pasien diberikan konstribusi yang relatif sama untuk kebaikan kehidupannya. Prinsip Justice dilihat dari alokasi sumber-sumber yang tersedia, tidak berarti harus sama dalam jumlah dan jenis, tetapi dapat diartikan bahwa setiap individu mempunyai kesempatan yang sama dalam mendapatkannya sesuai dengan kebutuhan pasien. (Sitorus, 2000).

Sebagai contoh dari penerapan tindakan justice ini adalah dalam keperawatan di ruang penyakit bedah, sebelum operasi pasien harus mendapatkan penjelasan tentang persiapan pembedahan baik pasien di ruang VIP maupun kelas III, apabila perawat hanya memberikan kesempatan salah satunya maka melanggar prinsip justice ini.



4. Tidak Merugikan (Nonmaleficience) atau avoid killing

Prinsip avoiding killing menekankan perawat untuk menghargai kehidupan manusia (pasien), tidak membunuh atau mengakhiri kehidupan. Thomhson ( 2000 : 113) menjelasakan tentang masalah avoiding killing sama dengan Euthanasia yang kata lainya tindak menentukan hidup atau mati yaitu istilah yang digunakan pada dua kondisi yaitu hidup dengan baik atau meninggal.

Prinsip ini berarti tidak menimbulkan bahaya/cedera fisik dan psikologis pada klien. kewajiban perawat untuk tidak dengan sengaja menimbulkan kerugian atau cidera. Prinsip : Jangan membunuh, menghilangkan nyawa orang lain, jangan menyebabkab nyeri atau penderitaan pada orang lain, jangan membuat orang lain berdaya dan melukai perasaaan orang lain.

Ketika menghadapi pasien dengan kondisi gawat maka seorang perawat harus mempertahankan kehidupan pasien dengan berbagai cara. Tetapi menurut Chiun dan Jacobs (1997 : 40) perawat harus menerapkan etika atau prinsip moral terhadap pasien pada kondisi tertentu misalnya pada pasien koma yang lama yaitu prinsip avoiding killing, Pasien dan keluarga mempunyai hak-hak menentukan hidup atau mati. Sehingga perawat dalam mengambil keputusan masalah etik ini harus melihat prinsip moral yang lain yaitu beneficience, nonmaleficience dan otonomy yaitu melakukan yang terbaik, tidak membahayakan dan menghargai pilihan pasien serta keluarga untuk hidup atau mati. Mati disini bukan berarti membunuh pasien tetapi menghentikan perawatan dan pengobatan dengan melihat kondisi pasien dengan pertimbangan beberapa prinsip moral diatas.

5. Kejujuran (Veracity)

Veracity menurut Chiun dan Jacobs (1997) sama dengan truth telling yaitu berkata benar atau mengatakan yang sebenarnya. Veracity merupakan suatu kuajiban untuk mengatakan yang sebenarnya atau untuk tidak membohongi orang lain atau pasien (Sitorus, 2000).

Prinsip veracity berarti penuh dengan kebenaran. Nilai ini diperlukan oleh pemberi pelayanan kesehatan untuk menyampaikan kebenaran pada setiap klien dan untuk meyakinkan bahwa klien sangat mengerti. Prinsip veracity berhubungan dengan kemampuan seseorang untuk mengatakan kebenaran. Informasi harus ada agar menjadi akurat, komprensensif, dan objektif untuk memfasilitasi pemahaman dan penerimaan materi yang ada, dan mengatakan yang sebenarnya kepada klien tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan keadaan dirinya selama menjalani perawatan. Walaupun demikian, terdapat beberapa argument mengatakan adanya batasan untuk kejujuran seperti jika kebenaran akan kesalahan prognosis klien untuk pemulihan atau adanya hubungan paternalistik bahwa ”doctors knows best” sebab individu memiliki otonomi, mereka memiliki hak untuk mendapatkan informasi penuh tentang kondisinya. Kebenaran merupakan dasar dalam membangun hubungan saling percaya.

Perawat dalam bekerja selalu berkomunikasi dengan pasien, kadang pasien menanyakan berbagai hal tentang penyakitnya, tentang hasil pemeriksaan laboratorium, hasil pemeriksaan fisik seperti, “berapa tekanan darah saya suster?”, bagaimana hasil laboratorium saya suster?’ dan sebagainya. Hal-hal seperti itu harusnya dijawab perawat dengan bener sebab berkata benar atau jujur adalah pangkal tolak dari terbinanya hubungan saling percaya antar individu dimanapun berada.

Namun demikian untuk menjawab pertanyaan secara jujur diatas perlu juga dipikirkan apakah jawaban perawat membahayakan pasien atau tidak, apabila memungkinkan maka harus dijawab dengan jawaban yang jelas dan benar, misalnya pasien menanyakan hasil pemeriksaan tekanan darah maka harus dijawab misalnya, 120/80 mmHg, hasil laboratorium Hb 13 Mg% dan sebagainya.

Prinsip ini dilanggar ketika kondisi pasien memungkinkan untuk menerima jawaban yang sebenarnya tetapi perawat menjawab tidak benar misalnya dengan jawaban ; hasil ukur tekanan darahnya baik, laboratoriumnya baik, kondisi bapak atau ibu baik-baik saja, padahal nilai hasil ukur tersebut baik buruknya relatif bagi pasien.

6. Menepati Janji (Fidelity)

Sebuah profesi mempunyai sumpah dan janji, saat seorang menjadi perawat berarti siap memikul sumpah dan janji. Hudak dan Gallo (1997 : 108), menjelaskan bahwa membuat suatu janji atau sumpah merupakan prinsip dari fidelity atau kesetiaan. Dengan demikian fidelity bisa diartikan dengan setia pada sumpah dan janji. Chiun dan Jacobs (1997 : 40) menuliskan tentang fidelity sama dengan keeping promises, yaitu perawat selama bekerja mempunyai niat yang baik untuk memegang sumpah dan setia pada janji.

Prinsip fidelity dibutuhkan individu untuk menghargai janji dan komitmennya terhadap orang lain. Perawat setia pada komitmennya dan menepati janji serta menyimpan rahasia klien. Ketaatan, kesetiaan, adalah kewajiban seseorang untuk mempertahankan komitmen yang dibuatnya. Kesetiaan, menggambarkan kepatuhan perawat terhadap kode etik yang menyatakan bahwa tanggung jawab dasar dari perawat adalah untuk meningkatkan kesehatan, mencegah penyakit, memulihkan kesehatan dan meminimalkan penderitaan.

Prinsip fidelity menjelaskan kewajiban perawat untuk tetap setia pada komitmennya, yaitu kewajiban memperatankan hubungan saling percaya antara perawat dan pasien yang meliputi menepati janji dan menyimpan rahasia serta caring (Sitorus, 2000 : 3). Prinsip fidelity ini dilanggar ketika seorang perawat tidak bisa menyimpan rahasia pasien kecuali dibutuhkan, misalnya sebagai bukti di pengadilan, dibutuhkan untuk menegakan kebenaran seperti penyidikan dan sebagainya.

Penerapan prinsip fidelity dalam praktik keperawatan misalnya, seorang perawat tidak menceritakan penyakit pasien pada orang yang tidak berkepentingan, atau media lain baik diagnosa medisnya (Carsinoma, Diabetes Militus) maupun diagnosa keperawatanya (Gangguan pertukaran gas, Defisit nutrisi). Selain contoh tersebut yang merupakan rahasia pasien adalah pemeriksaan hasil laboratorium, kondisi ketika mau meninggal dan sebagainya.

7. Karahasiaan (Confidentiality)

Aturan dalam prinsip kerahasiaan adalah informasi tentang klien harus dijaga privasi klien. Segala sesuatu yang terdapat dalam dokumen catatan kesehatan klien hanya boleh dibaca dalam rangka pengobatan klien. Tidak ada seorangpun dapat memperoleh informasi tersebut kecuali jika diijinkan oleh klien dengan bukti persetujuan. Diskusi tentang klien diluar area pelayanan, menyampaikan pada teman atau keluarga tentang klien dengan tenaga kesehatan lain harus dihindari.

8. Akuntabilitas (Accountability)

Akuntabilitas merupakan standar yang pasti bahwa tindakan seorang profesional dapat dinilai dalam situasi yang tidak jelas atau tanpa terkecuali.



Prinsi-prinsip Etik Keperawatan Secara Singkat Menurut Para Ahli


Komponen prinsip etik:

  1. Tanggung jawab professional
  2. Hak pasien
(Spearman & Sheldon)

Cakupan Prinsip Etik Keperawatan


1. Otonomi (Autonomy)

Kemampuan untuk menentukan sendiri atau mengatur diri sendiri

Sikap:
  • Mandiri
  • Disiplin
  • Terbuka
Contoh perilaku:
  • Menghargai hak pasien dalam membuat keputusan tentang perawatannya
  • Datang tepat waktu
  • Tidak mengobrol saat operan, disiplin untuk mendengarkan
  • Menerima masukan, kritikan, saran, baik dari pasien maupun perawat dan tenaga kesehatan lain

2. Berbuat baik (Beneficence)

Melakukan yang baik dan tidak merugikan orang lain

Contoh perilaku:
  • Memberi nasihat tentang program latihan pada pasien, tetapi perawat juga menasihati pasien yang berisiko serangan jantung untuk tidak mengikuti latihan
  • Menghargai klien yang tidak mau ditransfusi karena keyakinan dalam agamanya

3. Tidak merugikan (Non Maleficence)

Kewajiban perawat untuk tidak menimbulkan kerugian atau cedera

Contoh perilaku:
  • Tidak menimbulkan cedera / bahaya fisik dan psikologis pada klien
  • Menganjurkan pasien yang perdarahan untuk ditransfusi

4. Peduli (Altruism)

Peduli bagi kesejahteraan orang lain

Sikap:
  • Caring
  • Ramah
  • Komitmen
  • Tekun
Contoh perilaku:
  • Memperkenalkan diri, senyum, memanggil nama klien dengan nama kesukaan
  • Merawat dengan sabar
  • Tidak menunda kebutuhan pasien yang harus dipenuhi
  • Tanggap terhadap kebutuhan pasien

5. Keadilan (Justice)

Praktik professional keperawatan yang sesuai dengan hukum, standar praktik, dan keyakinan yang benar

Sikap:
  • Objektif
  • Integritas diri
  • Bersemangat
Contoh perilaku:
  • Tidak membeda bedakan pasien
  • Memperlihatkan wajah berseri walaupun sudah habis jam dinas
  • Menjaga agar semua perilaku sesuai aturan, SPO (integritas diri)

6. Kebenaran (Truth)

Kesesuaian dengan fakta, peraturan, dan realitas

Sikap:
  • Bertanggung jawab
  • Rasional
  • Rasa ingin tahu
  • Jujur
Contoh perilaku:
  • Tindakan dilakukan berdasarkan SPO/ teori yang didapatkan
  • Mengetahui setiap rasional tindakan
  • Menerapkan prinsip 7 benar pada pemberian obat
  • Mencari penjelasan dari CI / perawat lain bila menemukan hal hal yang tidak diketahui
  • Melaporkan dengan segera kepada CI atau pembimbing bila membuat kesalahan

7. Menghargai Martabat Manusia (Human Dignity)

Menghargai martabat manusia dan keunikan individu

Sikap:
  • Empati
  • Menghargai
  • Dapat dipercaya
Contoh perilaku:
  • Memberi kesempatan pada pasien untuk menceritakan apa yang dikeluhkan
  • Menepati janji kepada pasien
  • Secara hati-hati melakukan perawatan jenazah
  • Menjaga privasi klien

8. Kerahasiaan (Confidentially)

Contoh perilaku:
  • Kerahasiaan dokumentasi, hanya boleh dibaca untuk pengobatan klien
  • Infomasi hanya dengan izin klien

9. Menepati janji (Fidelity)

Kewajiban untuk setia dan bertanggung jawab terhadap kesepakatan

Contoh perilaku:
  • Menepati janji dan komitmen terhadap pasien
  • Menghargai komitmennya terhadap orang lain

10. Kejujuran (Veracity)

Kewajiban untuk mengatakan kebenaran

Contoh perilaku:
  • Memberikan pelayanan kepewaratan yang penuh kebenaran
  • Informasi yang disampaikan akurat, komprehensif, objektif untuk memfasilitasi pemahaman dan penerimaan materi yang ada

11. Akuntabilitas (Accountability)

Standar yang pasti bahwa tindakan seorang professional dapat dinilai (profesionalnya dapat diukur)

Contoh perilaku:
  • Melakukan asuhan dan tindakan keperawatan sesuai standar
  • Perawat bertanggung jawab pada diri sendiri, profesi, klienm teman sejawat, masyarakat
  • Jika perawat salah melakukan prosedur, perawat harus menerima konsekuensi digugat oleh pasien

Posting Komentar untuk "11 Prinsip Etik Keperawatan : Pengertian, Komponen dan Perbedaan dengan Etika"