Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Indeks Buku Nonfiksi : Definisi, Bagian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya



Mungkin Anda pernah mendengar kata Indeks Buku? Berikut kami uraikan pengertian, fungsi, bagian, jenis dan contoh sebuah indeks dari buku nonfiksi. Silahkan baca penjelasan berikut ini dengan seksama, jangan terlewatkan.

Definisi Indeks Buku


Saat menerbitkan buku, biasanya harus diatur dengan rapi dan teratur. Salah satu bagian terpenting dalam sebuah buku adalah indeks buku, karena terkadang ada istilah dalam sebuah buku yang diurutkan berdasarkan abjad, ketika mencari istilah akan mudah ditemukan dengan melihat indeks buku, seperti sebuah indeks dari buku nonfiksi.

Indeks buku biasanya diletakkan di halaman terakhir sebuah buku, yang berguna untuk mempercepat pencarian istilah dalam buku sehingga tidak memakan banyak waktu untuk mencari sebuah istilah. Kali ini kita akan membahas pengertian indeks buku, bagian-bagian dari indeks buku, fungsi indeks buku, macam-macam indeks buku dan contoh indeks buku.

Baca juga : Macam-macam Iklan Berdasarkan Ruang

Indeks buku adalah kata atau istilah penting yang disusun menurut abjad dan memberikan informasi tentang halaman tempat kata atau istilah itu ditemukan. Indeks sangat berguna untuk mempermudah mencari informasi di dalam buku, karena dengan cepat menemukan informasi yang kita cari. Pada umumnya indeks buku diletakkan pada halaman terakhir buku, sehingga pencarian istilah tidak memakan banyak waktu.

Bagian Indeks Buku



Indeks buku umumnya terdiri dari beberapa bagian antara lain indeks nama, indeks subjek, rincian indeks subjek dan juga nomor halaman tempat nama atau rincian subjek berada. Ini semua adalah bagian yang membentuk indeks buku. perhatikan penjelasan berikut:

  • Indeks nama (penulis), adalah susunan atau kumpulan nama orang dalam suatu indeks.
  • Indeks topik (subjek/istilah), adalah kumpulan topik atau istilah yang disusun menurut abjad yang istilahnya ada di dalam buku atau terkait dengan isi buku. Dalam buku teks kimia, indeks mata pelajaran biasanya berisi istilah-istilah yang berhubungan dengan kimia.
  • Rincian indeks topik, adalah istilah atau topik yang berhubungan dengan subjek dalam sebuah indeks topik.
  • Nomor halaman, adalah bagian dari indeks buku untuk membaca nomor halaman tempat munculnya istilah.

Fungsi indeks buku


Berikut ini adalah beberapa fitur dari Indeks Buku, antara lain sebagai berikut:

  • Memudahkan pembaca untuk memahami suatu kata yang belum dipahami.
  • Mempercepat pembaca ketika ingin mencari topik pembicaraan.

Jenis indeks buku


Indeks dibagi menjadi 2, yaitu indeks subjek dan indeks pengarang/penulis. Baca uraian di bawah ini untuk mengetahui perbedaan dan pemahaman jenis indeks dalam buku ini.

  1. Indeks Subjek, berisi daftar istilah dalam buku.
  2. Indeks Penulis berisi daftar nama penulis atau tokoh yang pendapat atau teorinya dikutip dalam buku yang bersangkutan.

Aturan penulisan indeks pengarang:

  • Jika nama penulis hanya terdiri dari satu kata, maka nama penulis ditulis apa adanya. Nama depan ditulis dengan huruf kapital.
  • Jika nama pengarang terdiri dari dua kata, nama kedua diletakkan sebelum nama depan; ada koma antara nama kedua dan nama depan.
  • Jika nama pengarang terdiri lebih dari dua kata, nama belakang diletakkan sebelum nama depan dan nama tengah; setelah nama belakang diberi koma.
  • Nama kedua dan ketiga secara tertulis dapat disingkat atau keduanya.
  • Nama gelar tidak boleh disertakan.

Contoh indeks buku

  • Anaphora, 44, 417, 430
  • Analogi, 31, 228
  • anteseden, 417
  • bahasa nasional, 15, 23
  • bahasa nusantara kuno, 3
  • bahasa resmi, 22

Penjelasan:

Anaphora, adalah topik
44, 417, 430 adalah halaman

Contoh Nama Indeks/Penulis


Membaca indeks subjek akan memberi Anda topik yang dibahas dalam sebuah buku, kemudian indeks nama atau penulis akan memberi Anda informasi tentang nama-nama yang terkait dengan isi buku yang Anda baca.

Harry S. Truman 4: 94
Harsaja, RAS 8: 101
Harsansyi, John C. 11: 35
Harrison, George 2: 41
Harrison, John 11: 20
Harry Aveling 1: 112

Baca juga : Display Adalah

Penjelasan:

Harrison, George adalah Indeks nama
2: merupakan jilid ensiklopedia
41 merupakan nomor halaman ensiklopedia

Posting Komentar untuk "Indeks Buku Nonfiksi : Definisi, Bagian, Fungsi, Jenis, dan Contohnya"