Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Macam-macam Iklan Berdasarkan Ruang, Sifat, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Contohnya



Kali ini kita akan membahas tentang Teks Iklan? Mungkin Anda pernah mendengar kata Teks Iklan? Disini kita akan membahas secara detail tentang jenis, definisi, fungsi, struktur, aturan dan contohnya. Baca informasi di bawah ini dengan seksama, jangan sampai ketinggalan.

Definisi Teks Iklan


Iklan teks merupakan salah satu media promosi yang efektif untuk memasarkan berbagai produk kepada konsumen karena jangkauannya yang luas. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan suatu produk, barang dan jasa kepada masyarakat, agar dapat menarik minat masyarakat untuk memahami, membeli, dan menggunakan produk yang diiklankan. Persaingan dalam hal periklanan menjadi semakin nyata sejak munculnya internet dan sosial media. Meski demikian, media cetak tetap memiliki pangsa pasar tersendiri dan tetap menjadi incaran produsen dalam iklan produk.

Baca juga : Contoh Kalimat Pemberitahuan  

Fungsi Teks Iklan


Secara sederhana, makna teks iklan adalah pesan untuk menyampaikan suatu produk kepada publik melalui media. Namun, untuk membedakannya dengan iklan biasa, iklan tersebut lebih ditujukan untuk membujuk orang agar membeli. Iklan memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai berikut.

Fungsi Periklanan


Fungsi dari iklan adalah:

  • Untuk informasi (mengirim info produk baru, fitur, dll).
  • Sebagai persuasi (mengarahkan konsumen untuk membeli).
  • Sebagai reminder (iklan mengingatkan konsumen tentang suatu produk tertentu untuk selalu menggunakan produk tersebut).

Jenis Teks Iklan


Berikut ini adalah beberapa jenis teks iklan, antara lain:

1. Berdasarkan Sifat

Berikut ini adalah beberapa jenis teks iklan berdasarkan sifatnya, antara lain:

  • Iklan Komersial

Iklan komersial adalah iklan yang dibuat untuk mempengaruhi masyarakat agar tertarik membeli produk, barang dan jasa yang diiklankan. Contoh iklan produk komersial misalnya iklan tentang produk minuman Aqua, iklan produk mi instan, iklan jasa sedot toilet, iklan jasa penerjemah, iklan jasa desain arsitektur, dan lain sebagainya.

  • Periklanan Non-Komersial

Iklan nonkomersial adalah iklan yang dibuat untuk mempengaruhi masyarakat agar memperoleh simpati atau memberikan dukungan terhadap aspek isu yang diiklankan. Iklan ini sering disebut sebagai iklan layanan masyarakat. Contoh iklan nonkomersial antara lain iklan yang menggambarkan tentang rokok, iklan keluarga berencana, iklan hemat air, iklan menjaga lingkungan, dan lain sebagainya.

2. Berdasarkan Tujuan

Berikut ini adalah beberapa jenis teks iklan berbasis tujuan, antara lain:

  • Iklan Permintaan

Periklanan berdasarkan permintaan adalah iklan yang ditujukan kepada sekelompok orang tertentu agar dapat bekerja sama dengan pengiklan. Contoh iklan permintaan adalah iklan lowongan pekerjaan.

Baca juga : Prakarya dari Bahan Bekas

  • Iklan Penawaran

Iklan penawaran adalah iklan yang bertujuan untuk menawarkan suatu produk kepada masyarakat, agar masyarakat mau membeli atau menggunakannya. Iklan penawaran juga merupakan jenis iklan komersial. Contoh iklan penawaran adalah iklan produk kue kering, iklan konveksi, dan lain sebagainya.

  • Iklan Pengumuman

Iklan pengumuman adalah iklan yang bertujuan untuk memberikan pengetahuan, informasi, atau pemberitahuan kepada publik tentang suatu berita atau peristiwa, seperti kelahiran, kematian, pernikahan, atau kesuksesan orang lain.

Penggunaan yang lebih relevan dalam lingkup keluarga membuat iklan pengumuman sering disebut sebagai iklan keluarga. Contoh iklan pengumuman adalah iklan berita sedih, iklan selamat ulang tahun, dan lain sebagainya.

3. Berdasarkan Ruang

Berikut ini adalah beberapa jenis teks iklan berbasis ruang, antara lain:

  • Iklan Baris

Iklan baris adalah iklan pendek yang memuat beberapa baris dalam kolom tertentu. Iklan baris biasanya terdapat di surat kabar atau majalah. Beberapa bentuk iklan ini seperti lowongan pekerjaan, rumah dijual, dan iklan layanan lainnya. Iklan seperti ini biasanya menggunakan singkatan untuk menghemat tempat.

  • Iklan Kolom 

Iklan kolom (display) adalah iklan berupa ilustrasi gambar atau foto yang dilengkapi dengan kata-kata tertentu sebagai kalimat iklan. Iklan bergambar umumnya berukuran lebih besar dan lebih menarik perhatian pembacanya. 

Struktur Teks Iklan


Teks iklan yang kita bahas kali ini berisi tentang promosi barang dan jasa. Anda diharapkan mengetahui contoh teks iklan produk yang akan diiklankan. Teks iklan memiliki struktur yang terdiri dari judul, nama produk, dan deskripsi produk.

  1. Judul, terletak di paling atas teks iklan, namun tidak semua iklan mencantumkan judul, beberapa teks iklan menempatkan nama produk di paling atas.
  2. Nama produk, berisi nama produk yang diiklankan.
  3. Deskripsi Produk, berisi tentang deskripsi produk yang diiklankan, seperti spesifikasi, cara mendapatkan produk yang diiklankan, alamat, dan nomor telepon yang dapat dihubungi.

Aturan Bahasa Teks Iklan


Selain struktur tersebut di atas, teks iklan juga memiliki ciri kebahasaan yang membedakannya dengan teks lain. Ciri-ciri bahasa tersebut adalah:

1. Mamakai Slogan

Slogan adalah kata atau frasa yang menarik, mengesankan, dan mudah diingat untuk menggambarkan sesuatu. Slogan tersebut biasanya terdiri dari empat sampai lima kata yang mudah diingat dan tentunya memiliki daya tarik yang kuat agar pesan yang dimaksud dapat menjangkau orang yang diundang.

Dalam periklanan, slogan adalah pernyataan atau kumpulan kata-kata tertentu yang secara singkat menggambarkan suatu produk atau jasa sehingga mudah diingat oleh masyarakat. Slogan sangat penting bagi dunia periklanan. Dengan slogan, iklan akan mudah diingat oleh masyarakat dan lebih populer. Selain iklan, slogan juga digunakan saat kampanye, misalnya kampanye antinarkoba, antikorupsi, dan kampanye pemilu.

Kata-kata slogan harus kreatif dan tidak ketinggalan zaman agar mudah diingat orang. Keberhasilan penggunaan slogan dapat dilihat dari seberapa baik masyarakat mengenal slogan tersebut. Jika slogan berhasil, hanya dengan mendengarkan slogan, orang akan mengetahui jenis produk yang menggunakan slogan tersebut.

Baca juga : Penulisan Alamat Surat yang Benar  

2. Memakai Kalimat Persuasif

Kalimat persuasif adalah kalimat yang bertujuan untuk meyakinkan dan membujuk pembaca agar melakukan atau menerima pendapat penulis tentang suatu hal. Terdapat beberapa frase persuasif dalam iklan produk, salah satunya adalah: “murah, cepat dan terpercaya”.

3. Memakai Subjek Orang Pertama

Teks iklan biasanya menggunakan subjek orang pertama tunggal atau jamak, seperti saya dan kami untuk menggantikan pihak atau agensi pengiklan. Subjek yang digunakan dalam teks iklan tersebut adalah subjek dari orang pertama jamak yaitu kami.

Contoh Teks Iklan


Dalam kehidupan sehari-hari tentu tidak asing lagi dengan yang disebut iklan, hampir setiap hari kita jumpai berbagai iklan. Iklan dapat ditemukan dalam berbagai aplikasi, baik itu di media cetak seperti majalah atau surat kabar, media elektronik seperti internet, televisi, radio, dll, atau media eksternal seperti billboard atau spanduk.

Posting Komentar untuk "Macam-macam Iklan Berdasarkan Ruang, Sifat, Fungsi, Tujuan, Jenis dan Contohnya"