Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Tips dan Kiat Membuat Interior Rumah Hemat Energi yang Perlu Anda Coba


Menyambut tahun baru belum lengkap tanpa resolusi. Dengan resolusi, Anda pasti akan lebih bersemangat untuk menjalani hari dan mencapai tujuan Anda. Salah satu resolusi yang ingin diwujudkan di tahun baru adalah melakukan penghematan energi listrik. Ini juga menghemat uang Anda.

Perubahan gaya hidup pascapandemi mengakibatkan kenaikan listrik yang signifikan. Secara umum, banyak sumber penggunaan berbagai barang elektronik.

Karena fenomena tersebut, sangat penting bagi kita untuk mengetahui bagaimana cara menghemat energi dalam upaya mengurangi konsumsi listrik dan juga mengurangi pemanasan global.

Baca juga : 8 Tips dan Cara Sukses Merintis Bisnis UKM

Beberapa waktu lalu, Mira Natasya selaku nara sumber sekaligus pemilik akun Instagram @rumahpertigaan memberikan tips acara Instagram Live Interior Hemat Energi bersama Asuransi Astra melalui produk asuransi rumah Garda Home di akun @garda.oto. dan trik penerapan interior hemat energi di rumah.

1. Ciptakan sirkulasi udara yang baik 

Langkah pertama yaitu menciptakan sirkulasi udara yang baik. Selain menghadirkan nuansa segar pada ruangan, ventilasi sirkulasi udara juga dapat mengurangi penggunaan AC atau pendingin ruangan. Seperti diketahui, penggunaan AC bisa menghabiskan banyak daya.

Sirkulasi udara yang baik dapat dicapai dengan memasang ventilasi silang atau dengan memasang bukaan yang besar dan lebar agar udara dapat mengalir. Solusi lain yang mungkin adalah membuka pintu secara teratur dan memasang kipas angin agar sirkulasi udara masuk dan keluar tetap konstan.

2. Desain ruang interior yang tepat

Interior meningkatkan suasana di setiap bagian ruangan. Namun, ruang interior ini harus diperhatikan agar ruangan tetap terlihat rapi dan tidak terlalu ribet.

Gunakan interior fungsional yang tetap senada dengan warna ruangan. Misalnya, meja makan lipat atau tempat tidur di bawahnya bisa digunakan sebagai ruang penyimpanan. Hal ini bisa menjadi solusi untuk membuat ruangan terlihat terbuka dan luas.

Untuk menambah suasana outdoor yang segar, Anda juga bisa memanfaatkan tanah dengan menyediakan tanaman hijau.


3. Gunakan elektronik dengan bijak

Penting untuk bisa mengatur konsumsi listrik, nyalakan yang perlu digunakan dan ingat untuk mematikannya saat tidak digunakan.

Selain menggunakan perangkat elektronik berdaya rendah, Anda juga dapat meminimalkan konsumsi listrik dengan memaksimalkan energi terbarukan seperti angin atau matahari. Dengan banyaknya bukaan di dalam rumah secara tidak langsung Anda dapat menghemat penggunaan penerangan dengan cahaya yang masuk ke dalam ruangan.

Baca juga : 8 Tips Meningkatkan Kreativitas Anak di Usia Dini

Diatas adalah beberapa tips dan trik untuk menciptakan interior hemat energi. Tentu masih banyak lagi tipsnya, tapi praktekkan dulu tiga hal di atas.

Setelah memastikan rumah hemat energi, sayang sekali bila tidak dilengkapi pelindung rumah. 

Posting Komentar untuk "3 Tips dan Kiat Membuat Interior Rumah Hemat Energi yang Perlu Anda Coba"