Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Parameter Kualitas Sabun, 5 Indikator Utama Sabun yang Berkualitas


Parameter Kualitas Sabun


Berikut parameter yang digunakan untuk mengukur kualitas sabun :

1) Bilangan Penyabunan (Angka Safonifikasi)

Bilangan penyabunan adalah jumlah milligram alkali (potassium hidroksida) yang dibutuhkan untuk menyabunkan tiap gram lemak atau minyak. Bilangan penyabunan merupakan angka yang terdapat pada milligram kalium hidroksida yang digunakan dalam proses saponifikasi sempurna pada satu gram minyak. Angka saponifikasi digunakan untuk menghitung alkali yang dibutuhkan dalam saponifikasi secara sempurna pada lemak atau minyak. Bilangan penyabunan ini dapat digunakan untuk semua minyak dan lemak.

Baca juga : Alas Bedak (Foundation) Kosmetik Dekoratif untuk Jenis Kulit Tertentu  

Tabel 1. Bilangan Penyabunan dari Berbagai Jenis Minyak


2) Bilangan Iodin

Bilangan iodine menyatakan ukuran keberadaan ketidak jenuhan, terutama asam oleat dan linoleat. Asam lemak tak jenuh menghasilkan sabun yang lebih lembut dan lebih larut. Sedangkan minyak laurat mengandung asam lemak rantai pendek, membuat sabun keras dan mudah larut. Bilangan iod digunakan untuk menghitung ketidakjenuhan minyak atau lemak, semakin besar angka iod, maka asam lemak tersebut semakin tidak jenuh. Dalam pencampurannya, bilangan iod menjadi sangat penting yaitu untuk mengidentifikasi ketahanan sabun pada suhu tertentu.

Tabel 2. Bilangan Iodine dari berbagai jenis minyak


3) Transparansi

Lemak dan minyak yang berwarna terang merupakan minyak yang bagus untuk digunakan sebagai bahan pembuatan sabun.Mengenai transparansi, sabun akan semakin jernih bila etanol yang digunakan semakin murni.

4) pH

Diketahui sabun transparan komersial memiliki pH 9,34. Dalam formulasi sabun transaparan, pH terkait jumlah penggunan basa yang menentukan jumlah penambahan etanol. Semakin banyak basa yang digunakan, akan semakin sedikit etanol yang dapat ditambahkan sehingga pH tetap tinggi.




5) Tingkat Kekerasan

Karakter kekerasan sabun transparan harus cukup baik sebagai indikasi masa pemakaian yang lebih lama. Nilai kekerasan sabun komersial berada dalam rangkaian 0,967 hingga 6,867 kg/cm2.

Posting Komentar untuk "Parameter Kualitas Sabun, 5 Indikator Utama Sabun yang Berkualitas"