Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Alas Bedak (Foundation) Kosmetik Dekoratif untuk Jenis Kulit Tertentu


Biasanya wanita menggunakan kosmetik dekoratif (make-up) dimaksudkan untuk menutupi hal-hal yang dapat mengurangi kecantikannya, seperti garis-garis penuaan (age-spot), noda bekas jerawat (acne scar), serta untuk mengoreksi bagian-bagian wajah yang kurang baik. Kosmetik dekoratif sebaiknya warnanya menarik, memiliki bau harum yang menyenangkan, tidak lengket, tidak menyebabkan kulit nampak berkilau serta tidak merusak atau mengganggu adneksa kulit. 

Yang termasuk kosmetik dekoratif yaitu: Alas bedak (Foundation), Bedak (powder), Perona Pipi (blus-on atau rouge), Eye shadow, Eye liner, Pensil alis (Eye brow pencil), Cat bulu mata (mascara), Pewarna Bibir atau Lipstick, Pensil Bibir atau Lip Liners, Pelembab Bibir atau Lipbalm, dan Lipgloss. Kesemuanya mempunyai fungsi masing-masing, dan bila kita dapat menggunakannya sesuai aturan dan cara yang benar, keinginan kita untuk tampil cantik pasti akan terwujud.

Baca juga : Manfaat Jahe Kering, Pengolahan Bubuk, Awetan dan Minyak Jahe

Alas Bedak (Foundation)


Alas bedak (Foundation) dalam tata rias wajah adalah dasar kosmetik sebelum membubuhi bedak. Foundation dapat menahan bedak, hingga bedak mudah menempel pada kulit wajah, Foundation juga dapat memperhalus permukaan kulit dengan menutupi noda, luka bekas jerawat, ataupun noda kebiruan (couperese) di seputar pipi. Alas bedak dapat berfungsi untuk menyamarkan warna kulit yang pucat dan bayangan gelap di seputar mata. Alas bedak digunakan di atas pelembab agar pigmen zat warna yang dikandungnya tidak bersentuhan langsung dengan kulit. Alas bedak juga dapat digunakan untuk membuat shape atau dimensi wajah sehingga riasan wajah menjadi lebih sempurna. Ada beberapa jenis alas bedak yaitu:

1) Water based foundation (liquid).

Alas bedak jenis ini cocok untuk wanita muda dan dewasa yang berkulit normal. Bahan dasar foundation ini adalah air, sehingga penggunaannya akan lebih mudah menyerap ke dalam kulit dan lebih ringan dari minyak. Cara menggunakannya,pake spons untuk mengaplikasikan liquid foundation, kemudian kenakan dengan cara ditekan untuk menutupi pori-pori dan rongga kulit wajah. Hasilnya nanti riasan akan tampak lebih natural.

2) Oil based foundation.

Alas bedak jenis ini cocok untuk wanita dewasa dan mereka yang berkulit kering, karena foundation ini mengandung minyak dan pelembab. Alas bedak ini dapat menutup kerutan sehingga riasan lebih bagus dan rata. Apabila menggunakan Oil based foundation, sebaiknya tidak menggunakan bedak lagi, karena jenis foundation ini cenderung lebih berat. Sehingga Jika ingin menggunakan bedak, sebaiknya aplikasikan secara tipis. Oil based foundation dikemas dalam bentuk compact atau stick.



3) Oil free moisturizer Foundation

Kosmetika ini cocok untuk kulit berminyak dan jenis alas bedak ini mampu menyerap kelebihan minyak pada kulit, sehingga wajah tidak tampak mengkilap.

Baca juga : Manfaat Jinten (Trachyspermum Roxburghianum) untuk Obat Tradisional  

4) Concealer

Jenis foundation ini digunakan untuk menutupi bagian-bagian kulit yang memerlukan penutupan khusus seperti noda, bercak-bercak, bekas jerawat atau luka sehingga kulit wajah akan tampak bersih dan rata. Selain itu juga dapat menutupi lingkaran hitam di seputar mata.

5) Foundation krim pemutih.

Jenis alas bedak ini biasanya digunakan di bawah mata untuk memberikan efek cerah di daerah tersebut dan mampu menyamarkan kantung mata.

Posting Komentar untuk "Alas Bedak (Foundation) Kosmetik Dekoratif untuk Jenis Kulit Tertentu"