Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bedak (Powder) Kosmetik Dekoratif, Syarat dan Kandungan


Syarat bedak yang baik adalah bedak yang mampu menutupi cacat-cacat kulit secara sempurna, melekat dengan baik pada kulit, melicinkan kulit, memiliki daya serap yang tinggi dan mampu memantulkan sinar ultraviolet. Sesuai dengan syarat-syarat tersebut, biasanya bedak mengandung :

1) Zinhoxyda, zat yang memberi daya penutup.

2) Zink stearat, zat yang memiliki daya lekat.

3) Talcum vanetum, zat yang memberi daya pelicin.

4) Calcium carbonat dan magnesium carbonat, zat yang mempunyai daya

hisap.

5)Titanium dioxyda, zat yang memiliki daya penutup yang kuat.

6) Zat warna dan wangi-wangian.

Baca juga : Temu Lawak, Nama Latin, Manfaat dan Cara Penggunaan  

Bedak mempunyai daya yang menyatu dengan alas bedak dan memberi kesan kulit menjadi lembut. Ada dua macam jenis bedak yaitu bedak yang berbentuk serbuk (face powder, loose powder) dan bedak padat (compact powder/cream puff).

Bedak serbuk (tabur) cocok untuk segala jenis kulit. Pemilihan warna bedak tabur biasanya disesuaikan dengan warna kulit. Gunakan warna pink untuk menyegarkan wajah. Compact powder adalah loose powder yang dipres menjadi bentuk cake yakni sejenis bedak padat yang pemakaiannya paling praktis dan bedak padat ini ada yang berjenis transculent, dan two in one.

Bedak transculent yang bersifat transparan cocok untuk semua jenis kulit terutama kulit kering dan normal, kulit sensitif sebaiknya menggunakan bedak wewangian, dan kulit berminyak sebaiknya menggunakan bedak yang dapat menyerap minyak yang berlebihan di kulit wajah. Bedak two in one (two way cake) terdiri atas alas bedak dan bedak padat yang digabungkan, ini sangat bagus karena dapat menghasilkan efek halus dan rata.


Bedak mempunyai fungsi antara lain untuk menghilangkan minyak mengkilat yang berasal dari alas bedak, melindungi kulit muka dari sinar matahari, membuat make–up tahan lama dan melengkapi tata rias agar menjadi sempurna. Pilihlah warna bedak yang sama atau sedikit lebih terang dari warna foundation. Bedak sebaiknya digunakan setelah kulit wajah dilapisi alas bedak, cream rouge dan shadow (bayangan) yang dikenakan di hidung atau bagian wajah yang lain. 


Pemakaian bedak harus rataagar didapat hasil yang natural. Pakailah spons dengan cara ditepuk-tepukkan pada seluruh wajah, leher dan tengkuk, kemudian diratakan kembali dengan menggunakan kuas bedak yakni kuas besar yang bulu-bulunya sangat halus.

Posting Komentar untuk "Bedak (Powder) Kosmetik Dekoratif, Syarat dan Kandungan"