Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Kapang di Bidang Pangan, Residu Pencemaran, Pestisida dan Kontaminasi Radioaktif



Manfaat Kapang di bidang pangan

Kapang merupakan salah satu mikroorganisme yang merugikan, selain dapat menyebabkan gannguan kesehatan juga dapat merusak bahan makanan seperti pembusukan. Akan tetapi pada umumnya kapang yang tumbuh pada makanan yang diolah dengan panas tidak menyebabkan penyakit pada manusia, bahkan digunakan dalam pengolahan bahan makanan. Beberapa jenis kapang yang dapat dimanfaatkan pembuatan bahan makanan antara lain:

a. Rhizopus Oligospora (dimanfaatkan dalam pembuatan tempe dan pembuatan oncom hitam)

b. Rhizopus Oryzae (digunakan dalam pembuatan tempe)

c. Neurospora sitophia (digunakan dalam pembuatan oncom merah)

d. Aspergillus Oryzae (digunakan dalam pembuatan kecap dan tauco)

e. Rhizopus, Aspergillus, khamir( tape)

f. Penicililium roqueforti (Keju biru)

g. P. camemberti (keju camembert)

Baca juga : Pengertian Hati, Fungsi Utama Metabolik dan Imunologis, Mensekresikan Empedu dan Darah



Residu dan pencemaran

Keracunan bahan aditif dapat membahayakan kesehatan bila penggnaannya kurang tepat. Contoh : pemakaian bumbu masak yang berlebihan à chinese restorant syndrome

Residu pestisida (insektisida,fungisida, rodentisida) sering menjadi masalah apabila melebihi ambang batas toleransi yang ditetapkan.Untuk meningkatkan produksi komoditi hasil ternak daging & unggas digunakan antibiotika, hormon, transquilizer & enzim. (mengganggu kesehata bila tertinggal pada daging, susu, dan telur dalam jumlah banyak.


Hasil buangan industri menyebabkan pencemaran merkuri pada ikan (ambang batas merkuri = 0,005 mg/kg b.b.). Keracunan merkuri = minamata à gejala : terasa geli dan panas pada anggota badan seperti mulut, bibir, lidah, kehilangan pendengaran, emosi tidak stabil, koma dan kematian.

Baca juga : Kelainan Hati, Macam-macamnya dan Cara Pengobatan Kerusakan Hati  

Kontaminasi radioaktif pada hasil pertanian à disebabkan adanya debu radioaktif dari percobaan senjata nuklir dari pabrik pembangkit tenaga nuklir, isotop radioaktif yang terjadi secara alami (menyebabkan kanker).

Posting Komentar untuk "Manfaat Kapang di Bidang Pangan, Residu Pencemaran, Pestisida dan Kontaminasi Radioaktif"