Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ciri Karakteristik Hewan Golongan Chondroichtyes, Bentuk Tubuh, Tulang, Sirip dan Sisik


Ciri Karakteristik Kelas Chondroichtyes

Chondrichthyes atau ikan bertulang rawan adalah ikan berahang, mempunyai sirip berpasangan, lubang hidung berpasangan, sisik bertipe plakoid atau tanpa sisik, celah insang 5 atau 7 pasang, jantung beruang dua, dan rangka yang terdiri atas tulang rawan bukan tulang sejati. Rangkanya bertulang rawan. Notokorda, yang ada pada yang muda, lambat laun digantikan oleh tulang rawan. Chondrichthyes juga tidak punya rusuk, maka jika mereka keluar dari air, berat tubuh dari spesies besar dapat menghancurkan organ dalam mereka sendiri lama sebelum mereka lemas.

Karena tidak memiliki sumsum tulang, sel darah merah diproduksi di limpa dan jaringan khusus di kelaminnya. mereka juga menghasilkan organ yang disebut Organ Leydig yang hanya ditemukan pada ikan bertulang rawan, meski beberapa tidak memilikinya. Organ unik lain adalah organ epigonal yang mungkin berperan dalam sistem kekebalan. Subkelas Holocephali, grup yang sangat terspesialisasi, tidak mempunyai kedua organ ini.

Baca juga : Buku Aircraft Systems SMK Kelas 11 Semester 4   

Kelas Chondroichtyes dibagi menjadi dua subkelas, yakni Elasmobranchii (hiu, pari dan skate) dan Holocephalii (kimera, kadang-kadang disebut hiu hantu, dan kadang dipisahkan menjadi kelas tersendiri).

a. Subkelas Elasmobranchii

Kelompok ini memiliki ciri-ciri celah insang 5-7 pasang, tanpa tutup insang, mempunyai operculum, dan mempunyai kloaka. Subkelas ini mencakup dua ordo, yakni

1. Ordo Squaliformes

Ordo Squaliformes memiliki ciri-ciri, yaitu celah insang pada sisi lateral kepala, tepi anterior sirip dada tidak melekat pada sisi tubuh. Orod ini mencakup 13 famili yang salah satu contohnya famili squalidae dengan contoh spesies Squalus acanthias (Gambar 7).

Gambar 7. Ikan Hiu


2. Ordo Rajiformes (Hypotremata)

Ordo Rajiformes memiliki ciri yaitu celah insang pada sisi ventral kepala, tepi anterior sirip dada berlekatan dengan sisi-sisi kepala dan badan. Ordo ini mencakup 7 famili, yang salah satu diantaranya famili Rajidae dengan contoh spesies Raja erinaceae (Gambar 8).

Gambar 8. Morfologi Ikan Pari

Baca juga : Buku Aircraft Instrument and Autopilot SMK Kelas 11 Semester 3 

b. Subkelas Holocephalii

Kelompok ini memiliki ciri-ciri, yaitu insang 4 pasang terletakpada sisi-sisi kepala tertutup oleh tutup insang, dengan celah insang satu pasang, tanpa sisik, tanpa spirakulum, tanpa kloaka, tepi anterior sirip dada tidak melekat pada tubuh. Subkelas ini mencakup satu ordo Chimaeriformes dan satu famili Chemaeridae dengan contoh spesies Chimaera monatrosa (lihat Gambar 9).


Gambar  9. Ikan Chimaera monatrosa


Posting Komentar untuk "Ciri Karakteristik Hewan Golongan Chondroichtyes, Bentuk Tubuh, Tulang, Sirip dan Sisik"