Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Antibodi Monoklonal, Pengertian, Manfaat, Cara Produksi, Cara Kerja, Dosis dan Efek Samping


Antibodi Monoklonal


Teknologi antibodi monoklonal yaitu teknologi menggunakan sel-sel sistem imunitas yang membuat protein yang disebut antibodi. Sistem kekebalan kita tersusun dari sejumlah tipe sel yang bekerja sama untuk melokalisir dan menghancurkan substansi yang dapat memasuki tubuh kita. Tipa-tipe sel mempunyai tugas khusus. Beberapa dari sel tersebut dapat membedakan dari sel tubuh sendiri (self) dan sel-sel asing (non self). Salah satu dari sel tersebut adalah sel limfosit B yang mampu menanggapi masuknya substansi asing denngan spesivitas yang luar biasa.

Manfaat antibodi monoklonal


  • Dengan mengetahui cara kerja anti bodi, kita dapat memanfaatkannya untuk keperluan deteksi, kuantitasi dan lokalisasi.
  • Pengukuran dengan pendeteksian dengan menggunakan Teknologi antibodi monoklonal relatif cepat, lebih akurat, dan lebih peka karena spesifitasnya tinggi.
  • Teknologi antibodi monoklonal saat ini digunakan untuk deteksi kehamilan, alat diagnosis berbgai penyakit infeksi dan deteksi sel-sel kanker.
  • Karena spesifitasnya yang tinggi maka Teknologi antibodi monoklonal dapat digunakan untuk membunuh sel kanker tanpa mempengaruhi sel-sel yang sehat.
  • Selain kegunaannya untuk mendiagnosis penyakit pada manusia, Teknologiantibodi monoklonal juga banyak dipakai untuk mendeteksi penyakit-penyakit pada tanaman dan hewan, kontaminasi pangan dan polutan lingkungan.

Cara Memproduksi Antibodi Monoklonal (Hibridoma)


Ketika di tikus terbentuk antibody yang beraneka ragam (antibody multiklonal) dengan maksud tubuh tikus harus dilindungi dari berbagai organisme patogen /antigen asing misal (antigen HCG) ,maka tikus diharapkan bebas dari berbagai gangguan penyakit akibat bervariasinya patogen/antigen tersebut.

Cara kerja Antibodi Monoklonal pada sel kanker


Tidak seperti kemoterapi dan radioterapi, yang bekerja secara kurang spesifik, tujuan pengobatan antibodi monoklonal adalah untuk menghancurkan sel-sel kanker secara khusus dan tidak mengganggu jenis-jenis sel lainnya.

Semua sel memiliki penanda protein pada permukaannya, yang dikenal sebagai antigen.

Antibodi monoklonal dirancang di laboratorium untuk secara spesifik mengenali penanda protein tertentu di permukaan sel kanker. Antibodi monoklonal kemudian berikatan dengan protein ini. Hal ini memicu sel untuk menghancurkan diri sendiri atau memberi tanda pada siinduk kekebalan tubuh untuk menyerang dan membunuh sel kanker.

Sebagai contoh, rituximab, antibodi monoklonal yang dipakai dalam pengobatan limfoma non Hodgkin, mengenali penanda protein CD20. CD20 ditemukan di permukaan Sel B abnormal yang ditemukan pada jenis-jenis limfoma non Hodgkin yang paling umum.

Baca juga : Fitokimia Daun Pepaya, Pemeriksaan Alkaloid, Flavonoid dan Steroid  

Dosis dan pemberian Antibodi


Dosis dan pemberian bervariasi untuk setiap antibodi yang diberikan.

Sebagai contoh, rituximab, antibodi monoklonal yang umum digunakan dalam pengobatan NHL diberikan intravena, melalui jarum yang masuk ke dalam pembuluh darah , biasanya di lengan.

Rituximab diberikan sebagai ‘tetesan’ yang berarti obat dimasukkan dulu ke dalam kantong infus, kemudian cairan menetes perlahan ke dalam pembuluh darah dengan mengandalkan kekuatan gravitasi. Jika antibodi monoklonal digunakan dalam kombinasi dengan kemoterapi, rituximab biasanya diberikan sesaat sebelum kemoterapi pada awal setiap siklus pengobatan.

Sebelum tetesan infus diberikan, obat lain untuk mencegah beberapa efek samping antibodi monoklonal diberikan contohnya parasetamol untuk mengurangi demam dan anti-histamin untuk mengurangi kemungkinan reaksi alergi.

Meski demikian, efek samping antibodi monoklonal umumnya ringan dan sementara serta dapat diatasi dengan mudah. Jika terjadi efek samping saat obat diberikan, tetesan infus dapat diperlambat atau bahkan dihentikan hingga efek samping berakhir.

Untuk pengobatan pertama, pasien menginap di rumah sakit atau sementara tinggal di sana sebelum pulang ke rumah.Pengobatan lanjutan biasanya lebih cepat dan efek sampingnya lebih sedikit. Kebanyakan orang dapat mendapat pengobatan lanjutan ini sebagai rawat-jalan dan pulang ke rumah pada hari itu juga.


EFEK SAMPING ANTIBODI MONOKLONAL


Penggunaan antibodi monoklonal sebagai terapi kanker mampu menimbulkan efek samping, mulai efek samping yang ringan sampai efek samping yang menjadikan pasien dalam kondisi gawat darurat.

Efek Samping Umum.
  • Reaksi alergi seperti gatal dan bengkak
  • Gejala seperti flu,padahal bukan flu
  • Diare
  • PengeringanKulit
Efek Samping yang jarang terjadi,namun berbahaya.
  • Perdarahan hebat
  • Gangguan jantung
  • Reaksi anafilaksis (hipersensitif)

Cara Antibodi Monoklonal bekerja melawan sel Kanker

 
1. Membuat sel kanker lebih dikenali oleh sistem immun.

Sistem immun akan aktif jika terdapat musuh (antigen) dalam tubuh, sistem immun ini adalah tentaranya tubuh .Sekali sistem immun mengenali adanya musuh tubuh, maka ia akan memanggil teman-temannya untuk melawan musuh ini.

Tapi tidak selamanya sistem immun bisa mengenali sel kanker sebagai musuh, obat-obatan golongan antibodi monoklonal seperti Rituximab bekerja agar sistem immun lebih kenal dengan sel kanker sehingga sistem pertahanan tubuh bisa bekerja lebih efektif dalam rangka membunuh sel kanker.
 
2. Menghambat faktor-faktor pertumbuhan sel kanker.

Jika sebuah zat kimia yang disebut sebagai Growth Factor menempel pada sel kanker, maka pertumbuhan sel kanker yang ditempeli akan meningkat drastis, pertumbuhan sel kanker yang semakin banyak secara otomatis kanker akan semakin berbahaya. Didasarkan fakta inilah, obat-obatan Antibodi Monoklonal seperti Cetuximab bekerja menghambat ikatan antara growth factor dengan reseptor pada sel kanker.

Baca juga : Pemisahan dan Pemurnian Zat dalam Proses Kimia

3.Menghantarkan radiasi ke sel kanker.

Kombinasi obat antibodi monoklonal dengan partikel radioaktif bisa menghantarkan radiasi langsung tepat sasaran pada sel kanker. Hal ini digunakan untuk memastikan radiasi tersebut tidak merusak sel yang yang sehat. Dengan adanya obat yang penggunaannya masih dalam pengawasan FDA ini, maka efektifitas radioterapi pada pasien kanker bisa lebih ditingkatkan.

Posting Komentar untuk "Antibodi Monoklonal, Pengertian, Manfaat, Cara Produksi, Cara Kerja, Dosis dan Efek Samping"