Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Khasiat Tapak Dara (Catharanthus Soseus), Obat Leukimia, Asma dan Anemia


Klasifikasi


Divisi : Spermatophyta

Sub divisi : Angiospermae

Kelas : Dicotyledonae

Bangsa : Apocynales

Suku : Apocynaceae

Marga : Catharanthus

Jenis :Catharanthus roseusL. G. Don.

Nama latin : Catharanthus roseus L. G. Don.

Nama Inggris : rose periwinkle

Nama Indonesia : Tapak dara

Nama daerah : Tapak liman (Melayu); Tapak doro (Jawa).

Deskripsi


Batangnya berbentuk bulat dengan diameter berukuran kecil, berkayu, beruas, ber- cabang dan berambut. Daunnya berbentuk bulat te-lur, berwarna hijau dan diklasifikasikan berdaun tung-gal. Bunga tapak dara mirip terompet dengan permukaan berbulu halus, ada yang tajuknya berwarna putih dan ada yang berwarna merah keunguan

Baca juga : Pengolahan Ikan Segar dan Olahannya Standar Ekspor  

Penyebaran


Biasanya tanaman semak ini sering tumbuh liar dan di- pelihara sebagai tanaman hias. Tumbuhan semak tegak ini tingginya sekitar 100 cm, dan tumbuh subur di pa- dang atau pedesaan beriklim tropis. Ada pun yang ba- nyak dipakai sebagai obat adalah tapak dara yang tajuknya putih. Tapakdara memiliki rumah bijiberbentuk silindris yang menggantung pada batang. Penyebaran tanaman ini dengan biji.


Manfaat


Diabetes mellitus (sakit gula / kencingmanis),Hipertensi,Leukemia,Asma dan bronkhitis, Demam, Batu Ginjal, Anemia, Bisul, borok, Lukabakar. Pada akar, batang, daun hingga bunga Tapakdara me- ngandung unsur-unsur zat kimiawi yang bermanfaat untuk pengobatan. Antara lain Zat alkaloida (vinkristin, vinblastin, vinleurosin dan vinrosidin). Zat vindolin yang berkhasiat menurunkan kadar gula darah, menurunkan tekanan darah dan dipakai sebagai obat penenang. Kandungan zat vinblastin dan vincristine yang terdapat pada tanaman tapak dara bermanfaat sebagai anti kanker.

Posting Komentar untuk "Khasiat Tapak Dara (Catharanthus Soseus), Obat Leukimia, Asma dan Anemia"