Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ubi Jalar (Ipomoea Batatas), Khasiat dan Manfaat untuk Kanker dan Peradangan


Klasifikasi


Divisi : Spermatophyta

Sub divisi : Angiospermae

Kelas : Dicotyledoneae

Bangsa : Solanase

Suku : Convolvulaceae

Marga : Ipomoea

Jenis :Ipomoea batatas

Nama latin : Ipomoea batatas

Nama Inggris : Sweet potato

Nama Indonesia : Ubi Jalar

Nama daerah : Boled (Sunda)

Deskripsi


Batang tanaman ubi jalar berbentuk bulat , tidak berkayu , berbuku-buku dan tumbuh dengan merambat. Panjang batang tanaman ubi jalar 2- 3 m . Sedangan ukuran pada batang yaitu tergantung varietes misalya besar , sedang dan kecil , serta memiliki warna batang hijau tua dan ada juga yang berwarna keunguan.

Baca juga : Weihan Liew

Daun berbentuk bulat dan juga lonjong dengan tepi yang rat dan memiliki lekukan yang sangat lah dalam . Sedangkan memiliki bagian ujung daun yang sangat lah tajam . Daun biasanya memiliki warna hiaju tua dan juga kekuning – kuningan.

Bunga ubi jalar memiliki bentuk terompet tersusun dengan lima helai daun mahkota , lima helai dauan bunga dan satu helai putik . Mahkota bunga berwarna putih , bunga ubi jalar mekar pada pagi jika terjadi penyerbukaan maka akan terjadi buah

Penyebaran


Ubi jalar atau ketela rambat atau “sweet potato” diduga berasal dari Benua Amerika. Para ahli botani dan pertanian memperkirakan daerah asal tanaman ubi jalar adalah Selandia Baru, Polinesia, dan Amerika bagian tengah. Nikolai Ivanovich Vavilov, seorang ahli botani Soviet, memastikan daerah sentrum primer asal tanaman ubi jalar adalah Amerika Tengah.

Ubi jalar mulai menyebar ke seluruh dunia, terutama negara-negara beriklim tropika pada abad ke-16. Orang-orang Spanyol menyebarkan ubi jalar ke kawasan Asia, terutama Filipina, Jepang, dan Indonesia.

Manfaat


  • Peradangan

Ubi jalar mengandung antiperadangan, didukung dengan adanya betakaroten, vitamin C dan magnesium, maka ubi jalar sangat efektif dalam menyembuhkan peradangan baik internal maupun eksternal.

  • Kekebalan tubuh

Ubi jalar sangat kaya akan beta karoten, antioksidan utama, serta berbagai nutrisi lain seperti vitamin C, vitamin B kompleks, zat besi, dan fosfor. Hal ini menjadikan ubi jalar sebagai penguat imun yang hebat.


  • Bronchitis

Kandungan vitamin C, zat besi, dan nutrisi lainnya membantu menyembuhkan bronchitis

  • Kanker

Kandungan betakaroten, antioksidan, antikarsinogen utama, dan vitamin C, sangat penting untuk menyembuhkan berbagai jenis kanker, terutama kanker kolon, usus halus, prostat, ginjal, dan kanker pada organ dalam lainnya.

Baca juga : Bungkil Kedelai Bahan Pakan Ternak Konsentrat Protein Nabati  

  • Radang lambung

Ubi jalar menimbulkan efek nyaman di lambung dan usus halus. Vitamin B kompleks, vitamin C, betakaroten, kalium, dan kalsium sangat efektif meredakan radang lambung.

  • Arthritis

Kandungan betakaroten, magnesium, seng, dan vitamin B kompleks menjadikan ubi jalar sebagai pilihan yang tepat untuk mengatasi arthritis. Air rebusan ubi jalar bisa dioleskan pada persendian untuk meredakan sakit akibat arthritis.

Posting Komentar untuk "Ubi Jalar (Ipomoea Batatas), Khasiat dan Manfaat untuk Kanker dan Peradangan"