Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanaman Mindi (Melia Azedarach), Khasiat untuk Obat Cacingan dan Darah Tinggi


Klasifikasi


Regnum : Plantae

Divisio : Spermatophyte

Classis : Dicotyledoneae

Ordo : Sapindales

Familia : Meliaceae

Genus :Melia Spesies : Melia azedarach L.

Nama Latin : Melia azedarach L.

Nama Inggris : -

Nama Indonesia : Mindi kecil

Nama daerah : Renceh

Deskripsi :


Tanaman pohon meranggas , banyak bercabang, tinggi 10-20 m, ditanam disisi jalan sebagai pohon pelindung, kulit batang berwarna coklat tua, daun majemuk menyirip ganda yang tumbuh berseling dengan panjang 20-80 cm. anak daun berbentuk bundar telur sampai lanset, tepi bergerigi, ujung runcing, pangkal membulat atau tumpul, warna daun permukaan atas hijau tua dan permukaan bawah hijau muda dengan panjang -7 cm, lebar 1,5-3 cm. Bunga majemuk dalam malai yang panjangnya 10-20 cm, keluar dari ketiak daun, dengan daun mahkota 5, panjangnya sekitar 1 cm, warnanya coklat kekuningan berbiji satu. Biji sangat beracun dan biasa dipakai untuk meracun ikan atau serangga.

Baca juga : Khasiat Larva Lebah dan Royal Jelly beserta Kandungannya  

Penyebaran :


Persebaran secara alami di Indonesia yaitu ditanam didaerah sumatera, jawa, nusa tenggara, dan irian jaya, sedangkan di india dan Burma , banyak ditanam didaerah tropis dan subtropics, tumbuh pada dataran tinggi , ketinggian 0-1200 m diatas permukaan laut, dengan curah hujan rata-rata pertahun 600-2000 m.


Manfaat :


Dapat digunakan untuk orang yang cacingan terutama asacariasis, oxyuriasis, taeniasis, dan thrichuriasis, serta dapat digunakan untuk orang yang darah tinggi.

Posting Komentar untuk "Tanaman Mindi (Melia Azedarach), Khasiat untuk Obat Cacingan dan Darah Tinggi"