Ads Header

Khasiat Madu Menurut Agama disertai Dalil Alquran dan Hadist


Dalil Khasiat Madu Menurut Agama Islam

Allah SWT berfirman yang artinya :

“Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhan-mu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang memikirkan”.(Q.S. An-Nahl:69)

“Kesembuhan dari penyakit itu dengan melakukan tiga hal : berbekam, minum madu dan dibakar dengan besi panas. Tetapi aku melarang umatku membakar dengan besi panas itu.” (HR. Shahih Bukhari)

Baca juga :  Cara Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak

Diriwayatkan oleh Abu Sa’id Al-Kudri :

Seorang laki-laki datang kepada Rasulullah SAW dan berkata: “Saudaraku sedang mengalami sakit perut” kemudian Rasulullah SAW berkata kepada laki-laki tersebut: “Suruh dia minum madu” laki-laki tersebut kembali kepada Rasulullah SAW dan beliau berkata kembali: “Suruh dia minum madu” laki-laki tersebut kembali untuk ketiga kalinya dan Rasulullah SAW tetap berkata: “Suruh dia minum madu” kemudian laki-laki itu kembali dan berkata: “Sudah saya lakukan ya Rasulullah” kemudian Rasulullah SAW bersabda: “Allah telah menyampaikan yang benar, tetapi perut saudaramu berbohong, suruh dia minum madu”. Kemudian laki-laki itu meminta saudaranya untuk kembali minum madu dan dia sembuh.

Khasiat madu di antaranya sebagai berikut:


1. Mengatasi mabuk kendaraan

Caranya: beberapa menit sebelum bepergian, minum dua sendok madu dicampur dengan sedikit garam.

2. Meningkatkan energi

Madu sebagai penambah energi alami merupakan sumber karbohidrat yang baik. Selain itu, madu juga merupakan sumber yang baik untuk zat besi, kalium, dan kalsium yang berkhasiat menguatkan tulang dan otot. Jika dibanding jumlah gula yang sama, kandungan kalori madu asli 40 persen lebih rendah. Kandungan gizi utama madu asli terdiri dari gula fruktosa, glukosa, sukrosa, dan dekstrin yang menambah asupan energi tubuh tanpa menambah berat badan. 

3. Memperlancar fungsi otak

Jika dicampur dengan air hangat, madu asli dapat berdifusi ke dalam darah hanya berselang tujuh menit setelah dikonsumsi. Molekul gula bebas yang terkandung dalam madu asli membuat otak berfungsi lebih baik karena otak merupakan konsumen gula terbesar.

4. Menjaga kekebalan tubuh

Madu berperan sebagai anti-oksidan dan anti-bakteri serta meningkatkan kerja sistem pencernaan, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan membantu tubuh dalam melawan penyakit agar tetap sehat.

5. Menurunkan berat badan

Bila dikonsumsi dengan air hangat, madu dapat membantu dalam mencerna lemak yang tersimpan di dalam tubuh. Dengan dicernanya lemak tubuh, maka berat badan pun menurun.



6. Membantu pembentukan darah

Madu menyediakan banyak energi yang dibutuhkan tubuh untuk pembentukan darah, serta pembersihan darah. Madu juga berfungsi sebagai pelindung terhadap masalah pembuluh kapiler dan arteriosklerosis.

Baca juga : Ciri-ciri Kepribadian Introvert

7. Mengobati luka gores

Berdasarkan penelitian ilmuwan dari Cardiff Metropolitan University, Wales, madu mampu mengatasi infeksi pada luka kronis dan mencegah pergerakan bakteri dalam luka. Jurnal Microbiology menyebutkan bahwa madu mampu menghancurkan sepenuhnya bakteri Streptococcus pyogenes serta menghambat gerak bakteri tersebut untuk dapat menempel pada komponen jaringan luka.

Bakteri yang menginfeksi luka biasanya akan melebur dan membentuk sebuah penghalang yang membuat obat-obatan tidak bisa menembus luka. Luka yang terinfeksi oleh Streptococcus pyogenes sering kali sulit sembuh karena terbentuknya biofilm sehingga mempersulit kerja antibiotik dalam melakukan penetrasi. Hal tersebut dapat memicu terjadinya resistensi antibiotik. Penelitian ilmuwan dari Cardiff Metropolitan University juga menunjukkan bahwa madu dalam konsentrasi rendah dapat mencegah awal terbentuknya biofilm serta mampu membunuh bakteri hingga 85 persen dalam kurun waktu dua jam.

8. Mengobati luka bakar

Madu telah digunakan sebagai obat alami dalam pengobatan pertolongan pertama untuk luka bakar karena mampu menyerap kelembaban dari udara dan mempromosikan penyembuhan. Sifat anti-bakterinya mampu mencegah infeksi dan berfungsi sebagai agen anti-inflamasi, mengurangi pembengkakan dan rasa sakit, dan bahkan jaringan parut.

9. Nutrisi untuk ibu hamil

Madu asli mengandung zat gizi yang sangat tinggi, yaitu zat gula (glukosa dan fruktosa), asam amino, vitamin (thiamin, riboflavin, niasin, asam pantotenat, piridoksin, asam askorbat), dan mineral (kalium, kalsium, natrium, zat besi, dan fosfor), juga asam folat. Dengan komposisi kandungan tersebut, maka madu sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil. Madu juga berkhasiat menjaga stamina dan kesehatan ibu hamil sehingga membantu memperkuat janin di dalam kandungan. Selain itu, madu juga dapat digunakan untuk meringankan beberapa keluhan yang umum terjadi pada ibu hamil, di antaranya ialah rasa panas dalam perut (Heartbum), pilek selama kehamilan, dan Moming Sickness (mual atau muntah).

10. Mengatasi anak sulit tidur

Sebuah studi yang dipublikasikan dalam Archives of Pediatrics and Adolescent Medicine, melibatkan 105 anak yang berusia 2-18 tahun dan dibagi menjadi tiga kelompok. Kelompok pertama ialah anak yang diberikan sirup obat rasa madu, kelompok kedua ialah anak yang diberikan madu, dan kelompok yang ketiga ialah anak yang tidak diberikan apa-apa sebelum tidur. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa anak yang diberikan madu merasakan pengurangan gejala batuk dan tidurnya menjadi lebih baik.


Belum ada Komentar untuk "Khasiat Madu Menurut Agama disertai Dalil Alquran dan Hadist"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel