Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengolahan Kacang Almond, Cara Membuat Minyak Almond



Kacang almond dapat diolah memjadi berbagai produk, antara lain, Almond meal (bubuk almond) merupakan hasil ayakan dari kacang almond yang sudah dikupas dan yang ditumbuk atau diproses dengan food processor. Vienna Almond merupakan kacang almond panggang yang sudah dibalut dengan toffee atau caramel. 

Almond essence adalah esens yang dibuat dari ekstrak almond. Begitu juga dapat diolah sebagai minuman dan makanan, seperti : susu almond, jelly almond, teh almond dan almond juga dapat dipakai untuk taburan atas cake ataupun berbagai minuman. Namun, saat ini minyak almond juga banyak dicari karena bermanfaat untuk kesehatan tubuh dan kecantikan.

Baca juga : Buku Gambar Teknik Mesin SMK Kelas 12 Semester 1  

Selain rendah kolesterol, minyak almond memiliki banyak manfaat terutama bagi kulit, diantaranya menyehatkan kulit kering, mengurangi peradangan, meredakan psoriasis, dan aman pula digunakan untuk kosmetik. Inilah cara pengolahan minyak almond.

Alat dan Bahan


1. Blender.
2. 2 Cangkir kacang almond yang belum dipanggang.
3. 3 sendok teh minyak zaitun (mungkin diperlukan jika saat diblender kacang almond terlalu kental dan perlu pelarut)

Diagram Alir Proses Pembuatan Minyak Almond



Proses Pengolahan Minyak almond.


Taruh kacang almond ke dalam blender, tutup rapat. Mulailah memblender dengan kecepatan lambat dan secara bertahap meningkat ke kecepatan yang lebih tinggi. Hentikan sejenak proses memblender. Jika almond mulai menggumpal berbentuk bola, hentikan blender dan sisihkan kembali kacang almond yang menumpuk di sekitar sisi dalam blender. Setelah itu lanjutkan proses blender. Setelah beberapa menit, gumpalan tersebut akan mulai pecah dan menjadi pasta yang kental. Lalu tambahkan minyak zaitun. Jika gumpalan bola almond pecahnya lambat, tambahkan 1 sendok teh minyak zaitun. Biarkan selama satu menit atau lebih, jika diperlukan Anda bisa menambahkan 1 sendok teh minyak zaitun lagi. Setelah menjadi pasta krim, taruh ke dalam wadah tertutup dan simpan pada suhu kamar selama 1-2 minggu agar minyak terpisah dari daging kacang almond. Minyak almond yang dapat digunakan untuk perawatan kulit maupun aromaterapi.

Baca juga : Buku Instalasi Motor Listrik SMK Kelas 12 Semester 5

Kacang-kacangan mengandung banyak zat gizi, seperti : energi, lemak, protein, karbohidrat, magnesium, kalsium, vitamin A, vitamin E, vitamin B6, besi, zinc, thiamin, garam natrium dan masih banyak zat-zat lain yang terkandung dalam kacang. Syarat umum kacang-kacangan dikatakan baik adalah, terhindar dari hama, terhindar dari bau busuk, menyengat, dan bau-bau asing lainnya, bebas dari bahan kimia, dan memiliki suhu yang normal.

Kacang almond adalah kacang yang kaya dengan vitamin dan nutrisi. Kacang almond memiliki bentuk yang lebih besar dibandingkan dengan kacang tanah dan kacang yang lainnya. Kandungan di dalam kacang almond sangat bermanfaat untuk kecantikan dan kesehatan.


Untuk kacang Almond sendiri adalah sebuah kacang yang lahir dari Timur Tengah. Maka dari itu, Kacang Almond mempunyai harga dan kualitas lebih mahal, jika dibandingkan dengan jenis kacang lain. Dikarenakan kacang tersebut tidak dapat diperoleh dan dihasilkan di Indonesia.

Manfaat dari kacang almond antara lain : Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat, Mengontrol Diabetes, Menjaga Kesehatan Jantung , Diet, mengobati Maag, Membuat Kulit Sehat, Mencegah Radikal Bebas. Dan efek samping dari kelebihan konsumsi kacang almond adalah : Peningkatan Berat Badan, Interaksi Obat-obatan, Overdosis Vitamin E, Masalah Pencernaan. minyak almond memiliki banyak manfaat terutama bagi kulit, diantaranya menyehatkan kulit kering, mengurangi peradangan, meredakan psoriasis, dan aman pula digunakan untuk kosmetik.

Posting Komentar untuk "Pengolahan Kacang Almond, Cara Membuat Minyak Almond"