Ads Header

Obat Tablet dan Parasetamol, Definisi, Fungsi dan Manfaat


Definisi Tablet


Tablet merupakan bahan obat dalam bentuk sediaan padat yang biasanya dibuat dengan penambahan bahan tambahan yang sesuai, tablet dapat berbeda ukuran, bentuk, berat, kekerasan dan ketebalan, daya hancurnya dan aspek lain tergantung dengan pemakaian tablet dan cara pembuatannya. Kebanyakan tablet digunakan pada pemberian secara oral. Kebanyakan tablet dibuat dengan penambahan zat warna dan zat pemberi rasa. Tablet lain yang penggunaannya dapat dengan cara sublingual, bukal atau melalui vagina.

Tablet yang dibuat dengan metode apapun harus mempunyai sifat-sifat yang baik yaitu : cukup kuat dan resisten terhadap gesekan, zat aktif dalam tablet harus tersedia dalam tubuh, tablet harus mempunyai keseragaman bobot dan keseragaman kandungan, tablet berpenampilan baik dan memiliki karakteristik, tablet harus menunjukkan stabilitas fisik dan kimia serta efikasi yang konsisten. (Eko, 2011).



Definisi Parasetamol


Parasetamol adalah golongan obat analgesik non opioid yang dijual secara bebas. Indikasi parasetamol adalah untuk sakit kepala, nyeri otot sementara, sakit menjelang menstruasi, dan diindikasikan juga untuk demam. Parasetamol itu aman terhadap lambung juga merupakan Analgesik pilihan untuk ibu hamil maupun menyusui. Tapi bukan berarti parasetamol tidak mempunyai efek samping. Efek samping parasetamol berdampak ke liver atau hati. Parasetamol bersifat toksik di hati jika digunakan dalam dosis besar.

Asetaminofen atau parasetamol memiliki efek antipiretik dan nonnarkotik yang hampir sama dengan aspirin. Asetaminofen atau parasetamol tidak menghambat agregasi trombosit juga tidak menyebabkan distres atau pendarahan lambung. Ia hanya mempunyai respons inflamasi yang lemah. Asetaminofen diabsorpsi oleh saluran gastrointestinal dan dimetabolisme dalam hati untuk mengaktifkan zat-zat metabolisme dalam hati. Waktu puncak bagi asetaminofen terjadi dalam 2 jam dan waktu paruhnya 3 jam.



Parasetamol (Panadol, Tylenol) adalah obat antinyeri dan antidemam paling banyak digunakan karena pada takaran biasa bersifat aman, tanpa memberikan efek samping, juga aman bagi anak kecil dan wanita hamil apabila dimakan dalam waktu singkat. Daya kerja parasetamol hampir sama kuatnya dengan asetosal dan lama kerjanya cenderung lebih singkat.

Belum ada Komentar untuk "Obat Tablet dan Parasetamol, Definisi, Fungsi dan Manfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel