Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Pecut Kuda (Stachytarpheta Jamaicensis), Obat Hepatitis A, Batuk dan Kencing Batu


Klasifikasi


Divisi : Spermatophyta

Sub divisi : Angiospermae

Kelas : Dicotyledoneae

Bangsa : Lamiales

Suku : Verbenaceae

Marga : Stachytarpheta

Jenis :Stachytarpheta jamaicensis [L.] Vahl.

Nama latin : Stachytarpheta jamaicensis [L.] Vahl.

Nama Inggris : snakeweed

Nama Indonesia : Pecut Kuda

Nama daerah : Jarong (Sunda)

Deskripsi


Hidup tahunan, tegak, tinggi 20-90 cm. Daun tunggal, bertangkai, letak berhadapan. Helai daunnya berbentuk bulat telur, pangkal menyempit, ujung runcing, tepi bergerigi, permukaan berlekuk-lekuk, panjang 4-8 cm, lbar 3-6 cm, berwarna hijau tua.

Baca juga : Penyebab Tubuh Kedinginan Saat Bangun Tidur  

Bunga majemuk tersusun dalam poros bulir yang memanjang, seperti pecut kuda andong, panjangnya 1-20 cm. Bunga mekar dalam waktu yang berbeda, ukuran kecil, berwarna ungu, jarang berwarna putih. Buah berbentuk garis, berbiji dua. Biji berbentuk jarum, berwarna hitam

Penyebaran


Tanaman pecut kuda terdistribusi ke beberapa negara di dunia. Beberapa negara tersebut adalah Asia tenggara, Australia, Hawaii, Mikronesia, Kepulauan Cook dan Kepulauan Samudera Pasifik lainnya. Pecut kuda juga tumbuh di Afrika Timur, tetapi tidak dalam keadaan dibudidayakan melainkan tumbuh liar.

Manfaat


Pecut kuda memiliki beberapa manfaat bagi kehidupan manusia yaitu untuk obat. Tumbuhan pecut kuda memiliki kanduangan kimia seperti alkaloid dan glikosa. Alkaloid dan glikosa dapat menangani penyakit amandel , radang tenggorokan, batuk dan hepatitis A. Bagian tanaman yang sering digunakan untuk pengobatan adalah bunga, akar dan daunnya. 



Tanaman pecut kuda juga dapat digunakan untuk mengobati infeksi kencing batu, rematik, haid tidak teratur dan keputihan. Bunga dan tangkai pecut kuda dapat mengobati radang hati atau hepatitis A. Keputihan yang sering dialami oleh wanita juga dapat diatasi menggunakan air rebusan akar pecut kuda.

Posting Komentar untuk "Manfaat Pecut Kuda (Stachytarpheta Jamaicensis), Obat Hepatitis A, Batuk dan Kencing Batu"