Ads Header

Tanaman Bahan Makanan Unggas Sumber Vitamin


Bahan makanan unggas sumber vitamin umumnya berasal dari tanaman, yaitu biji-bijian, butir-butiran, buah-buahan, daun-daunan dan umbi-umbian dan sebagian berasal dari hewan. Bahan makanan unggas sumber vitamin dapat dilihat pada Tabel 2.3.


Beberapa definisi vitamin yang dapat diterangkan adalah vitamin merupakan sejumlah persenyawaan organik yang secara umum tidak ada hubungan atau kesamaan kimiawi satu sama lain. Vitamin merupakan komponen dari bahan makanan tetapi bukan karbohidrat, lemak, protein dan air, dan terdapat dalam jumlah sedikit. Vitamin tersebut harus tersedia dalam pakan karena tidak dapat disintesis oleh ternak dan esensial untuk perkembangan jaringan normal dan untuk kesehatan, pertumbuhan dan hidup pokok karena tubuh tidak dapat mensintesis sendiri, kecuali beberapa vitamin seperti vitamin C pada ayam dan vitamin B kompleks pada ruminansia. 


Vitamin sangat diperlukan untuk reaksi-reaksi spesifik dalam sel tubuh hewan. Zat ini penting untuk fungsi jaringan tubuh secara normal, untuk kesehatan, pemeliharaan dan pertumbuhan jaringan. Vitamin berperan sebagai koenzim atau katalisator hayati, yaitu berperan sebagai mediator dalam sintesis atau degradasi suatu zat tanpa ikut menyusun zat yang disintesis atau dipecah tadi. Apabila vitamin tidak terdapat dalam pakan atau tidak dapat diabsorpsi akan mengakibatkan penyakit defisiensi yang khas atau sindrom yang dapat diperbaiki dengan pemberian vitamin itu sendiri. Gejala-gejala tersebut biasa disebut avitaminosis atau hipovitaminosis.

Peranan vitamin di dalam tubuh dapat pula dipengaruhi oleh zat-zat tertentu yang ada dalam pakan atau pangan yang mempunyai struktur hampir sama dengan vitamin. Zat tersebut adalah zat antivitamin atau vitamin antagonis. Sebagai contoh, pada ikan mentah terdapat tiaminase yang menghambat kerja vitamin B6. Di samping itu kebutuhan vitamin juga dapat naik lantaran kandungan zat-zat tertentu dalam pakan tinggi. Misalnya pada pakan dengan protein tinggi maka kebutuhan vitamin B6 meningkat. Bila banyak karbohidrat sebagai pemasok energi dalam ransum maka kebutuhan vitamin B1 juga naik. Zat-zat bakteri statik dan antibiotika yang diberikan terus menerus lewat oral juga akan meningkatkan kebutuhan akan vitamin B dan K. Juga pada ternak yang sedang stress atau terkena penyakit, kebutuhan vitamin akan naik.

Vitamin diberikan nama abjad sesuai dengan urutan waktu penemuannya. Vitamin diberi nama ketika berhasil diisolasi secara terpisah dan struktur kimianya diidentifikasi. Sembilan senyawa atau golongan senyawa yang berhubungan erat dianggap sebagai vitamin untuk nutrisi hewan.


Baca juga : Penyebab Tubuh Kedinginan Saat Bangun Tidur   

Walaupun struktur kimia dan fungsi biokimia sangat heterogen, vitamin secara garis besar dapat digolongkan menjadi dua golongan, golongan pertama yaitu vitamin yang larut dalam lemak atau diserap dengan lemak yang terdiri atas vitamin A, D, E dan K. Golongan ke dua adalah vitamin yang larut dalam air atau diserap dengan air, yang terdiri atas vitamin B1 (tiamin), B2 (riboflavin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksin), B12 (kobalamin), niasin (asam nikotinat), asam folat (asam pteroilglutamat) dan C.

Belum ada Komentar untuk "Tanaman Bahan Makanan Unggas Sumber Vitamin "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel