Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Mangga (Mangifera Indica), Khasiat Obat Hipertensi, Disentri dan Luka Bakar


Klasifikasi


Divisi : Spermatophyta

Sub divisi : Angiospermae

Kelas : Dicotyledoneae

Bangsa : Sapindales

Suku :Anacardiaceae

Marga : Mangifera

Jenis : Mangifera indica L.

Nama latin : Mangifera indica L.

Nama Inggris : Mango

Nama Indonesia : Mangga

Nama daerah : Mangga (Sumatera)

Deskripsi


Pohon tegak banyak percabangannya. Tinggi pohon mencapai ± 45 m, diameter cabang-cabangnya 60 - 120 cm. Pepagan berwarna coklat keabuan. Daun berbentuk bundar telur sampai lanset, panjang tangkai daun ± 10 cm. Duduk daun melingkar seperti spiral. Perbungaan terdapat di ujung cabang, malai, warna kuning kehijauan. Bentuk buah bulat agak memanjang dengan salah satu sisinya agak melengkung ke dalam. Lengkungan, ukuran dan warna buah sangat bervariasi antara hijau kekuningan sampai mendekati merah. Demikian juga warna daging buahnya dan rasanya (manis, asam). Permukaan biji kasar seperti ada serabut halus, warna putih kecoklatan.

Baca juga : Jenis Vitamin yang Larut dalam Lemak  

Penyebaran


Mangga diduga berasal dari India dan Burma (Myanmar), namun saat ini telah dibudidayakan di seluruh daerah tropis dan sub-tropis. Di Indonesia tumbuh tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Manfaat


  • Mengobati diabetes

Daun pohon mangga mengandung tanin dan anthocyanin, yang membantu untuk mengobati diabetes awal. Teh daun mangga sangat baik untuk membantu untuk mengobati diabetes angiopati dan retinopati diabetes. Hal ini juga membantu mengobati Hiperglikemia. Daunnya mengandung senyawa yang disebut taraxerol-3beta, dan etil asetat ekstrak yang bersinergi dengan insulin untuk mengaktifkan GLUT4 dan menstimulasi sintesis glikogen.

  • Menurunkan resiko hipertensi

Daun mangga membantu menurunkan tekanan darah karena memiliki sifat hipotensi. Ini juga membantu untuk memperkuat pembuluh darah dan memperlakukan masalah varises.

  • Empedu dan batu ginjal

Daun mangga membantu mengobati ginjal dan batu empedu. Untuk minuman harian dapat mengambil bubuk daun mangga yang digiling dan dikeringkan di tempat teduh dengan air dan disimpan dalam gelas semalam, membantu dalam memecahkan batu ginjal.



  • Menyembuhkan disentri

Daun mangga membantu untuk mengobati perdarahan disentri. Keringkan daun mangga di tempat yang teduh dan kemudian rebus dengan air, lalu minum untuk menghentikan disentri.

  • Menyembuhkan Luka bakar

Untuk menyembuhkan luka bakar pada kulit, bakar segenggam daun mangga menjadi abu. Terapkan abu ini pada daerah yang terkena. Pengobatan ini akan memberikan bantuan instan.

Posting Komentar untuk "Manfaat Mangga (Mangifera Indica), Khasiat Obat Hipertensi, Disentri dan Luka Bakar"