Guru adalah Pembentuk Karakter Generasi Penerus Bangsa

Guru adalah Teladan

Pernahkah Anda berpikir untuk menjadi guru sekolah dasar? Meskipun mungkin terlihat sederhana pada awalnya, menjadi guru sekolah dasar sebenarnya lebih sulit daripada menjadi guru tingkat sekolah yang lebih tinggi. Karena pada saat SD ini, anak-anak baru mulai menyadari kehidupan baru mereka. Akan menjadi apa itu anak nanti, guru sekolah dasar sangat berperan dan mempengaruhinya. Berikut adalah beberapa alasan guru sekolah dasar mengarah pada pembentukan karakter nasional di garis depan.

Baca juga : Panduan Orang Tua dalam Mengawasi Media Sosial untuk Anak

 

Tantangan sebagai guru sekolah dasar


Setiap pekerjaan memiliki tantangan dan risiko sendiri. Saat ini, guru sekolah dasar menghadapi tantangan berikut.

A. Memiliki pengetahuan tentang teknologi


Tahun 2018, APJII dan Survei Indonesia melakukan survei untuk mengetahui berapa banyak pengguna Internet dalam kelompok usia tertentu. Hasilnya menunjukkan bahwa 25,2% anak usia 5 hingga 9 juga telah menjadi pengguna internet.

Hasil survei juga berarti bahwa bahkan anak-anak sekolah dasar sudah akrab dengan teknologi komunikasi. Dengan demikian, Anda sebagai guru sekolah dasar harus melek teknologi sehingga Anda dapat memantau anak-anak saat menggunakan Internet.

B. Punya kompetensi menghasilkan generasi hebat


Kurikulum 2013 diharapkan memungkinkan para guru untuk menciptakan pembelajar yang berpikiran luas. Dengan demikian, generasi elanjutnya akan muncul dengan pemikiran kritis, kreatif dan mampu memecahkan masalah sendiri.

Guru sekolah dasar harus mulai dengan diri mereka sendiri sebelum mengajar siswa. Bagaimana guru sekolah dasar menciptakan lingkungan belajar yang mendukung dan nyaman untuk siswa yang masih anak-anak jelas adalah tantangan tersendiri.

C. Dapat membuat penilaian yang komprehensif


Penilaian seharusnya tidak hanya bergantung pada aspek kognitif peserta didik. Aspek lain seperti aspek afektif dan psikomotor juga tidak boleh diabaikan dalam penilaian guru. Sebagai guru sekolah dasar, Anda mungkin merasa sulit untuk memberikan penilaian yang mencakup pengetahuan, karakter, dan keterampilan anak didik, namun inilah tantangan untuk anda sebagai guru SD.

Baca juga : Dampak Buruk Media Sosial Bagi Anak Remaja

 

D. Penguasaan yang baik tentang berbagai pendekatan untuk siswa sekolah dasar


Siswa sekolah dasar adalah anak-anak yang sepenuhnya bergantung pada pendidikan guru. Selain itu, ketika karakter siswa tidak sama, tentu saja sebagai guru harus menguasai berbagai pendekatan kepada siswa untuk mendidiknya Membentuk karakter yang baik sangat sulit jika guru sekolah dasar tidak dekat dengan siswa.

Alasan Guru Sekolah Dasar Memberi Sumbangsih Membentuk Karakter Bangsa


Guru Pendidik Terbaik

Anda sudah tahu berbagai masalah yang dihadapi oleh guru sekolah dasar. Kita sekarang akan membahas beberapa alasan mengapa guru sekolah dasar berada di garis depan pembentukan karakter nasional.

1. Usia sekolah dasar, termasuk zaman keemasan perkembangan anak


Salah satu karakteristik perkembangan usia sekolah dasar adalah bahwa mereka mulai mengembangkan hati nurani, pemahaman moral, nilai-nilai diri dan nilai-nilai kejiwaan. Di sini peran orang dewasa, terutama guru, memainkan peran penting dalam mengajar anak-anak untuk membentuk karakter yang baik.

Baca juga : 7 Tips Agar Fokus Belajar di Rumah Selama New Normal

 

2. Waktu yang dihabiskan siswa di sekolah cukup banyak


Ketika anak-anak mulai bersekolah, banyak waktu dihabiskan di sekolah. Ini berarti bahwa proporsi anak yang bertemu guru di sekolah juga cukup tinggi. Selama waktu ini, tentu saja, guru sekolah dasar juga memiliki opsi untuk membentuk karakter siswa.

3. Guru sekolah dasar - madrasah pertama setelah orang tua


Tentu saja, ketika anak baru mulai sekolah, dia tidak langsung ke tingkat kuliah atau yang setara bukan? Maka dari sebab ini, guru sekolah dasar menjadi madrasah setelah orang tuanya. Karena itu, selain meningkatkan kualitas, guru sekolah dasar juga harus mengabdikan diri untuk mengajar siswa sekolah dasar ini sepenuh hati untuk membentuk karakter generasi penerus bangsa.

Belum ada Komentar untuk "Guru adalah Pembentuk Karakter Generasi Penerus Bangsa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel