Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Malnutrisi Mikronutrien, Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit ini


Malnutrisi mikronutrien, yang terpenting adalah kekurangan vitamin A, kekurangan yodium dan kekurangan zat besi.

Malnutrisi mikronutrien adalah asupan nutrien seperti vitamin A, zat besi dan yodium yang tidak cukup. Keadaan ini secara fisik sering tidak terdeteksi tetapi mempengaruhi kesehatan lebih dari 2 milyar orang di seluruh dunia. Anak-anak serta wanita adalah golongan yang paling rentan.



Penyebab malnutrisi mikronutrien adalah:

a. Defisiensi vitamin A, Penyebab kekurangan vitamin A terutama pada balita adalah konsumsi makan-makanan yang kurang mengandung cukup vitamin A. Sumber makanan yang kaya Vitamin A seperti daun singkong, tomat, daun pepaya, bayam, kangkung, daun katuk, pepaya, wortel, telur, ikan, hati.

b. Defisiensi besi, Akibat paling sering dari defisiensi besi adalah anemia defisiensi besi. Anemia defisiensi besi (kurang darah karena kekurangan zat besi) sangat banyak dijumpai pada wanita terutama yang tinggal di pedesaan, anak-anak, wanita pekerja pabrik.


Baca juga : Tips Menghilangkan Trauma karena Bencana atau Musibah  

c. Defisiensi yodium, Keadaan ini sering disebut juga: Gangguan Akibat Kekurangan Yodium (GAKY). Penyebab GAKY adalah makanan dan air yang setiap hari digunakan tidak atau kurang mengandung zat yodium. Kebiasaan keluarga yang tidak menggunakan garam beryodium dalam makanannya sehari-hari, khususnya keluarga yang tinggal di daerah gondok endemik.

Posting Komentar untuk "Malnutrisi Mikronutrien, Faktor Penyebab Terjadinya Penyakit ini"