Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kenikir (Cosmos Caudatus), Manfaat dan Khasiat untuk Kanker dan Lemah Lambung


Klasifikasi


Regnum : Plantae

Divisi : Spermatophyta

Subdivisi :Angiospermae

Kelas : Dicotyledoneae

Ordo : Asterales

Famili : Asteraceae

Genus : Cosmos

Spesies :Cosmos caudatus H. B. K.

Nama latin : Cosmos caudatus H. B. K.

Nama Inggris : Rocouye

Nama Indonesia : Kenikir

Nama daerah : Ulam rija (Melayu)

Deskripsi


Merupakan tanaman dengan habitus perdu, tinggi 75-100 cm, bau khas. Batang Tegak, segi empat, beralur membujur, bercabang banyak, muda berbutu, beruas, hijau keunguan. Daunnya majemuk, bersilang berhadapan, berbagi menyirip, ujung runcing, tepi rata, panjang 15-25 cm, hijau. Bunga majemuk, bentuk bongkol, di ujung batang, tangkai panjang ± 25 cm, mahkota terdiri dari 8 daun rnahkota, panjang + 1 cm, merah, benang sari bentuk tabung, kepala sari coklat kehitaman, putik berambut, hijau kekuningan, rnerah. Buah keras, bentuk jarum, ujung berambut, masih muda hijau setelah tua coklat. Akarnya tunggang, berwarna putih.

Baca juga : Kepribadian Antisosial dan Kepribadian Introvert  

Penyebaran


Tersebar di Amerika Tengah yang suhunya panas. Tanaman ini menyukai iklim panas yang tak begitu lembab, tanah yang berpasir dan subur, tanah terbuka dan penyinaran matahari yang penuh. Di Indonesia, kenikir banyak ditanam di Jawa dan dataran rendah hingga pegunungan sampai ketinggian 1200 mdpl. Biasanya ditanam di sekitar rumah sebagai tanaman hias.

Manfaat


  • Obat Maag dan lemah lambung

Daun kenikir memiliki kandungan tokoferol, polifenol, dan hidroksieugenol yang bermanfaat untuk menetralkan asam lambung. Zat ini juga dapat menguatkan otot sphingter lambung, yang bekerja untuk menerima berbagai asupan makanan tanpa membahayakan lambung seseorang. Untuk mengkonsumsi daun kenikir, dapat merebusnya dengan menambahkan garam kemudian memakannya dalam bentuk lalapan.

  • Obat Lemah Jantung

Daun kenikir mengandung manfaat antioksidan dan flavonoid yang berperan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Jika di area jantung, senyawa flavonoid ini akan bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dengan cara memperkuat otot jantung dan pembuluh darah untuk mengalirkan darah. Anda dapat merebus 5 lembar daun kenikir dengan 250ml air, kemudian meminum air rebusannya 2 kali sehari.

  • Obat Kanker

Daun kenikir dengan kandungan senyawa saponin, terpenoid, flavonoid dan antioksidan yang mampu melawan kanker, seperti kanker payudara, kanker lambung dan kanker hati. Untuk menanggulangi penyakit kanker dapat mengkonsumsi rebusan daun kenikir sesering mungkin, namun tetap mengkonsumsi manfaat air putih yang berfungsi untuk pelarut zat agar mudah terbawa oleh darah.


  • Obat Gondongan

Daun kenikir dengan senyawa polifenol dan tokoferol bermanfaat meredakan peradangan akibat gondongan

  • Obat Payudara Bengkak

Senyawa terpenoid dan anti inflamasi yang dimilikinya akan meredakan pembengkakan yang terjadi.

Baca juga : Mendidik Anak Tunggal Agar Tidak Manja  

  • Obat Cuci Darah

Daun kenikir memiliki kandungan manfaat vitamin E, antioksidan, dan flavonoid yang dapat menetralkan racun yang terbawa darah.

Posting Komentar untuk "Kenikir (Cosmos Caudatus), Manfaat dan Khasiat untuk Kanker dan Lemah Lambung"