Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hama Tanaman : Tikus, Wereng dan Walang Sangit, Gejala dan Cara Penanganan


Pengertian Hama


Menurut Nas (1978) bahwa serangga dikatakan hama apabila serangga tersebut mengurangi kualitas dan kuantitas bahan makanan, pakan ternak, tanaman serat, hasil pertanian atau panen, pengolahan dan dalam penggunaannya serta dapat bertindak sebagai vektor penyakit pada tanaman, binatang dan manusia, dapat merusak tanaman hias , bunga serta merusak bahan bangunan dan milik pribadi lainnya.

Menurut Smith (1983) hama adalah semua organisme atau agens biotik yang merusak tanaman dengan cara yang bertentangan dengan kepentingan manusia.

Dalam arti yang luas bahwa hama adalah makhluk hidup yang mengurangi kualitas dan kuantitas beberapa sumber daya manusia yang berupa tanaman atau binatang yang dipelihara yang hasil dan seratnya dapat diambil untuk kepentingan manusia.

1. Tikus


· Gejala serangan :

a. Tikus menyerang berbagai tumbuhan. Terutama menyerang di pesemaian, masa vegetatif, masa generatif, masa panen, tempat penyimpanan.

b. Bagian tumbuhan yang diserang tidak hanya biji – bijian tetapi juga batang tumbuhan muda.

c. Tikus membuat lubang – lubang pada pematang sawah dan sering berlindung di semak – semak.

Baca juga : Buku Teknik Pemesinan Gerinda SMK Kelas 12 Semester 5  

· Pengendaliannya :

a. Membongkar dan menutup lubang tempat bersembunyi para tikus dan menangkap tikusnya.

b. Menggunakan musuh alami tikus, yaitu ular.

c. Menanam tanaman secara bersamaan agar dapat menuai dalam waktu yang bersamaan pula sehingga tidak ada kesempatan bigi tikus untuk mendapatkan makanan setelah tanaman dipanen.

d. Menggunakan rodentisida (pembasmi tikus) atau dengan memasang umpan beracun, yaitu irisan ubi jalar atau singkong yang telah direndam sebelumnya dengan fosforus. Peracunan ini sebaiknya dilakukna sebelum tanaman padi berbunga dan berbiji. Selain itu penggunaan racun harus hati – hati karena juga berbahaya bagi hewan ternak dan manusia.

2. Wereng


· Gejala serangan :

a. Menyebabkan daun dan batang tumbuhan berlubang – lubang.

b. Daun dan batang kemudian kering, dan pada akhirnya mati.

· Pengendaliannya :

a. Pengaturan pola tanam, yaitu dengan melakukan penanaman secara serentak maupun dengan pergiliran tanaman. Pergiliran tanaman dilakukan untuk memutus siklus hidup wereng dengan cara menanam tanaman palawija atau tanah dibiarkan selama 1 – 2 bulan.

b. Pengandalian hayati, yaitu dengan menggunakan musuh alami wereng, misalnya laba – laba predator Lycosa Pseudoannulata, kepik Microvelia douglasi dan Cyrtorhinuss lividipenis, kumbang Paederuss fuscipes, Ophinea nigrofasciata, dan Synarmonia octomaculata.


c. Pengandalian kimia, yaitu dengan menggunakan insektisida, dilakukan apabila cara lain tidak mungkin untuk dilakukan. Penggunaan insektisida diusahakan sedemikan rupa sehingga efektif, efisien, dan aman bagi lingkungan.

3. Walang Sangit


· Gejala serangan :

a. Menghisap butir – butir padi yang masih cair.

b. Biji yang sudah diisap akan menjadi hampa, agak hampa, atau liat.

c. Kulit biji akan berwarna kehitam – hitaman.

· Pengendaliannya :

a. Membersihkan sawah dari segala macam rumput yang tumbuh di sekitar sawah agar tidak menjadi tempat berkembang biak bagi walang sangit.

b. Menangkap walang sangit pada pagi hari dengan menggunakan jala penangkap.



c. Penangkapan menggunakan unmpan bangkai kodok, ketam sawah, atau dengan alga.

d. Melakukan pengendalian hayati dengan cara melepaskan predator alami beruba laba – laba dan menanam jamur yang dapat menginfeksi walang sangit.

e. Melakukan pengendalian kimia, yaitu dengan menggunakan insektisida.

Posting Komentar untuk "Hama Tanaman : Tikus, Wereng dan Walang Sangit, Gejala dan Cara Penanganan"