Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bahan Pembuat Cat kuku (Nail lacquer), Pengkilat Bibir (Lipgloss), Pelembab Bibir (Lipbalm)


1. Pelembab Bibir (Lipbalm)


Sebelum memakai lipstik, sebaiknya bibir diolesi dengan lipbalm yang berfungsi untuk melembabkan dan membantu mencegah bibir pecah-pecah serta terkelupas. Lipbalm diperlukan agar lipstick tampak lebih menyatu.

2. Pengkilat Bibir (Lipgloss)


Efek glossy atau kesan mengkilat pada bibir, dapat diperoleh dengan menggunakan lipgloss atau lip sheener sehingga bibir terlihat halus, lembut dan mengkilat. Lipgloss dipakai setelah menggunakan lipstik.

Baca juga : Bedak (Powder) Kosmetik Dekoratif, Syarat dan Kandungan  

3. Cat kuku (Nail lacquer)


Sekarang ini cat kuku sama esensialnya dengan lipstick sebagai bagian dari make up, jika kuku memakai cat kuku, keseluruhan permukaan kuku akan tertutup oleh lapisan cat kuku yang tidak tembus udara sampai berhari-hari yang akhirnya dilarutkan dengan suatu oelarut yang sedikit banyak bersifat degreasing. Tak ada bagian tubuh lainnya yang sanggup seperti itu.

Komplikasi memang jarang terjadi, tetapu kuku wanita yang memakai cat kuku lebih rentan terhdapap infeksi pada matriks kukunya. Ini mungkin akibat pembengkakan dan pelunakan matriks itu karena kondensasi uap air yang disebabkan oleh penutupan permukaan kulit oleh cat yang tak tembus udara tersebut.

Berlawanan dengan preparat lain didalam kelompok kosmetik dekoratif ini, bahan utama cat kuku bukan zat pewarna mealinkan bahan pembentuk lapisan film yang tak tembus air dan uadraa serta jenis-jeinis resin. Secara garis besar, bahan-bahan dalam cat kuku bukan zat owarna mealinkan bahan oembentuk lapisan film yang tak tembus air dan uara serta jenis-jenis reisn. 




Secara garis besar, bahan-bahan dalam cat kuku adalah sebagai berikut.

1. Bahan-bahan pembentuk lapisan film

Misalnya nitrocellulose, cellulose acetate, cellulose aceto butyrate, ethyl cellulose, methacrylate, dan viny resin. Tetapi yang terbaik sejak dulu sampai sekarang adalah nitrocellulose.

2. Plasticizer

Karena larutan nitrocellulose yang mongering permukaan kuku akan membentuk lapisan yang keruh dan muadh terkelupas, maka cat kuku perlu ditambahi bahan plasticizer, misalnya ester-ester polybasic acid (dibutylphthalate, triethyl citrate, tricresyl phosphate, dioctyl adipate), castor oil, amphor, derivate urea, butyl stearate.

3. Resin-resin

Misalnya gum dammar, benzoic resin, dan resin alam lainnya, tetapi yang tampaknya paling sreing digunakan adlaah resin sulfonamide-formaldehyde. Tujuan pemakaian resin adalah agar cat kuku lebih rekat, lebih tebal.

4. Pelarut

Pelarut adalah cairan organic volatile yang dapat mengombinasikan semua bahan menjadi satu preparat kental yang homogeny. Umunya campuran digunakan berbagai pelarut. Baik pelarut maupun uap tidak boleh bersifat iritan.

Baca juga : Hukum Jalur Pemberian Obat Secara Medis Menurut Islam  

5. Bahan-bahan pewarna

Umunya digunakan adalah kombinasi pigmen dengan lakes, karena soluble dyes saja akan membuat warna cat kuku kurang mendalam dan kurang intens.

Posting Komentar untuk "Bahan Pembuat Cat kuku (Nail lacquer), Pengkilat Bibir (Lipgloss), Pelembab Bibir (Lipbalm)"