Siswa SD, SMP dan SMA Kesulitan Belajar Online

Siswa kesulitan belajar online

Pandemi telah dirasakan oleh siswa Indonesia di sekolah dasar (SD), sekolah menengah pertama (SMP) dan sekolah menengah atas (SMA). Karena sekarang mereka harus terus menyelesaikan proses belajar mengajar dan harus menjalani pembelajaran jarak jauh (PJJ) online.

Namun sayangnya, karena kondisi geografis Indonesia yang berbeda, siswa tidak dapat langsung menikmati belajar dengan metode ini karena banyak dari mereka dibatasi oleh masalah jaringan internet yang buruk diberbagai pelosok negri.


Karena hal ini, Alif dan Amira dua anak sekolah dasar di Kabupaten Sepatan, Kabupaten Tangerang harus siap belajar di sawah untuk menerima sinyal yang bagus untuk mengikuti pembelajaran online. Bella, saudara perempuan dari dua siswa yang belajar di sawah, mengatakan ini.

“Jadi sinyal di kampung buruk, sinyalnya yang bagus adi di lapangan dan persawahan. Dan karena masih ada banyak sawah di daerah itu, jadi dua adik saya sering belajar di sana, ”kata Bella Selasa (4/8/2020).

Tidak hanya masalah dengan sinyal yang buruk, tetapi masalah pulsa juga membuat mereka kesal.

“Masalahnya terletak pada uang untuk beli pulsa. Karena saudara saya tidak memperoleh bantuan pulsa dari pemerintah, maka kadang-kadang saya membeli untuk mereka pulsa karena saya sudah bekerja, dan membantu keluarga dengan memberlikan untuk mereka kuota internet untuk belajar online. Bahkan kadang-kadang mereka menggunakan laptop saya untuk belajar online, ”lanjutnya.

Bella berharap pemerintah peduli dengan koneki internet yang buruk di berbagai pelosok negri, serta memberikan bantuan untuk pembelajaran online bagi siswa di daerahnya.

Belajar online terkendala sinyal

“Kami ingin pemerintah peduli dengan kondisi kami di pedesaan terkait internet sehingga bisa tetap belajar dengan nyaman tanpa harus meninggalkan rumah. Apaplagi kalau sedang belajar tiba-tiba turun hujan.”tambahnya.


“Atau setidaknya ada layanan dukungan kuota dan akses internet gratis dari pemerintah yang mungkin tersedia untuk siswa di daerah ini. Sebab di masa pandemi ini, banyak yang di-PHK dan ekonomi mereka terdampak secara langsung maupun tidak langsung, tetapi mereka masih perlu memberikan pula dan kuota yang besar kepada anak-anak mereka untuk pembelajaran online, ”katanya. ,

Belum ada Komentar untuk "Siswa SD, SMP dan SMA Kesulitan Belajar Online"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel