Ads Header

Pakan Unggas Hijauan Segar (Pasture)



Hijauan segar merupakan bahan bahan makanan yang langsung dicampurkan dalam pakan unggas dalam bentuk segar. Umumnya kadar air hijauan segar sangat tinggi sekitar 90 persen. Contoh yang dapat dikemukakan adalah rumput-rumputan, kacang-kacangan (legume), dan daun turi (sesbania glandifora). 

Hujauan segar umum diberikan sebagai pakan ruminasia, tetapi tidak umum untuk pakan unggas. Memang ada beberapa cara pemeliharaan unggas yang mengandalkan hijauan segar sebagai pakan. Salah satu yang umum menggunakan pakan hijauan segar dalam dunia unggas adalah pemeliharaan ayam kampung secara ekstensif.

Baca juga : Cara Mendidik Anak dengan Gangguan ADHD   

Pada sistem pemeliharaan tersebut, ayam dibiarkan untuk mencari pakan sendiri baik dilepas secara bebas maupun secara terbatas. Pada kedua cara tersebut, umumnya ayam akan mencari pakan secara bebas dan mandiri dan salah satu bahan pakan yang akan dikonsumsi adalah hijauan segar. Termasuk dalam hal ini adalah apabila peternak juga memberi pakan tambahan. Pakan tambahan tersebut umumnya berasal dari berbagai macam limbah, terutama limbah rumah tangga dan limbah sayur-sayuran.

Sistem pemeliharaan unggas lain yang menggunakan hijauan segar adalam sistem pemeliharaan itik secara ekstensif. Umumnya itik digembala oleh peternak dengan membawa rombongan itik dalam jumlah besar ke persawahan yang baru saja dipanen. Pada saat tersebut masih banyak bahan pakan yang dapat dimanfaatkan oleh itik untuk kebutuhan tubuhnya. 


Salah satunya adalah hijauan segar yang terdapat di persawahan yang ikut terkonsumsi bersama bahan pakan lain yang dikonsumsi itik. Hijauan segar tersebut dapat berupa sisa jerami padi atau jagung, atau tanaman lain yang baru dipanen, dan juga tumbuhan air yang umumnya tumbuh di perswahan seperti azolla atau ganggang.

Belum ada Komentar untuk "Pakan Unggas Hijauan Segar (Pasture)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel