Cara Mendidik Anak dengan Gangguan ADHD

Anak Gangguan ADHD

Mengasuh dan mendidik anak-anak dengan attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) tidaklah mudah. Tidak seperti anak-anak normal pada umumnya, anak-anak dengan ADHD sangat aktif dan tidak dapat tenang bahkan ketika duduk. Hal ini tentu saja bisa membuat ayah dan ibu kesal ketika dihadapkan pada perilaku mereka.

Namun, orang tua harus menerima fakta bahwa anak-anak dengan ADHD mempunyai fungsi otak yang berbeda dari anak-anak lain seusianya. Walaupun seorang anak dengan ADHD masih dapat belajar apa yang dapat diterima dan apa yang tidak, gangguan tersebut membuatnya lebih rentan terhadap perilaku impulsif.


Dia sendiri tidak dapat mengendalikan tingkat konsentrasi, perilaku dan aktivitas. Namun, orang tua dapat menggunakan pendekatan khusus untuk membantu anak-anak dengan ADHD belajar dan berkembang dengan baik. Berikut adalah tips untuk mengajar anak-anak dengan ADHD:

1. Ajari displin dengan sikap hangat


Cobalah untuk mencari tahu atau mempelajari disiplin seperti apa yang terbaik untuk anak-anak dengan ADHD dan apa yang dapat membuat anak ADHD bisa tambah buruk. Anda bisa mendapatkan instruksi dari terapis anak Anda tentang cara menangani perilaku anak Anda. Misalnya, anak-anak dengan ADHD sangat peka terhadap kritik. Karena itu, cara terbaik untuk mengubah perilaku mereka adalah dengan mendorong dan mendukung mereka, bukan menghukum mereka.

2. Katakan dengan tegas apa yang anda harapkan


Sebelum pergi ke mana pun, bicarakan dengan anak Anda untuk menjelaskan bagaimana Anda ingin dia bersikap. Fokuskan lebih banyak energi untuk mengajar anak Anda apa yang harus dilakukan, daripada bereaksi terhadap apa yang tidak seharusnya ia lakukan.

Anak ADHD

3. Ajari anak-anak tentang ADHD


Jangan menghindari berbicara dengan anak-anak tentang ADHD yang mereka idap. Bantu dia memahami bahwa ADHD bukan salahnya dan bahwa dia dapat belajar untuk mengatasi masalah yang ditimbulkannya

Baca juga : 3 Kesalahan di Media Sosial Berdampak Buruk pada Karier

4. Buat aturan, tapi tetap fleksibel


Penting untuk secara konsisten mengajar anak-anak dengan ADHD untuk berperilaku baik dan tidak mentolerir perilaku buruk, tetapi Anda tidak boleh terlalu keras terhadap mereka. Perlu diingat bahwa anak-anak dengan ADHD tidak dapat beradaptasi untuk berubah seperti anak-anak lainnya. Dengan demikian, Anda harus belajar ketika anak membuat kesalahan.

Biarkan anak itu menampilkan perilaku aneh selama itu tidak membahayakan anak itu atau orang lain. Melarang seorang anak untuk berperilaku aneh hanya karena Anda pikir itu tidak biasa dapat berbahaya bagi anak tersebut.

5. Mengontrol tindakan agresif anak


Perilaku agresif adalah masalah umum pada anak-anak dengan ADHD adalah hal wajar. Anda dapat mengatasi perilaku ini dengan menggunakan teknik time-out yang efektif untuk menenangkan anak yang agresif dan menenangkan diri Anda sendiri. Jika seorang anak bersikap agresif di depan umum, ia harus segera dipindahkan ke tempat lain agar lebih tenang. "Teknik Time Out" harus dijelaskan kepada anak sehubungan dengan perilaku negatif yang disebabkan olehnya dan biarkan dia menenangkan diri dan berpikir atas tindakannya.


Anda dapat mengabaikan perilaku anak yang anda anggap mengganggu, ini cara dia untuk melepaskan energi yang tersimpan. Namun, sikap yang merusak, kasar, yang bertentangan dengan aturan Anda harus diberikan tindakan tegas.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mendidik Anak dengan Gangguan ADHD"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel