Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Memperkuat Startup hingga Sukses


Bagi generasi muda, membangun startup bisa bermanfaat dan menyenangkan. Namun selain itu, kegiatan ini juga bisa menjadi tantangan bagaimana mengaplikasikan kemampuan kita dalam berkomunikasi dengan orang lain.

Saat Anda mempekerjakan seseorang, Anda harus memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Saat membangun sebuah startup, kemungkinan besar Anda akan mendelegasikan satu tugas dan tanggung jawab kepada orang lain. Untuk itu, komunikasi yang Anda bangun dengan karyawan harus jelas agar mereka dapat melakukan tugas sesuai harapan.

Baca juga : 3 Teknologi Pengatur Cuaca dan Iklim

Tingkatkan komunikasi internal

Hidup pasti bisa menyakitkan, begitu pula dalam bisnis. Untungnya, komunikasi yang efektif dapat mencegah beberapa potensi kerusakan pada bisnis.

Tanggung jawab yang tidak jelas, kepemimpinan yang tidak pasti dan banyak hal lainnya bisa menjadi gangguan untuk membangun sebuah startup. Dan ini bisa dihindari dengan komunikasi yang jelas.

Menurut perusahaan yang membuat perangkat lunak penjadwalan karyawan, komunikasi internal yang efisien meningkatkan produktivitas bisnis. Ini termasuk menyederhanakan pesan yang dikirimkan, menyampaikan pesan dengan jelas dan menghilangkan jargon.

Berikut tiga tip praktis untuk memperkuat komunikasi internal Anda:

1. Tetapkan batas waktu

Ini adalah hal yang sangat penting. Komunikasi internal dapat membantu semua karyawan Anda memahami pentingnya pekerjaan dengan melampirkan tenggat waktu untuk tugas tersebut. Selain itu, mereka memahami tanggung jawab mereka dan harapan Anda tentang bagaimana pekerjaan akan dilakukan.

Misalnya, bukan tugas Anda untuk memberi tahu programmer Anda bahasa pemrograman mana yang akan digunakan dalam proyek. Tetapi Anda harus memberikan informasi yang jelas tentang proyek tersebut sehingga mereka dapat memilih bahasa pemrograman yang paling sesuai dengan proyek tersebut.


Cara terbaik untuk membuat tenggat waktu adalah dengan menambahkan tanggal atau waktu tertentu. Mungkin ada banyak tugas / pekerjaan yang bukan pekerjaan prioritas, tetapi tidak akan pernah selesai kecuali pekerjaan tersebut diberi "tanggal jatuh tempo". Karya tersebut hanya bisa ditulis di selembar kertas dan diletakkan di ujung meja kerja hingga tertutup debu.

Baca juga : 3 Alat Pengendali Cuaca, Ini Faktanya

Jika Anda tidak memberikan tenggat waktu, Anda tidak bisa marah ketika staf tidak menyelesaikan tugas. Jadi, selalu jelaskan pentingnya tugas dan berikan tenggat waktu.

2. Jangan ragu saat memberi tugas

Seringkali pahlawan melakukan kesalahan ini. Hal ini disebabkan karena terlalu banyak bekerja, sehingga tidak terfokus pada penugasan tugas, atau menjelaskan penugasan tersebut kepada stafnya.

Memberikan informasi dengan cara terselubung dan tidak jelas kepada orang lain hanya membuang-buang waktu dan waktu staf Anda. Mereka menghabiskan waktu untuk mencari tahu tugas apa yang sebenarnya Anda berikan kepada mereka.


Berikan informasi dengan jelas tentang tugasnya, dan selalu beri mereka waktu untuk meminta klarifikasi tentang tugasnya.

Selain itu, Anda perlu meminta staf Anda untuk bebas ketika mereka tidak memahami pekerjaan yang ditugaskan kepada mereka. Ini semacam pengawasan dari Anda agar Anda bisa mempertimbangkan apakah Anda menawarkan pekerjaan itu kepada orang lain. Siapapun yang memahami pekerjaannya akan menyelesaikan pekerjaan tersebut sesuai dengan standar yang Anda harapkan.

3. Hilangkan terminologi

Terminologi adalah kumpulan kata-kata khusus yang digunakan orang lain untuk memahaminya. Terkadang menggunakan terminologi dapat membuat seseorang merasa istimewa, tetapi dapat membuang-buang waktu jika diterapkan pada startup Anda.

“Jargon adalah aturan khusus yang digunakan dalam bidang kehidupan (lingkungan). Jargon tidak dipahami oleh orang-orang dari bidang kehidupan lain. 

Tidak semua orang dapat memahami arti sebenarnya di balik terminologi tersebut. Dan orang cenderung mengabaikan kata-kata yang tidak mereka mengerti, yang dapat menyebabkan salah tafsir atas informasi Anda.


Memberikan informasi yang jelas dan ringkas sejak awal adalah cara terbaik untuk berkomunikasi dengan tim Anda. Ini akan membuat Anda berharga bagi tim dan membuat tim Anda lebih produktif dalam jangka panjang.

Baca juga : Hail Cannon, Meriam Pengendali Cuaca

Anda dapat meningkatkan produktivitas tim Anda dengan melihat bagaimana Anda berkomunikasi selama ini. Selain membuat tim Anda lebih produktif, komunikasi yang baik membuat mereka bahagia, Anda tidak akan stres, dan proyek awal Anda selesai lebih cepat.

Posting Komentar untuk "Cara Memperkuat Startup hingga Sukses"