Tips & Cara Mengajarkan Anak Memakai Pakaian Sendiri

Anak berpakaian mandiri

Menurut situs Prenting Australia, ketika orang tua mengajari anak cara berpakaian, mereka juga harus membimbing mereka dalam tiap langkah. Ajari memakai "pakaian dalam" anak terlebih dahulu, lalu kaos, celana pendek, kaos kaki, dan sepatu. Tahapan berpakaian juga bisa kita tentukan sesuai dengan keterampilan dan usia anak. 

Anda dapat langkah mundur ketika mengajari anak-anak cara berpakaian. Misal, ajari dia cara mundur, yaitu ajarkan dia untuk mengambil langkah terakhir terlebih dahulu. Jika anak sudah mengambil langkah terakhir, ajari dia langkah kedua terakhir. Kemudian ajarkan langkah ketiga terakhir dan seterusnya. Keuntungan dari pendekatan ini adalah "target menyelesaikan tugas", sering kali target seperti ini merupakan tujuan yang paling bermanfaat ketika seorang anak berusaha mengerjakan suatu tugas - dan anak-anak akan mencapai tujuan mereka lebih cepat ketika mereka dilatih untuk melakukan tugas dari urutan terakhir.

Baca juga : Tips Agar Orang Tua Tidak Stress ketika Anak Belajar di Rumah

Cara mengajar anak berpakaian secara mandiri. Orang tua harus berfikir positif dan suportif tatkala mengajari anak berpakaian sendiri sehingga anak mau bekerja sama dengan orang tua. Sikap kooperatif anak sangat penting dalam proses pembelajaran ini.

Berikut beberapa tips untuk melakukannya:


1. Luangkan waktu

Luangkan waktu untuk anak-anak. Berikan waktu berpakaian yang realistis. Jika kita sedang terburu-buru di pagi hari, maka persiapkan pakaian anak Anda ketika malam hari. Latihan berpakaian paling baik dilakukan dalam keadaan santai dan tenang.

2. Memilih pakaian yang tepat. 

Saat mencoba memilih pakaian, diskusikan cuaca untuk menyesuaikan pakaian yang akan dikenakan. Semoga anak-anak bisa memilih pakaian yang tepat sesuai dengan kondisi lingkungan. Ajari mereka untuk membedakan pakaian kotor dan bersih. Misalnya, pakaian kotor ditaruh di keranjang cucian.

3. Permudah anak ketika berlatih

Melatih anak cara berpakaian sendiri dengan menggunakan contoh sederhana. Ajarkan kepada anak Anda untuk duduk ketika sedang berpakaian. Bagi beberapa anak, duduk di lantai jauh lebih mudah daripada duduk di kursi. 

Tips agar anak berpakaian sendiri

Baca juga : Perbedaan Kepribadian Antisosial & Kepribadian Introvert

Untuk melakukan ini, kita perlu menyesuaikan dengan kenyamanan anak, apakah dia lebih nyaman sambil duduk di lantai atau di kursi. Orang tua harus terlebih dahulu mengajari cara membuka pakaian. Jika anak bisa melepas pakaiannya sendiri, rasa percaya diri akan meningkat.

Belum ada Komentar untuk "Tips & Cara Mengajarkan Anak Memakai Pakaian Sendiri"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel