6 Kunci Kesuksesan Menghadapi Ujian Harian, Semester dan Nasional


Pada dasarnya, tidak ada perbedaan antara tes harian, tes semester, atau tes nasional. Prinsipnya sama, dan itu mencakup pertanyaan tentang materi yang dipelajari untuk menguji bagaimana siswa memahami materi tersebut. Yang membedakan adalah jumlah bahan yang akan diuji.

Tes harian biasanya hanya mencakup materi yang dijelaskan oleh guru dalam beberapa pertemuan satu atau dua bab. Ujian semester diambil pertengahan semester (UTS) dan akhir semester (UAS). Tentu ada lebih banyak yang harus diuji daripada tes harian, biasanya tiga sampai lima bab, sesuai dengan apa yang telah dipelajari selama satu semester. Ujian nasional atau ujian sekolah diadakan di akhir pendidikan. Tentu saja, semua materi yang diajarkan selama siswa dalam jenjang tertantu, apakah itu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, atau sekolah menengah atas.

Karena prinsipnya sama, seharusnya tidak ada lagi siswa yang takut untuk mengambil ujian sekolah atau nasional. Selama persiapan dilakukan dengan hati-hati, keberhasilan tes hanya menunggu waktu. Berikut ini beberapa kiat untuk dipersiapkan saat mengikuti semua jenis ujian di sekolah!

1. Berpikir positif akan keberhasilan yang akan dicapai


Orang berhasil karena pikiran yang mendorong mereka. Inilah sebabnya mengapa Anda perlu pola pikir yang tepat jika Anda ingin mencapai apa pun. Tanamkan pikiran sukses dan fokus untuk mencapainya. Jangan pernah ragu, apalagi bahan ujian itu sulit, yakin pasti bisa. Bersikap positif, percaya bahwa Anda menguasai materi dan berhasil lulus ujian. Pola pikir ini mendorong Anda untuk mengambil tindakan untuk menemukan cara belajar yang tepat. Tanyakan baik pada guru, teman, orang tua, atau tutor!

2. Singkirkan segala penghalang


Siswa sering merasa memiliki banyak ketidakmampuan belajar. Faktor yang paling bahaya adalah kemalasan. Ya, terlalu malas untuk belajar, mengerti, mengingat atau bahkan hanya membaca! Akibatnya, belajar hanyalah janji manis. “Nanti, belajar. Sekarang mandi dulu, makan dulu, dan sebagainya. " Akhirnya, smartphone yang dipegang. Bukan tutorial, tetapi media sosial, game, dan hasil pencarian lain yang berakhir tidak jelas.

Tidak ada yang bisa menyingkirkan perasaan kemalasan ini kecuali diri Anda sendiri. Dengan perilaku sukses, Anda bisa melawan kemalasan. Tinggalkan zona nyaman Anda dan mulailah belajar dari materi yang paling mudah. Jauhi media sosial, game,  atau kebutuhan lain yang tidak begitu penting.

3. Mengatur waktu dengan baik


Semua orang sibuk. Apalagi jika Anda seorang siswa yang juga aktif terlibat dalam organisasi. Coba gunakan skala prioritas. Jika Anda memang memiliki kebutuhan yang jelas, beljarlah terlebih dahulu sebelum merasa lelah dan mengantuk. Namun, manajemen waktu yang ideal adalah waktu belajar yang teratur, bukan pas ujian. Berikan waktu belajar teratur setiap hari sehingga Anda dapat memahami apa yang telah Anda pelajari setiap hari. Memahami setiap materi akan membuat Anda lebih mudah mengerti, karena ketika tes datang, Anda hanya perlu mengulang atau mengingat materi itu lagi.

4. Memahami pelajaran dengan baik


Ada banyak cara untuk memahami pelajaran di luar kelas, termasuk mengambil pelajaran di luar, bekerja dalam kelompok, atau mengajukan pertanyaan kepada orang yang lebih memahami. Tetapi bagaimana jika Anda tidak mengikuti les atau bahkan memiliki pertanyaan tentang materi itu ketika Anda berhenti les?

Di dunia digital ini, Anda dapat dengan mudah menemukan banyak hal, termasuk yang mendukung pembelajaran. Memang melepas gadget adalah hal yang sangat sulit. Jika demikian, mengapa tidak menggunakannya saja sebagai alat pembelajaran? Gunakan aplikasi Sekolah KIPIN sebagai panduan! Aplikasi KIPIN School menawarkan paket pendidikan lengkap yang mencakup tutorial, video instruksional, soal latihan, dan literasi. Aplikasi KIPIN School dapat diunduh melalui PlayStore (smartphone Android).

Gunakan aplikasi itu sebagai sumber referensi. Karena setiap buku memiliki penjelasan yang berbeda bahkan pada topik yang sama, sangat penting untuk belajar dari berbagai sumber. Ribuan buku dalam aplikasi ini dapat digunakan dan diunduh secara gratis.

Tidak cukup hanya menulis di buku, Anda juga perlu penjelasan tentang materi tersebut kan? Jadi yang Anda perlukan adalah tambahan waktu belajar. Cobalah buka menu video tutorial. Video-video ini adalah video instruksional di mana materi disediakan oleh guru terbaik di bidangnya. Pilih saja bahan pelajaran yang ingin Anda tonton! 

5. Ingat dan hafalkan pelajarannya


Ini bukan hanya esai atau materi ilmiah yang membutuhkan hafalan. Materi seperti matematika, fisika atau bahasa Inggris, rumus juga harus dihafal. Tidak ada gunanya jika Anda tidak ingat rumus untuk memecahkan masalah yang ada. Hal yang sama berlaku dalam bahasa Inggris, memahami struktur kalimat tidak berguna ketika Anda tidak mengingat setiap kata dalam kata kerja 1, kata kerja 2 dan kata kerja 3. Jadi setelah memahami itu juga membutuhkan waktu untuk mengingat dan menghafal setiap materi yang akan diujian!

6. Banyak latihan


Memahami dan menghafal materi saja tidak akan membawa hasil yang memuaskan jika tidak seimbang dengan latihan. Selama latihan, jawab pertanyaan-pertanyaan untuk persiapan sebelum ujian. Ada banyak keuntungan. Pertama, agar otak terbiasa berpikir tentang menyelesaikan masalah. Kedua, sebagai simulasi selama percobaan. Jadi, biasakan mengerjakan soal yang tepat pada waktu ujian. Ketiga, perkaya diri Anda dengan berbagai masalah dan solusinya. Jadi ketika ujian dimulai, kita  sudah menguasai pola pertanyaan yang sama dengan sebelumnya.

Berlatih menjawab banyak soal juga tidak mudah. Jangan pesimis, sering beli buku soal tanya jawab untuk bahan latihan. Aplikasi online KIPIN School menawarkan ratusan paket pembelajaran untuk ujian harian, semester, ujian nasional, atau SBMPTN. Dengan cara ini, Anda dapat mengevaluasi tingkat keberhasilan belajar Anda secara langsung dan mencari tahu masalah apa yang perlu dipecahkan.

Belum ada Komentar untuk "6 Kunci Kesuksesan Menghadapi Ujian Harian, Semester dan Nasional"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel