Buku Siswa Pengukuran dan Perpetaan Digital SMK Kelas12 (XII) Semester 5 Kurikulum 13

Buku Siswa Pengukuran dan Perpetaan Digital SMK Kelas12 (XII) Semester 5 Kurikulum 13

Buku yang berjudul "Pengukuran dan Pemetaan Digital" SMK Kelas12 (XII) Semester 5 Kurikulum 13 ini membahas bagaimana pengukuran dapat dilakukan dengan perangkat sederhana, penerima GPS, dan teodolit. Data pengukuran diproses secara manual dan menggunakan aplikasi komputer. Dimana pengolahan data dalam penggunaan komputer lebih diutamakan karena faktor kecepatan dan kesalahan karena banyaknya data yang akan diproses dapat dihindari. Sejalan dengan itu, pemetaan ditekankan dalam penggunaan aplikasi GIS.

Buku Pengukuran dan Perpetaan Digital SMK Kelas12 (XII) ini merupakan keterampilan yang harus dikuasai sebelum mempelajari Buku: Memahami Pengelolaan Hutan, Melakukan Pengelolaan Hutan, Membuka Kawasan Hutan, Melakukan Operasi Produksi Benih, Melakukan Pembibitan Tanaman Hutan, dan Menerapkan Teknik Konservasi Tanah dan Air.

Baca juga : Buku Pemanenan Hasil Hutan SMK Kelas 12 Semester 5

Manfaat dari pengelolaan pengetahuan di sektor kehutanan ini adalah pembentukan kawasan hutan. Sementara itu, di luar sektor kehutanan, keterampilan tersebut dapat digunakan untuk melakukan penelitian dan penelitian desain di bidang perkebunan dengan mengukur lahan pertanian. Penguasaan kompetensi ini sangat berguna dalam perencanaan di semua sektor kehutanan, seperti bidang rehabilitasi

Hutan pertanian dan sosial, PHKA, pengembangan produksi kehutanan dan perencanaan kehutanan. Demikian pula, masih banyak bidang lain yang membutuhkan keterampilan ini, padahal hingga saat ini, sumber daya manusia yang mendominasi teknologi ini masih kurang.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diselenggarakan dengan tujuan untuk menyiapkan siswa yang cerdas, terampil, mandiri, berkepribadian dan berkarakter baik yang berdaya saing di tingkat nasional maupun internasional dalam mendukung pembangunan kehutanan. Selain itu, pendidikan menengah vokasi merupakan pendidikan yang lulusannya diharapkan mampu bekerja, melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi dan menjadi wirausaha.

Untuk mencapai tujuan pendidikan, setiap sekolah mengembangkan topik. Pembuatan modul pengukuran digital ini bersifat dinamis sebagai hasil dari kemajuan ilmu pengetahuan, teknologi, dan kehutanan. Oleh karena itu, buku ini mengalami perubahan dan pengembangan lebih lanjut sebagai hasil dari perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Baca juga : Buku Animasi 2D SMK Kelas 12 Semester 1

Dengan demikian, kualitas hasil pendidikan menengah kejuruan diharapkan dapat terus meningkat sesuai dengan persyaratan kualifikasi yang telah ditetapkan. Modul Pengukuran dan Perpetaan Digital SMK ini merupakan bahan pembelajaran dan bahan referensi bagi siswa dan guru dalam rangka menambah dan mengembangkan wawasan dan pengetahuan sesuai dengan kebutuhan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan kehutanan.

Dengan tersusunnya modul pengukuran dan pemetaan digital ini, kami mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah berupaya melengkapi materi pembelajaran di SMK Kehutanan. Semoga modul ini bermanfaat.

 

Klik disini untuk download

Atau baca langsung disini 

Belum ada Komentar untuk "Buku Siswa Pengukuran dan Perpetaan Digital SMK Kelas12 (XII) Semester 5 Kurikulum 13"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel