Buku Siswa Pengukuran dan Perpetaan Digital SMK Kelas 12 Semester 6 Kurikulum 13

 

Buku Siswa Pengukuran dan Perpetaan Digital SMK Kelas 12
 

Buku Pengukuran dan Perpetaan Digital SMK Kelas 12. Peta merupakan alat bantu (informasi spasial) tentang lingkungan. Pekerjaan teknik sipil pada dasarnya membutuhkan peta dari berbagai jenis tema dan jenis skala yang berbeda. Pemetaan merupakan proses penyajian informasi tentang permukaan bumi yang merupakan suatu fakta (dunia nyata), baik bentuk permukaan bumi maupun sumbu alaminya berdasarkan skala peta, sistem proyeksi kartografi serta simbol-simbol elemen permukaan bumi. 

Perkembangan teknologi khususnya di bidang komputer telah memunculkan peta yang tidak hanya dalam bentuk nyata (di atas kertas, peta nyata atau kertas), tetapi juga dapat disimpan dalam bentuk digital untuk ditampilkan di layar yang dikenal dengan peta virtual (Virtualmaps atau salinan digital).

Baca juga : Buku Teknik Pemesinan Gerinda SMK Kelas 12

Pemetaan digital adalah proses pembuatan peta digital yang dapat disimpan dan dicetak dalam jumlah atau skala peta yang diproduksi sesuai keinginan produsen. Ada 2 tipe dalam format digital

1. Raster: adalah format data yang ditentukan dalam piksel (resolusi / kepadatan) sebagai ppi (piksel per inci). Jenis format ini tidak cocok untuk membuat peta digital karena kerusakan data terjadi saat memperbesar atau memperkecil. Contoh format file raster: bitmap (seperti tiff, targa, bmp), JPEG, gif, dan PNG. 

2. Vektor: adalah format data yang direpresentasikan oleh satuan koordinat (titik dan garis, termasuk poligon), format ini digunakan untuk membuat peta atau sketsa digital. Contoh format ini: dxf (autocad), fix (xfig), tgif (tgif), dan ps / eps (postscrift). 

Pemetaan digital bertujuan untuk menerapkan teknologi terkini pada pemetaan yang memanfaatkan teknologi digital secara optimal. Dibandingkan dengan proses pemetaan sebelumnya, pemetaan digital telah mengurangi langkah-langkah proses pemetaan dan mempersingkat waktu produksi. Artinya pemetaan digital menyediakan teknologi pemetaan yang menjamin kecepatan dan akurasi produksi peta.

Baca juga : Buku Teknik Pemesinan CNC Dasar SMK Kelas 12

Buku Pengukuran dan Perpetaan Digital SMK Kelas 12 Semester 6 Kurikulum 13 ini membahas tentang cara mengukur dan mengolah data dengan theodolit digital, serta teknik pemetaan hasil pengukuran dengan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Geografis.

Materi dalam buku Pengukuran dan Perpetaan Digital SMK Kelas 12 ini lebih menekankan pada teknik pemetaan digital yang merupakan kelanjutan dari materi pengukuran digital semester sebelumnya. Siswa diharapkan mengenal materi pengukuran digital dan pengolahan data sebagai dasar untuk mempelajari metode pemetaan digital dalam buku ini. Konsep pemetaan digital, teknik entri data, dasar pembuatan peta digital dibahas secara bergantian dalam buku ini. Data hasil pengukuran digital diolah dan dipetakan dengan program pemetaan (Arcgis 10.1).

 

Klik disini untuk download 

Atau baca langsung disini 

Belum ada Komentar untuk "Buku Siswa Pengukuran dan Perpetaan Digital SMK Kelas 12 Semester 6 Kurikulum 13"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel